Apa itu om telolet om artinya adalah

Inilah Hobi Unik Anak-anak Indonesia yang Menggemparkan Netizen Dunia!!! “Om Telolet Om”

Apa itu om telolet om artinya adalah – Apakah kalaian pernah mendengar “OM TELOLET OM”? Istilah tersebut saya ketahui dari banyaknya komentar yang sering tampil di Line Today. Kok kayaknya istilah ini happening atau ngetrend banget akhir-akhir ini.

Eh namun ada lhoo yang lidahnya kesusahan untuk berucap “telolet”. Sehingga banyak yang terpeleset saat berucap telolet menjadi telotot,  toletet telotet, om tolelet om, telelot, tololot, telelet, telolot atau bahkan tololet yah.

Jadi begini, fenomena ini menjadi populer setelah ada seseorang yang mengupload video yang diambil di daerah Jepara. Disana saat siang atau sore hari ada seorang ank kecil yang habis pulang sekolah berdiri di pinggir jalan, kemudian anak kecil tersebut berteriak “Om Telolet Om” !

Ada juga anak kecil yang sambil memegang kertas yang bertuliskan “Om ! Telolet” Teriakan itu ditujukan kepada supir bus yang melintas di jalan raya agar membunyikan klakson busnya.

Apa itu “Om Telolet Om Artinya?”

Apa itu om telolet om artinya adalah Suara
Gambar via: iambuspacker.com

Om Telolet Om adalah..

Jadi apa itu “Om Telolet Om?” apa artinya? (kok saya sering terpleset jadi toletot, telolet, tolelet atau tololet ya ). Jadi begini, fenoma ini jadi populer setelah ada seseorang mengupload video yang diambil di daerah Jepara. Disana saat siang atau sore hari anak-anak kecil sepulang sekolah berdiri di pinggir jalan lalu berteriak “Om Telolet Om” (ada juga yang memegang kertas bertuliskan “Om! Telolet”). Teriakan itu ditujukan kepada pengemudi bus yang melintas di jalan raya agar si supir bus mau membunyikan klakson busnya.

jadi “Om” itu maksudnya adalah si om supir bus. Sedangkan “Telolet” itu seperti menirukan suara klakson yang berbunyi tolelot tolelet telotet (yah seperti itulah). Singkatnya, “Om telolet om” adalah seruan yang diucapkan oleh anak-anak kecil yang ditujukan kepada pengemudi bis agar sang pengemudi membunyikan bel / klakson.

Menarik Juga Nih!! Gambar DP BBM

Tujuannya apa? ya cuma untuk have fun saja, untuk bersenang-senang. Mungkin anak-anak itu senang mendengar suara klakson bus yang memang terkadang bunyinya unik. Ada juga yang merekam suara klaksonnya lalu setelah direkam di upload ke media sosial, dsb.

Mungkin bagi bismania (penggemar bis / bus) hal ini bukanlah hal yang baru karena segala hal yang berhubungan dengan bis adalah keren, termasuk keunikan klaksonnya. Tapi bagi orang umum ini jadi trend setelah melihat keceriaan anak-anak yang dengan setia menunggu bis antar kota melintas lalu berharap membunyikan bel-nya. Hal ini membuat orang menyadari bahwa “bahagia itu sederhana”.

Fenomena ini mulai berkembang di beberapa wilayah lain di Indonesia, bukan hanya di Jepara saja. Dan penggemarnya bukan lagi hanya anak-anak, tapi juga para remaja dan dewasa. Yah lumayan lah bagi yang punya bisnis berjualan klakson telolet jadi makin lancar rejekinya dan juga bagi supir bus sendiri akan memiliki kesenangan sendiri saat melihat senyuman anak-anak yang setia menanti.

Apa itu om telolet om artinya adalah
Gambar via: sirius-light-id.blogspot.com

Sebagai catatan, harga klakson tolelet ini cukup mahal juga lho, mulai dari 500 ribuan sampai jutaan rupiah. Tergantung tingkat kekerasan suara dan juga kombinasi suara yang dihasilkan.

Mungkin sebagian ada yang mengatakan bahwa hal ini adalah norak dan kampungan, tapi kalau itu bisa membuat anak-anak (atau orang dewasa) bahagia, apa yang salah dengan hal itu? (selama dilakukan dengan aman). Mungkin mereka harus mencobanya dulu, berdiri di pinggir jalan, lalu teriak “Oooommm… Telolet ooommm….” baru bisa mengerti bahwa bahagia itu sederhana

PRO KONTRA Apa itu “Om Telolet Om”?

pro dan kontra Apa itu om telolet om artinya adalah
Gambar via: infokami.net

Suara klakson telolet pada bus sekarang memang sangat fenomenal belakangan ini .Dan memancing anak-anak untuk mengabadikannya. Akan tetapi dibalik ke viralan bus telolet ini munculah pro dan kontra di kalangan perekam bus telolet.

“Saya juga mengamati fenomena ini. Mereka kan masih anak-anak tapi sudah sangat menyukai bus dan mengaku sebagai bus mania community. Kalau sejak kecil saja sudah menyukai bus, semoga saat dewasa nanti juga tetap menyukai bus sebagai trasportasi umum.” beber Kepala Dishubkominfo Karanganyar Agus Cipto Waluyo.

Menurut Agus, di era modern saat ini, tidak sedikit masyarakat yang enggan untuk memanfaatkan transportasi umum. Dampaknya, sejumlah perusahaan angkutan umum harus berhenti. Bahkan, sejumlah rute tidak lagi dilewati oleh angkutan umum karena tidak orang yang menggunakannya.

“Saking banyaknya yang menggunakan kendaraan pribadi, angkutan umum banyak yang mati. Di Karanganyar pun juga demikian. Angkutan umum bus yang masih jalan mulai berkurang. Dengan adanya komunitas bus mania ini diharapkan dapat menghidupkan kembali moda transportasi umu,” terangnya.

Agus menilai, aksi merekam laju bus tersebut bukan termasuk kegiatan yang membahayakan. Apalagi fenomena itu tidak hanya ditemui di Karanganyar. Tetapi sudah booming terlebih dahulu di daerah lain.

Namun, Dishubkominfo akan berupaya melakukan pendekatan terhadap anak-anak perekam laju bus agar aksinya tidak sampai membahayakan keselamatan diri mereka ataupun sopir bus.

Sementara itu, salah seorang anak perekam laju bus, Ridwan, menyatakan sudah sejak setengah tahun hunting bus untuk mendapatkan suara klakson “telolet…telolet”. Hasil rekaman sekedar untuk dipamerkan kepada teman-temannya. ”Dicari bus yang klaksonya telolet…telolet. Untuk koleksi saja,” terang warga Jungke, Karanganyar itu.

Kegiatan merekam laju bus itu dilakukan setiap pulang sekolah. Ridwan bersama teman-temannya biasanya ramai-ramai stand by di Jalan Kapten Mulyadi Karanganyar, dekat Terminal Jungke. Memang jalan tersebut sering dilewati bus jurusan Jakarta. ”Bus bagus-bagus, jadi tertarik merekam,” pungkasnya.

Ngetrendnya Apa itu “Om Telolet Om”? Menurut BMC

Ketua BMC (Bus Mania Community) Eks Karesidenan Surakarta Arga Kusuma Senna menyatakan, anak-anak merekam laju bus hanya ikut-ikutan. BMC hanya mensosialisasikan cara safety hunting bus khusus kepada anggota BMC minimal yang sudah duduk di bangku SMA.

Karena selama ini tidak sedikit anggota BMC merekam laju bus tanpa memperhatikan keselamatan diri mereka sendiri. Hasil rekaman untuk dievaluasi dan koleksi pribadi. Tidak ada hadiah atau imbalan apa pun dari merekam laju bus.

Arga juga belum mendapat informasi pasti kenapa marak anak-anak di bawah umur ikut merekam laju bus. Biasanya mereka mengaku dari BMC tapi sebenarnya tidak tahu apa itu BMC dan maksud merekam laju bus.

Dengan alasan tersebut, BMC akan mengerahkan pengurus di daerah untuk memberikan sosialisasi kepada anak di bawah umur yang merekam laju bus. Fenomena ini juga akan dibahas pada musyawarah nasional.

Kehebohan Om Telolet Om di Twitter

Tadi malam, 20 Desember 2016. Di twitter dihebohkan dengan trending topik Indonesia yang mendunia. Bukan sebuah prestasi atau kebobrokan negeri ini, namun karena hal sepele “OM TELOLET OM”

Para netizen mencuitkan kata-kata tersebut di situs mereka masing-masing. Bahkan tidak sampai disitu, karena beberapa dari mereka juga ada yang mention ke akun twitter artis dan musisi ternama di dunia dengan kata “OM TELOLET OM”

Pada awalnya banyak selebriti yang merasa terganggu dengan kemunculan tweet tersebut. Bahkan dari kebanyakan mereka bertanya-tanya, what is Om Telolet Om ? What does Om Telolet Om Mean ? Haha lucu banget yah 🙂

Kejadian ini juga tidak terjadi di twitter saja, melainkan juga booming di sosial media lainnya seperti instagram ataupun sosial media yang sasarannya adalah netizen Indonesia. Mereka mengomentari foto para artis dan penyanyi Hollywood dengan kata “OM TELOLET OM”.

Meski awalnya merasa terganggu, namun akhirnya mereka menikmati apa yang sedang terjadi. Mereka bahkan tidak ragu untuk menulis di akun twitter mereka dan menambahkan hastag “OM TELOLET OM”.

Bukti Apa itu “Om Telolet Om?” Menghebohkan Netizen Dunia

Tidak hanya di Indonesia, ternyata Apa itu Om Telolet Om telah mewabah ke seluruh netizen di dunia. Di bawah ini merupakan screenshoot yang dapat menunjukkan bahwa om telolet om memang telah menjadi viral pada netizen di seluruh penjuru negara. Lalu dari siapa saja Om Telolet Om menjadi viral:

Apa itu om telolet om menghebohkan netizen dunia marsmello
Gambar via: twitter.com

Screenshoot diatas merupakan Ciutan yang datang dari twitter akunya marsmalow dimana belakangan ini ia  tenar dengan video klip uniknya. Marshmello mengatakan dalam sebuah akun twitternya “om telolet om is awesome” sontak ini membuat para netizen dan para penggemar serta folowernya bertanya tanya apa itu telolet om.

Tidak hanya marshmallow, ada juga  tokoh lain yang menyuarakan om telolet om melalui akun twitternya seperti Zedd dan DJ Snake

Apa itu om telolet om menghebohkan netizen dunia Zedd
Gambar via: twitter.com
Apa itu om telolet om menghebohkan netizen dunia DJ Snake
Gambar via: twitter.com

Dari screenshoot diatas dapat kita lihat bahwa om telolet om dj snake dan Zedd juga ramai membicarakan om telolet om, kita sebagai pemuda Indonesia patut bangga karena hobi unik seperti ini hanya terjadi di negara kita tercinta, dimana hanya dengan diberi  suara telolet oleh om supir bis telah dapat membuat para netizen bahagia.

Selain artis diatas masih ada lagi nih

Apa itu om telolet om artinya adalah twitter dari Hardwell
Gambar via: tekno.kompas.com
Apa itu om telolet om artinya adalah twitter dari Oliverr Heldens
Gambar via: billboard.com

Salam “Om Telolet Om”

Kata Kunci lain:

Penelusuran yang terkait dengan tolelet:

download klakson tolelet, harga klakson tolelet, klakson tolelet mp3, video bus sinar jaya telolet, perang telolet pandawa 87, download bus tolelet, agam tungga jaya bus, download ringtone klakson bus efisiensi, Gambar Om Telolet Om

Silahkan berkomentar dengan santun