DR Khalid Basalamah Biodata Youtube

Kupas Tuntas!!! Siapa Sebenarnya Ustadz DR Khalid Basalamah MA Rynoedin itu?

Khalid Basalamah Biodata Saya sendiri belum begitu banyak menegtahui tentang beliau, namun setelah beberapa kali menonton ceramahnya. Saya merasa isi ceramah beliau bagus dan pembawaan pun tenang namun tegas. Tidak kalah penting ialah tidak bertentangan dengan pemahaman dari Shalafush Shalih (Insya Allah).

Bagi sahabat juga yang sering menyaksikan ceramah di youtube pastinya sudah mengenal dengan ustadz Khalid. Beliau memiliki nama lengkap Khalid Zeed Abdullah Basalamah, lahir di Makassar pada tanggal 01 Mei 1975.

Ustadz Khalid Basalamah menjalani pendidikan sarjananya di Universitas Islam Madinah lalu melanjutkan S2 di Universitas Mulim Indonesia dan melanjutkan lagi pendidikan S3 di Universitas Tun Abdul Razzak Malaysia.

Khalid Basalamah Biodata Tegas
Gambar via: drarief.com

Beliau terkenal sebagai ustadz dengan penyampaian ceramah yang sangat tegas dan santun. Beliau juga sering mengisi acara tausiyah di televisi-televisi dakwah seperti insantv, wesaltv, rodjatv dan yang lainnya. Demikian juga di youtube banyak beredar rekaman ceramah Ustadz Khalid Basalamah yang dengan mudah dapat kita saksikan.

Melalui penyampaian ceramah beliau (setelah taufiq dan hidayah dari Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى) banyak umat muslim yang kembali kepada ajaran Islam yang benar. Sebagai contoh seorang Teuku Wisnu yang dahulunya merupakan seorang pemain sinetron terkenal namun sekarang Alhamdulillah Teuku Wisnu (Abu Adam) sudah meninggalkan pekerjaannya yang banyak melakukan pelanggaran syari’at tersebut.

Perihal ini sebagaimana yang telah disampaikan oleh Teuku Wisnu sendiri dalam tabligh akbar Ustadz Khalid dengan judul “Inilah Generasi Emas Islam” dan bertema “Menuju Makassar Kota Berakhalakul Karimah”. Acara kajian tersebut berlangsung di Masjid Al Markas Al Islamy pada hari Rabu tanggal 29 Jumadil Awwal 1437 H atau 09 Maret 2016 M.

Dalam menyampaikan dakwahnya, Ustadz Khalid ini tidak lepas dari banyaknya tuduhan negatif terhadap dirinya. Meskipun demikian beliau tetap sabar dan bijak dalam menghadapi tuduhan miring tersebut.

Justru malahan beliau masih tetap bergaul dan ramah tamah bersama orang yang tidak sepaham dengannya. Beliau juga tidak pernah menjadikan kesalahan orang lain sebagai ajang permusuhan, karena bagi beliau, setiap muslim itu bersaudara.

Lagi Tren  Subhanallah, Inilah Kisah Tongkat Nabi Musa Alaihisalam Membelah Laut Merah

Ustadz yang tegas ini memperjuangkan ajaran Islam yang murni yakni ajaran Islam yang bersumber dari Al-Qur’an dan As-Sunnah. Selain itu juga berdasarkan dari pemahaman para salafush-shalih, sehingga apapun rintangannya belaiu tetap bersemangat dalam memperjuangkan dakwah yang hak ini.

Karena sesungguhnya semakin meningkat ketaqwaan seseorang maka akan bertambah banyak pula ujian yang akan Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى berikan kepadanya. Inilah cobaan sejatinya yang akan meningkatkan derajat seseorang disisi الله عَزَّ وَجَلَّ.

Hubungan Khalid Basalamah dengan Syafiq Reza Basalamah

Hubungan Syafiq Resa Basalamah  dan Khalid Basalamah Biodata
Gambar via: masbidin.net

Terdapat beberapa pendapat yang mengatakan bahwa DR Khalid Basalamah MA dan Ustadz Reza Basalamah adalah salah satu Ustadz yang memiliki hubungan saudara. Namun pernyataan seperti itu sebenarnya adalah pendapat yang salah dan tidak benar sama sekali karena pada dasarnya Ustadz Reza dan Ustadz Khalid itu bukanlah saudara.

Mungkin karena nama beliau-beliau ini sama-sama basalamah sehingga banyak dari kita yang menyangka bahwa para ustadz ini adalah saudara kandung. Akan tetapi gelar basalamah yang terdapat di akhir nama beliau-beliau diambil dari sebuah nama marga yang sama. Marga Basalamah adalah salah satu nama marga yang dinukil dari Arab Hadramaut.

Nama Baslamah merujuk pada sebuah nama keluarga keturunan bangsa Arab. Tepatnya berasal dari Hadramaut Yaman yang lokasinya berada di Jazirah Arab bagian selatan. Untuk penamaan marga dipilih berdasarkan kabilah, asal, sejarah, tempat dan kebiasaan serta sifat nenek moyang tersebut.

Siapa Istri Ustadz Khalid Basalamah?

Untuk pemaparan dan penjelasan siapa istri dari Ustadz Khalid, sampai saat ini kami belum mendapatkan informasi akuratnya. Sehingga kami mohon maaf karena belum bisa memberikan informasi tersebut.

Ustadz Khalid Basalamah Biodata

Nama Lengkap : Khalid Zeed Abdullah Basalamah

Lahir : Makassar, 01-Mei-1975

Jenjang Pendidikan:  S1 Universitas Islam Madinah (Arab Saudi) kemudian S2 Universitas Muslim Indonesia (Indonesia) dan selanjutnya S3 Universitas Tun Abdul Razzak (Malaysia)

Lagi Tren  Manfaat Daun Tin dan Buahnya bagi Kesehatan Tubuh

Jadwal Kajian DR Khalid Basalamah MA

Berikut ini adalah merupakan jadwal Khalid Basalamah dalam kegiatan sehari-hari beliau. Selain sebagai seorang ustadz, ternyata beliau ini juga memiliki banyak bisnis dan kegiatan lainnya. Sehingga beliau merupakan orang yang sangat sibuk

Kegiatan Lembaga:

Sebagai Ketua Umum atas Yayasan Ats Tsabat Jakarta Timur, Sebagai Ketua di Forum Pengiriman Dai Irian dan Penasehat di Wesaltv Jakarta

Kegiatan Perbisnisan:

Sebagai direktur di PT. AJWAD Jakarta Barat  (Bergerak di bidang bisnis KAYU GAHARU, AJWAD GOLD, AJWAD Souvenir Timur Tengah (Oleh-oleh haji) di (Kalibata City Square), AJWAD RESTORAN Timur Tengah (Kalibata City Square) dan penerbitan buku-buku Islam.

Ceramah Pekanan:

Gambar via: i1os.com

Hari Senin dan Jumat jam 09.30-11.30 MT. Baitu Hurun Inn (Bu Amy) 085780187993/0811664392, Jl. Puri Mutiara 2 No.36 Jeruk Purut Kemang Jakarta Selatan (Kitab yang dikaji: Kitab Kabair)

Hari Selasa Ganjil (1,3 dan 5), di Masjid Nurullah Kalibata City Square Lantai LG, Jakarta Selatan, antara waktu Magrib dan Isya materi dan bakda sesi Isya tanya jawab (Kitab yang dikaji: Kitab Minhaj Muslim)

Hari Selasa Genap (2 dan 4), di Masjid Al Fattah Jatinegara Jakarta Timur, antara waktu Magrib dan Isya materi dan bakda Isya sesi tanya jawab (Kitab yang dikaji: Kitab Minhaj Muslim)

Hari Rabu setiap pekan, di Masjid Nurul Iman Blok M Square Jakarta Selatan, antara waktu Magrib dan Isya materi dan bakda Isya sesi tanya jawab (Kitab Kabair)

Hari Kamis setiap pekan Pukul 08.30-10.30 pagi, di Masjid Istiqomah Kelapa Gading (berada di Sebelah Sekolah Al Azhar). (Kitab yang dikaji: Kitab Bulughul Maram). Atau hubungi Bu Julie 0818665669

Kemudian pada jam 13.00-15.00 Siang, di Kompleks Pati Kostrad Kav.13 Cikeas (berada di Belakang Citra Grand, lalu masuk dari pintu gerbang Citra Grand) (pekan 1 dan 2 Kitab yang dikaji: Kitab Kabair, kemudian pada pekan 3 dan 4 mengkaji Kitab Minhaj Muslim). Atau hubungi Bu Imas 0811927373

Ceramah Bulanan:

Khalid Basalamah Biodata Terbaru
Gambar via: i1os.com

Hari Senin Malam Pukul 20.00 hingga selesai berada di Cipayung, Jakarta Timur. (berada di sebelah sekolah Korea). Atau hubungi Pak Haiban 08161611243

Lagi Tren  Kisah Masuk Islamnya Sang Khalifah Umar bin Khattab

Hari Selasa pagi Pukul 09.00 hingga 11.00 di Cibubur. Atau hubungi Bu Dewi 0811860130.

Hari Sabtu 1, pukul 09.00 hingga Dhuhur berada di Sekolah Emisc Condet, atau hubungi pak Wahid 08121348344

Hari Sabtu 2 pukul 08.00-10.00 berada di Masjid Al Ihsan Bekasi Barat

Pukul 11.00 hingga 13.30 di Kompleks Sentosa Cikarang. Atau hubungi Bu Yulfiyah 0818966039 / Bu Faizah 08161103501. Pada pukul 16.00 hingga 17.30 di Cikampek. Atau hubungi pak Arie 081511890008

Demikianlah sedikit informasi mengenai biografi / biodata Ustadz Khalid Basalamah. Semoga Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى senantiasa menjaga beliau dan memberkahi ilmu beliau.

Artikel Terkait:

Silahkan berkomentar dengan santun