perubahan kebudayaan indonesia

Pengertian, Faktor dan Dampak Terjadinya Perubahan Kebudayaan di Masyarakat

perubahan kebudayaan indonesia

kemanaajaboleeh.com

Perubahan Kebudayaan –  Secara umum perubahan kebudayaan dapat diartikan sebagai suatu peristiwa pergeseran atau perkembangan unsur-unsur kebudayaan yang terjadi dalam masyarakat akibat benturan antar unsur yang berbeda sehingga sampai pada keadaan yang tidak serasi dengan fungsinya bagi kehidupan.

Perubahan kebudayaan ini mencakup semua aspek mulai dari kesenian, ilmu pengetahuan, filsafat, teknologi bahkan perubahan ini juga terjadi pada aturan-aturan yang sudah berlaku. Dimana perubahan kebudayan ini akan terus menerus berlangsung sesuai dengan dinamika yang terjadi pada masyarakat.

Terjadinya perubahan kebudayaan ini ditandai dengan budaya lama masyarakat yang dianggap tidak lagi sesuai dengan perkembangan zaman sehingga dibentuk kesatuan buadaya baru yang dianggap lebih sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman.

budaya indonesia
tekey.net

Pada dasarnya, perubahan yanng terjadi pada salah satu unsur kebudayaan akan memberikan dampak terhadap unsur kebudayaan lainnya. Perubahan pada pola fikir akan membawa pengaruh kepada aktivitas atau kegiatan sekaligus berpengaruh juga terhadap artefak yang dihasilkan.

Begitu juga sebaliknya, artefak-artefak baru ini akan memberikan pengaruh juga terhadap cara atau pola fikir dan seterusnya.

Bentuk-bentuk Perubahan Kebudayaan dari Berbagai Segi

Berdasarkan dari peristiwa perubahan kebudayaan yanng terjadi dalam masyarakat, maka ada beberapa bentuk perubahannya. Diantara bentuk perubahan kebudayaan terjadi tersebut adalah:

1. Perubahan Kebudayaan dari Segi Waktu

Kalau dilihat berdasarkan waktu, perubahan kebudayaan dapat terjadi melalui dua cara yakni, evolusi dan revolusi.

a. Evolusi atau Perubahan Kebudayaan Secara Lambat

pedagang sayuran melayani pembeli pasar tradisional
inovasee.com

Perubahan kebudayaan evolusi merupakan suatu perubahan kebudayaan yang terjadi dalam skala kecil secara beruntut dalam waktu yang relatif lama. Perubahan ini terjadi pada masyarakat dengan sendirinya tanpa ada tekanan. Perubahan ini merupakan salah satu upaya masyarakat dalam menyesuaikan diri terhadap perubahan baru yang timbul di masyarakat. Sebagai contoh adalah perubahan masyarakat tradisional menjadi masyarkat modern.

b. Revolusi atau Perubahan Kebudayaan Secara Cepat

contoh perubahan budaya dalam waktu singkat
phdciencia.blogspot.com

Perubahan revolusi dapat diartikan sebagai suatu perubahan kebudayaan yang terjadi pada sendi-sendi pokok masyarakat secara besar-besaran dan berlangsung pada kurun waktu yang relatif singkat.

Sebagai contoh fenomena revolusi,  dapat kita lihat peristiwa yang terjadi pada Revolusi Industri di Inggris pada abad ke 17, Revolusi Pertanian yang terjadi pada abad ke 18 di Inggris, Revolusi Perancis yang terjadi pada abad ke 18, Revolusi Kemerdekaan negara tercinta Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

2. Perubahan Kebudayaan dari Segi Sifat

Dilihat dari sifatnya perubahan kebudayaan juga dibedakan menjadi dua macam, yakni:

a. Progersif: merupakan suatu bentuk perubahan kebudayaan yang mengacu pada arah yang lebik baik atau sempurna. Dapat dikatakan bahwa progresif ini sebagai gerakan langkah maju dari suatu kebudayaan.

b. Regresif: merupakan suatu perubahan kebudayaan ke arah yang lebih menurun atau suatu gerakan mundur dari sebuah kebudayaan. Cepat atau lambat, maju atau mundurnya suatu perubahan kebudayaan yang terjadi pada masyarakat bergantung pada letak kebudayaan itu berada.

Faktor Terjadinya Perubahan Kebudayaan

Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya suatu perubahan kebudayaan ini disebabkan oleh:

a.Perubahan Kebudayaan yang Dikehendaki

Perubahan kebudayaan yang dikehendaki adalah perubahan yang terjadi karena adanya pihak-pihak yang merencanakan agar terjadi perubahan kebudayaan pada masyarakat. Pihak yang merencanakan untuk menghendaki terjadinya perubahan kebudayaan ini disebut sebagai agent of change.

Agent of change ini adalah pihak atau lembaga kepercayaan suatu masyarakat seperti pemerintahan. Contoh dari perubahan yang dikehendaki ini adalah program imunisasi dan program KB.

b. Perubahan Kebudayaan yang Tidak Dikehendaki

Perubahan Kebudayaan yang Tidak Dikehendaki merupakan perubahan kebudayaan yang terjadi akibat dari peristiwa yang tidak terduga atau diluar kendali masyarakat. Biasanya memberikan dampak gangguan yang menyebabkan masalah pada masyarakat. Sebagai contoh adalah banjir, gunung meletus dan tanah longsor.

Perubahan Kebudayaan yang Terjadi Berdasarkan dari Pengaruh

a. Pengaruh Kecil: adalah perubahan kebudayaan yang terjadi pada seorang individu dan tidak secara langsung berdampak pada masyarakat. Sebagai contoh: cara berpakaian seseorang atau gaya rambut.

b. Pengaruh Besar: adalah perubahan kebudayaan yang terjadi berdampak langsung pada unsur kehidupan yang berlangsung dalam suatu masyarakat seperti stratifikasi sosial atau yang sejenisnya. Sebagai contoh adalah industrialisasi, proyek komplek perumahan, pendirian suatu pasar modern.

 

 

 

Silahkan berkomentar atau request apabila dirasa ada yang masih kurang dan perlu ditambahkan.

Terima Kasih

 

Artikel Terkait:

Silahkan berkomentar dengan santun