jenis-jenis kain, malam dan pewarna batik

Hanya Butuh 3 Bahan Utama ini, Kamu Bisa Membuat Batik Tulis dan Cap pada Kain

Bahan Pembuatan Batik – Bahan adalah material yang digunakan untuk menghasilkan sebuah produksi. Sedangkan bahan mentah adalah material baku yang belum mengalami pengolahan sehingga belum dapat digunakan untuk menghasilkan sebuah produksi. Biasanya pada masyarkat teknologi maju menggunakan bahan yang sudah siap untuk di proses.

Untuk pengertian bahan utama sendiri ialah material yang digunakan untuk menghasilkan sebuah produk di mana keberadaan bahan utama ini akan terlihat/nampak pada produk jadinya.

Bahan pembuatan batik cap dan tulis
Dokumen – masbidin.net

Contoh kasusnya yaitu ketika kita hendak membuat batik tulis menggunakan malam atau lilin batik. Tentunya kita membutuhkan lilin batik  untuk membuat batik pada kain. Setelah kita memiliki lilin tersebut kita tidak bisa lantas menggunakan lilin batik tersebut.

Sebelum dapat digunakan lilin malam harus diproses terlebih dulu. Bahkan bagi pengrajin batik yang sudah berpengalaman lilin tersebut akan diramu atau diproses sesuai dengan kebutuhannya.

Berdasarkan penjabaran di atas telah kita ketahui bersama seberapa besar pentingnya akan bahan dari sebuah produk. Sehingga pengetahuan tentang bahan yang di butuhkan dalam sebuah produksi harus kita miliki agar kita dapat menghasilkan sebuah produk yang berkualitas.

Secara umum ada 3 bahan utama yang harus kita miliki untuk dapat membuat sebuah batik pada kain. Di antara 3 bahan utama tersebut yaitu:

1. Bahan Pembuatan Batik: Kain

macam-macam kain untuk bahan pembuata batik
pusatkonveksi.com

Kain merupakan bahan yang sangat utama dalam proses pembuatan batik kain. Dimana kain ini merupakan bahan dasar tempat kita untuk membuat gambar batik. Untuk mengahasilkan gambar batik yang maksimal, perlu adanya kualitas kain yang tidak sembarangan. Sehingga kain yang digunakan untuk mebatik ini harus memiliki spesifikasi khusus.

Terdapat berbagai macam jenis kain yang beredar di pasaran. Akan tetapi kita harus jeli dan mengetahui mana-mana saja kain yang biasa digunakan untuk membuat batik dan mana saja kain yang tidak dapat digunakan. Misalnya saja kaos polos combed, sangatlah jarang orang yang menggunakan bahan tersebut sebagai bahan untuk membuat kain batik.

Sehingga bahan kain untuk membuat batik itu harus mempunyai spesifikasi khusus. Nah, dari spesifikasi  yang dimiliki oleh kain tersebut, masih di kelompokkan lagi menjadi beberapa jenis kain berdasarkan kualitasnya. Kualitas kain inilah yang mempunyai pengaruh besar terhadap harga kain batik yang akan dipasarkan.

Berikut ini merupakan jenis-jenis kain yang biasa digunakan untuk membuat sebuah batik kain. Di antaranya adalah:

1. Jenis Kain Bahan Pembuatan Batik: Mori (Cambrics)

Bahan Pembuatan Batik jenis kain Mori (Cambrics)
indonesian.alibaba.com

Kain Mori merupakan kain berwarna putih yang tebuat dari kapas dengan cara di tenun. Kain mori yang biasa digunakan sebagai kain batik ini memiliki 2 jenis berdasarkan prosesnya. Pertama kain mori yang telah mengalami proses pemutihan atau biasa disebut dengan bleaching dan yang kedua adalah kain mori yang belum mengalami proses pemutihan yaitu kain blacu.

Sebagian besar batik kain menggunakan bahan mori sebagai bahan utama karena kain jenis ini lebih mudah pada proses pembatikannya. Selain itu halusnya tekstur pada kain mori ini juga terlihat jelas sehingga dapat mempengaruhi kualitas dari batik yang akan dihasilkan. Jenis kain mori ini juga masih di golongkan menjadi 3 macam, antara lain yaitu:

a. Jenis Kain Mori Bahan Pembuatan Batik: Primissima

Di anatara 3 jenis kain mori, jenis primissima ini merupakan jenis kain mori yang paling halus. Mori primissima ini biasa di gunakan untuk membuat batik tulis yang sangat halus pula. Pada umumnya kain mori primissima terdapat dalam bentuk gulungan (piece) dengan panjang 15,5 m dan lebar 1,06 m.

Susunan mori primissima menggunakan benang Ne 50-56.  Tetel atau kepadatan benang untuk lusi antara 42-50 per cm atau 105-125 per inch. Sedangkan untuk pakan antara 42-50 per cm atau 100-120 per inch.

b. Jenis Kain Mori Bahan Pembuatan Batik: Prisma

Kain mori jenis prisma ini memiliki kualitas halus nomor 2 atau di bawahnya primissima. Jenis kain ini juga biasa untuk dibuat batik kain tulis maupun cap. Untuk susunan kainnya menggunakan benang Ne 36-46 dengan kandungan kanji sekitar 10%.

c. Jenis Kain Mori Bahan Pembuatan Batik:  Biru

Kain mori dengan kualitas nomor tiga ini biasa di gunakan untuk membuat batik yang tidak halus karena susunan kain mori biru ini hanya menggunakan benang Ne 28-36 dan Ne 26-34 sehingga dapat mempengaruhi proses pemabatikan dan pewarnaan.

Seiring perkembangan teknologi tekstil dunia, selain 3 jenis kain mori di atas masih ada banyak jenis kain lainnya. Sehingga para pengrajin batik pun saling berlomba-lomba memanfaatkan kain mori sebagai bahan batik kain tulis maupun cap dengan kualitasnya yang sangat halus.

2. Jenis Kain Bahan Pembuatan Batik: Katun

bahan pembuatan batik kain tulis kain katun jepang polos
http://mignonesiaonlineshop.blogspot.co.id

Kain katun merupakan kain batik yang sudah umum di gunakan untuk membuat batik kain. Kain katun juga memiliki beberapa tingkatan yaitu kain katun polisima, kain katun primissima dan kain katun prima. Dari masing-masing jenis kain tersebut juga masih memiliki tingakatan tersendiri.

Kain kasar dan tipis, agak halus (antara halus dan kasar) dan agak tebal (antara tipis dan tebal) serta tebal dan halus. Semua jenis kain tersebut sesuai dengan campuran serat kapas yang di gunakan untuk membuat kain tersebut.

3. Jenis Kain Bahan Pembuatan Batik: Paris

Kain Paris juga mempunyai tingkatan-tingkatan kain seperti jenis lainnya. Kain paris terbuat dari bahan yang tipis dan serat yang kuat dengan tekstur kain lembut dan jatuh.

4. Jenis Kain Bahan Pembuatan Batik: Serat Nanas

Tekstur yang terdapat pada kain serat nanas mirip dobi (kasar) terlihat pada sulur-sulur pada kain serta mengkilap. Dalam hal tingkatan kain batik jenis serat nanas juga memiliki seperti jenis kain lainnya.

5. Jenis Kain Bahan Pembuatan Batik: Sutera

Bahan Pembuatan Batik Tulis dan Cap Kain Sutera
thunderlily.com

Kain sutera merupakan kain paling istimewa dalam hal bahan pakaian. Tak heran jika para wanita mendambakan pakaian dengan bahan sutera. Kain Sutera ini paling umum terbuat dari kepompong yang dihasilkan larva  ulat sutera murbei.

Kain jenis ini mempunyai tekstur yang mulus, lembut tetapi tidak licin. Serat pada kain sutera berbentuk filamen hasil dari larva ulat saat membuat kepompong.

Baca juga: Cara Membuat Motif Batik Sederhana

2. Bahan Pembuatan Batik: Malam atau Lilin Batik

Bahan Pembuatan Batik Cap dan Tulis ialah Lilin Batik atau malam
tokopedia.com

Lilin Batik merupakan bahan yang di gunakan untuk menutup permukaan kain yang sedang dibatik agar permukaan yang tertutup lilin menolak warna yang diberikan pada kain (sebagai penahan warna pada kain batik sehingga dapat menampakkan pola yang dibuat).

Sebelum lilin batik yang digunakan untuk menutup permukaan kain, lilin telah di proses terlebih dulu. Lilin batik yang digunakan ini merupakan hasil campauran berbagai bahan pokok lilin. Di antara contohnya ialah lilin tawon, minyak kelapa, lilin lanceng, damar, gondorukem, matakucing, parafin (putih dan kuning), lemak binatang (kendal, gajih) dan microwax.

3. Bahan Pembuatan Batik: Pewarna Batik

Bahan Pembuatan Batik Alamai maupun Sintetis yaitu pewarna
apbbatik2011.files.wordpress.com

Pewarna batik yang biasa digunakan dalam membuat batik ada dua macam di antaranya yaitu pewarna batik alami dan pewarna batik buatan atau sintesis. Dari tiap-tiap pewarna batik memilki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun sebagian besar industri batik saat ini lebih cenderung menggunakan pewarna batik sintesis.

Bahan yang murah, mudah di dapatkan serta memiliki banyak pilihan warna. Selain itu pewarna batik buatan ini lebih praktis sehingga dapat mempermudah dan mempercepat dalam proses produksi pada indutri yang harus menghasilkan banyak produk.

Selain 3 bahan utama pembuatan batik diatas, untuk membuat batik tulis tradisional kita juga membutuhkan alat untuk membatikSehingga proses pembuatan batik kita bisa berjalan lancar. Karena alat dan bahan pembuatan batik merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dalam pembuatan batik.

Demikianlah pembahasan tentang bahan pembuatan batik tulis yang harus ada dari masbidin.net semoga bisa bermanfaat bagi masbidin khususnya dan para pembaca umumnya. Silahkan dishare sebanyak-banyaknya agar yang lain juga mengetahui.

Terima Kasih

Artikel Terkait:

Silahkan berkomentar dengan santun