Cara Membuat Motif Batik Tulis yang Mudah dan Sederhana

Cara Membuat Motif Batik Sederhana – Batik merupakan hasil karya berupa gambar khas sesuai dengan kondisi dan wilayah tertentu yang ada di Indonesia. Batik sendiri merupakan salah satu karya khas asli Indonesia yang diakui oleh dunia. Di Indoneisa yang memiliki aneka ragam budaya ada banyak jenis motif untuk batik.

Cara Membuat Motif Batik Sederhana: Motif Batik-Indonesia
bisnisukm.com

Uniknnya motif batik di setiap daerah memiliki ciri-ciri yang khas sesuai dengan daerah masing-masing. Contohnya untuk motif batik daerah Solo yang terkenal dengan orangnya lemah lembut, motif batiknya pun menyesuaikan. Kemudian untuk daerah saya sendiri, di Blora yang terkenal dengan hutan jatinya.

Motif batiknya pun mempunyai ciri khusus yaitu ada motif daun jati pada gambar batiknya. Melambangkan bahwa Blora kaya akan pohon jatinya.

Macam-macam Motif Batik Sederhana di Indonesia

Cara Membuat Motif Batik: Macam-macam Motif Batik Indonesia
ensiklopediaindonesia.com

Di Indonesia hampir seluruh daerahnya memiliki motif batik yang berbeda-beda. Meskipun tema yang di usung sama namun motif batiknya tetap berbeda. Misalnya tema yang diusung kembang manggar (bunga kelapa),  sulur-sulur kembang (semen romo) atau bulu-bulu hewan (lar).

Dengan tema yang sama tersebut setiap desainer batik dari daerah masing-masing memiliki ide tersendiri untuk menciptakan motif yang bagus dan seringnya sesuai dengan khas daerahnya juga. Sehingga hasil batiknya ketika digunakan dapat menjadi ciri khas daerah masing-masing. Diantara motif batiknya sebagai Berikut:

A. Motif Batik Sederhana Solo

Di daerah yang masih melekat kental dengan adat Jawa ini, Solo merupakan produsen batik yang sudah populer. Bahkan produsen batik keris Solo telah masuk ke pasar internasional. Sehingga tidak kaget lagi kalau Solo banyak dikunjungi oleh wisatawan asing untuk melihat langsung proses pembuatannya.

Bagi yang belum tau dapat melihat langsung ke kampung batiknya yang ada di Kampung Batik Kauman dan Kampung Batik Laweyan. Kegiatan batik membatik di daerah ini sudah menjadi tradisi turun-temurun. Di daerah Lawean juga pusat kegiatan batik-membatik berawal. Untuk contoh motif batik daerah Solo seperti berikut ini:

Cara Membuat Motif Batik: Motif Batik Solo Sidomukti
batik-tulis.com

Motif batik Parang khas Solo ini merupakan motif batik yang sering dikenakan oleh mempelai pada pada acara pernikahannya. Kata sidomukti berasal dari kata sido yang berarti jadi sedangkan muktu memiliki arti berkecukupan.

Sehingga representasi dari batik sidomukti adalah sebuah harapan kepada semua orang yang mengenakan batik ini mempunyai kehidupan yang cukup atau menjadi cukup.

B. Motif Batik Pohon Jati Khas Blora

Cara Membuat Motif Batik: Motif Batik Kayu Jati Blora
wangicendanablora.blogspot.co.id

Motif batik pohon jati khas Blora ini merupakan motif batik yang terhitung baru. Pasalnya motif batik yang melambangkan bahwa Blora kaya akan pohon jatinya ini baru diperkenalkan pada tahun 2008. Di Blora sendiri memiliki 40 persen hutan jati dari seluruh bagian wilayahnya. Sehingga Kabupaten Blora membuat motif batik khusus pohon untuk memperkenalakan hasil buminya.

C. Motif Batik Sederhana Liong Pekalongan

Cara Membuat Motif Batik: Motif Batik Liong Pekalongan
kaskus.co.id

Sejarah dari motif Liong khas Pekalongan ini adalah bahwa dahulu di Pekalongan ada banyak etnis Tionghoa yang tinggal dan menetap disana. Tidak hanya tinggal mereka juga ikut berpartisipasi terhadap kebudayaan Indonesia salah satunya dalam hal batik membatik.

Kemudian diciptakanlah sebuah motif batik Liong. Kalau diperhatikan dengan seksama motif batik Liong ini mengandung wujud makhluk ular naga.

Langkah-langkah Membuat Motif Batik Sederhana

Untuk membuat motif batik sebenarnya tidak terlalu susah karena menggambar itu sebenarnya tidak harus bakat. Dulu ketika SMK guru menggambar saya pernah bercerita bahwa menggambar itu tidak harus memiliki bakat. Menggambar itu hanya butuh latihan dan keseriusan karena bakat bisa dilatih.

Sebagai contoh di Bali ada banyak orang yang dapat menggambar dengan bagus. Mereka tidak harus memiliki bakat tetapi mereka sering berlatih, berlatih dan terus berlatih. Jadi untuk membuat motif batik sendiri jangan takut untuk berkreasi yaa. Langkah-langkahnya dapat memperhatikan cara di bawah ini:

1. Langkah Pertama Membuat Batik Sederhana

Cara Membuat Motif Batik: Langkah Pertama Membuat Batik
sinauwerno-werno.blogspot.co.id

Langkah pertama ialah molani. Molani dari kata pola maksutnya adalah yang pertama kita lakukan adalah dengan membuat desain batik itu sendiri. Desain batik ini dapat mengikuti tren yang sedang booming atau bisa juga membuat berdasarkan motif daerah atau sesuai dengan kreasi sendiri.

2. Langkah Kedua Membuat Batik Sederhana

Cara Membuat Motif Batik: Langkah Kedua Membuat Batik
batik-online-shop.blogspot.co.id

Setelah membuat pola atau desain langkah kedua yaitu melukis pola. Melukis pola disini ialah mengulangi motif yang telah di desain tadi menggunakan lilin malam yang sudah di cairkan menggunkan canting.

3. Langkah Ketiga Membuat Batik Sederhana

Cara Membuat Motif Batik: Langkah Ketiga Membuat Batik Sederhana
batik-online-shop.blogspot.co.id

Langkah selanjutnya adalah menutupi bagian putih pada kain (bagian yang tidak kena pola/desain) dengan lilin malam. Untuk menutupi bagian yang kecil/sempit bisa menggunakan canting sedangkan bagian yang luas dapat menggunakan kuas. Tujuannya adalah untuk melindungi bagian yang dilapisi lilin ketika kain dicelupkan pada laruatn pewarna.

4. Langkah Keempat Membuat Batik Sederhana

Cara Membuat Motif Batik: Langkah Keempat Membuat Batik Sederhana
arkasala.com

Selanjutnya proses pewarnaan yang pertama. Setelah bagian-bagian kain yang tidak boleh terkena warna dilapisi lilin maka kain dicelupkan pada warna tertentu. Kemudian kain dikeringkan atau di jemur. Tujuannya dari langkah ke empat ini untuk memberikan warna pada bagian yang tidak tertutup lilin.

5. Langkah Kelima Membuat Batik Sederhana

Cara Membuat Motif Batik: Langkah Kelima Membuat Batik Sederhana
bayuwinata.files.wordpress.com

Setelah kain kering selanjutnya adalah melukis lagi bagian yang sudah ada warnanya dengan menggunakan canting. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan pewarnaan pada tahap pertama. Setelah proses lukis ulang selesai kemudian kain di celup lagi untuk proses pewarnaan yang kedua.

6. Langkah Keenam Membuat Batik Sederhana

Cara Membuat Motif Batik: Langkah Keenam Membuat Batik Sederhana
youtube.com

Proses pewarnaan selesai saatnya untuk membersihkan lilin yang masih menempel pada kain. Caranya dengan meletakkan kain diatas tungku yang sudah ada air panasnya.

7. Langkah Ketujuh Membuat Batik Sederhana

Cara Membuat Motif Batik: Langkah Ketujuh Membuat Batik Sederhana
sonofmountmalang.files.wordpress.com

Setelah lilin yang menempel pada kain tidak ada lagi (kain sudah bersih dan kering) langkah selanjutnya ialah melakukan proses pembatikan lagi. Proses ini dilakukan dengan cara membuka dan menutup lilin malam supaya warna pertama dan kedua tidak terkontaminasi. Proses membuka dan menutup lilin malam menyesuaikan banyaknya warna yang ada pada motif atau sesuai keinginan.

8. Langkah Kedelapan Membuat Batik Sederhana

Cara Membuat Motif Batik: Langkah Kedelapan Membuat Batik Sederhana
m.kompasiana.com

Langkah terakhir pada proses pembuatan motif batik adalah nglorot. Nglorot yaitu merebus kain yang warnanya telah berubah dengan menggunakan air panas. Tujuannya tidak lain agar lapisan lilin malam yang masih menempel benar-benar hilang. Sehingga motif batik yang telah dibuat terlihat jelas.

Setelah semua proses telah selesai dilakukan dengan runtut maka kain batik sudah siap untuk digunakan sendiri atau juga dipasarkan. Oh iya, sebelum kain batik siap dikonsumsi, dicuci dan dijemur dulu yaa.

Demikian langkah-langkah cara membuat motif batik yang sederhana. Semoga bisa bermanfaat, aamiin

Assalamu ‘alaikum warahmatullah