macam macam daun di sekitar kita

Jenis-jenis Daun Tumbuhan Berdasarkan Tulang Daun Beserta Contoh dan Gambarnya

Jenis-jenis Daun Tumbuhan: Berbagai Macam Jenis Daun
ghinaghufrona.blogspot.com

Jenis-jenis Daun – Daun merupakan salah satu bagian tumbuhan yang tumbuh dari ranting. Pada umumnya daun berwarna hijau (karena mengandung klorofil) dan berfungsi sebagai penyerap energi dari cahaya matahari untuk proses fotosintesis.

Hampir semua tanaman menggunakan daun sebagai tempat utama dalam memproduksi bahan makanan daun merupakan tempat utama produksi makanan untuk tanaman.Struktur dalam daun yang mengubah energi dari cahaya matahari menjadi energi kimia sehingga dapat digunakan sebagai bahan makanan bagi tanaman.

Hampir pada setiap daun memiliki zat warna hijau daun yang disebut klorofil. Klorofil sendiri adalah molekul dalam daun yang memanfaatkan energi dari sinar matahari untuk mengubah H2O (air) dan CO2 (gas karbon dioksida) menjadi O2 (oksigen) dan gula. Proses pengubahan energi dari cahaya matahari menjadi bahan makan tumbuhan di dalam daun tadi disebut dengan fotosintesis.

Struktur Bagian-bagian dari Daun

Selain buah, batang dan buah, daun pada tumbuhan juga memilki perananan penting bagi tumbuhan. Dalam peranannya terhadap tumbuhan, daun mempunyai struktur bagian-bagian sendiri untuk dapat berfungsi baik sebagai tempat fotosintesis tumbuhan. Apa saja struktur dari daun tersebut, berikut ulasannya:

Struktur Bagian Luar Daun

Daun akan disebut sebagai daun sempurna, apabila struktur dari daun tersebut tersusun menjadi 3 bagian, yaitu:

  • Pelepah daun berfungsi untuk mendudukkan daun pada batang.
  • Tangkai daun berfungsi untuk menghubungkan anatara pelepah atau batang dengan helai daun.
  • Lamina atau helai daun adalah salah satu bagian terpenting dari daun pada umumnya. Karena dari lamina inilah daun mempunyai fungsi utama daun yaitu sebagai tempat fotosintetis paling dominan bekerja pada tumbuhan. Bentuk helai daun/lamina sangat beraneka ragam, namun biasanya berupa helaian, bisa tebal atau tipis.

Struktur Daun Bagian dalam

Selain memiliki struktur bagian luar, daun juga memiliki struktur bagian dalam. Diantara struktur bagian dalam daun tersebut ialah:

1. Struktur Daun Bagian dalam : Epidermis

Epidermis adalah lapisan sel hidup terluar dari bagian dalam daun. Jaringan epidermis ini terbagi menjadi dua yaitu epidermis bawah dan epidermis atas. Eperdermis memiliki fungsi untuk melindungi jaringan yang berada di bawahnya.

2. Struktur Daun: Jaringan Mesofil

Jaringan mesofil ini dibagi lagi menjadi 2 macam yaitu:

  • Jaringan Palisade (Jaringan tiang) adalah suatu jaringan pada bagian dalam daun yang mengandung banyak kloroplas sebagai suatu proses pembuatan makanan untuk tumbuhan. Salah satu ciri-ciri jaringan tiang yaitu sel-selnya tersusun rapat dan berbentuk silinder.
  • Jaringan Spons (Jaringan bunga karang) adalah sebuah jaringan yang memilki rongga lebih apabila dibandingkan dengan jaringan palisade. Jaringan spons memiliki fungsi sebagai tempat menyimpan suatu cadangan makanan pada tumbuhan.
Jenis-jenis Daun Tumbuhan: Struktur Daun Bagian Dalam
id.wikipedia.org

Baca juga: Cara Mudah Budidaya Tanaman Anggrek

3.  Struktur Daun: Berkas Pembuluh Angkut

Berkas pembuluhh angkut dibagi menjadi 2 macam yaitu:

  • Xilem atau pembuluh kayu dalam tumbuhan ada 2 macam. Pertama pembuluh kayu pada akar yang memiliki fungsi  untuk mengangkut mineral dan air menuju daun. Kedua pembuluhh kayu pada suatu batang yang memiliki fungsi sebagai pendukung untuk penegak tumbuhan.
  • Floem atau pembuluh tapis yang berfungsi untuk mengedarkan hasil dari fotosintesis dari daun ke seluruh bagian dari tumbuhan.
4. Struktur Daun: Jaringan Tambahan pada Daun

Untuk jaringan tambahan yang terdapat pada daun ini meliputi sel-sel khusus. Biasanya sel-sel khhusus ini terdapat pada mesofil daun. Sebagai contoh sel-sel kelenjar dan kristal.

5. Struktur Daun: Stomata

Stomata merupakan salah satu bagian dari struktur dalam daun yang berfungsi sebagai organ respirasi. Stomata mengambil gas karbon dioksida dari udara untuk dijadikan sebagai bahan fotosintesis. Kemudian mengeluarkan gas oksigen sebagai hasil dari fotosintesis. Stomata ini terletak di epidermis bagian bawah. Selain pada stomata, untuk tumbuhan tingkat tinggi juga dapat bernapas melalui lentisel yang terletak pada sebuah batang.

Jenis Jenis Daun Berdasarkan dari Bentuk Tulang Daun:

1. Contoh Jenis Daun Menjari atau Palminervis

Jenis-jenis Daun: Contoh Daun Menjari Daun Singkong
pixabay.com

Tanaman ini memiliki bentuk daun dengan satu tulang daun yang cukup besar dan berbentuk seperti jari-jari tangan manusia. Daun dengan struktur tulang daun menjari ini dapat kita jumpai pada daun singkong, daun pepaya, daun ketela pohon, daun kapas dan yang lainnya.

2. Contoh Jenis Daun Menyirip

Jenis-jenis Daun: Contoh Jenis Daun Menyirip
choewoe-widi.blogspot.co.id

Daun menyirip yaitu daun yang mempunyai struktur tulang daun jenis menyirip seperti pada sirip-sirip ikan. Daunnya tersusun rapi mulai dari tangkai hingga ujung dari helai daun. Daun menyirip dapat kita temui pada pohon kuweni (Mangifera odorata), belimbing manis (Averrhoa carambola L), daun pohon durian (Durio zibethinus Murr), jambu dersono (Syzygium malaccense), jambu mete (Anacardium occidentale L.), jambu biji (Psidium guajava L.), tulang daun mangga dan tulang daun rambutan.

 

 

 

 

 

3. Contoh Jenis Daun Sejajar atau Rectinervis

Jenis-jenis Daun: Contoh Jenis Daun Sejajar
raflitama.com

Daun sejajar merupakan daun yang memiliki tulang daun berbentuk seperti garis-garis yang sejajar. Tiap-tiap dari ujung tulang daun ini menyatu. Umumnya terdapat pada daun-daun bangun garis pita dan bangun garis, yang memiliki satu tulang daun besar membujur ditengah. Sedangkan tulang-tulang lainnya lebih kecil dan semuanya terlihat mempunyai arah sejajar dengan tulang utama.

Contoh tumbuhan dengan jenis daun sejajar ini ialah tumbuhan zea mays yang merupakan tumbuhan berbiji di Kebun Buah Mangunan sedangkan contoh lainnya yang sering kita temui yaitu daun pada pohon tebu, padi, rumput ilalang, daun pohon jagung, daun kelapa. dan yang lainnya.

4. Contoh Jenis Daun Melengkung

Jenis-jenis Daun: Contoh Jenis Daun Melengkung
anthuriumonline.files.wordpress.com

Daun melengkung ialah daun dengan tulang daun berbentuk seperti garis-garis melengkung. Daun dengan jenis tulang daun sperti ini dapat kita jumpai di berbagai tumbuhan lingkungan sekitar tempat tinggal kita. Seperti misalnya daun gadung, sirih, dan genjer.

Fungsi-Fungsi Daun pada Tumbuhan

  • Sebagai Tempat Berfotosintesis
  • Sebagai Alat Respirasi
  • Alat Reproduksi Vegetatif
  • Tempat Mengatur Proses Transpirasi
  • Prose gutasi

Artikel Terkait:

Silahkan berkomentar dengan santun