Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Aquascape

Ikan Hias Aquascape Ikan khusus aquascape adalah suatu sebutan untuk jenis hias air tawar yang dipelihara dengan menggunakan akuarium. Dari waktu ke waktu memelihara ikan hias di rumah memang telah menjadi sebuah trend.

Selain menggunakan kolam, cara lain yang lebih sering kita jumpai adalah ketika seseorang memelihara ikan hias dengan menggunkan akuarium atau aquascape. Apabila kita memelihara ikan hias dengan tujuan komersil atau untuk dijual-belikan memang cocok di pelihara di kolam.

NB:

Jual Aquarium Mini Terbaru (Unik Banget dengan USB Dekstop)


Namun kalau kita memelihara ikan hias hanya di klam kita tidak dapat menikmati keindahan dari ikan hias yang kita pelihara. Selain itu apabila kita memelihara ikan hias di kolam, kita hanya bisa memberinya makan.

Sedangkan apabila kita memelihara ikan hias air tawarnya di akuarium, selain kita dapat memberi makan, melihat serunya ikan berebut makan saat  kita sedang memberinya makan di pagi atau sore hari, kita juga dapat memberi hiasan pada akuarium dengan berbagai macam ornamen dan beberapa gambar latar yang berbeda-beda. Sehingga kita dapat menambah keindahan dari ikan hias air tawar menjadi lebih menarik.

7 Jenis Ikan Hias Aquascape Air Tawar Termahal yang Mudah Dipelihara
akvodecor.com

Dengan kata lain memelihara ikan hias di aquascape lebih menyenangkan. Selain untuk menyalurkan hobi juga dapat dijadikan sebagai hiasan di ruangan dalam rumah. Dalam perkembangannya, semakin kesini penggemar ikan hias aquascape juga semakin bertambah banyak. Dari situ dapat dipastikan bahwa banyak juga orang yang mencari tahu tentang jenis-jenis ikan hias air tawar yang cocok untuk dipelihara dalam aquascape.

Sebenarnya ikan hias yang cocok dipelihara sebagai ikan hias aquascape ada dua macam yaitu ikan hias air tawar dan ikan hias air laut. Namun di antara keduanya, ikan hias air tawar lebih mendominasi sebagai ikan hias aquascape. Lantas apa saja jenis ikan hias air tawar yang familiar sebagai ikan hias aquascape? Berikut ini reomendasinya.

1. Jenis Ikan Hias Aquascape: Guppy

Jenis Ikan Hias Aquascape Air Tawar Termahal Guppy
httpguppyfishcare.com

Ikan hias Guppy merupakan salah satu jenis ikan hias yang masuk dalam kategori aquascape. Guppy adalah ikan hias air tawar yang termasuk dalam famili Poeciliidae. Awalnya ikan haias guppy ini berasal dari spesies ikan liar. Namun karena memunyai karakteristik dasar yang menarik, maka guppy dikembangbiak dan disilangkan dengan berbagai jenis ikan hias lainnya.

Sehingga melahirkan jenis ikan hias guppy baru yang semakin indah dan menarik. Sampai saat ini jenis dari ikan guppy sudah ada beraneka ragam.

2. Jenis Ikan Hias Aquascape: Discus

Jenis Ikan Hias Aquascape Air Tawar Termahal Discus
pixabay.com

Ikan hias discus merupakan salah satu ikan hias aquascape yang memliki banyak penggemar. Nama discus ini sebenarnya diambil dari bentuk tubuh ikan yang mirip sekali dengan Compact Disk. Ikan hias yang berasal dari Brazil ini termasuk dalam famili Cichlidae dan Genus Symphysodon.

Ciri-ciri unik dan menarik yang dimiliki oleh ikan hias discus yaitu terdapat garis-garis melintang pada sekujur tubuhnya mulai dari kepala sampai ujung ekornya. Itulah salah satu yang membuat penggemar discus memeliharanya di aquascape.

3. Jenis Ikan Hias Aquascape: Manfish

Jenis Ikan Hias Aquascape Air Tawar Termahal Manfish
guppyfishcare.com

Ikan hias aquascape yang ketiga adalah manfish atau dalam bahasa latinnya Pterophyllum Scalare. Manfish merupakan salah satu ikan hias aquascape yang paling populer di kalagan hobiis. Para hobiis juga ada yang meyebutnya dengan ikan hias angelfish.

Habitat asli dari ikan hias manfish adalah dari perairan Amazon, Peru, Columbia, Brazil dan di daerah Amerika Selatan. Untuk saat sekarang, di Indonesia juga sudah banyak yang membudidayakannya.

Ikan yang berasal dari perairan Amazon yang satu ini temasuk dalam keluarga Cichlidea.

4. Jenis Ikan Hias Aquascape: Rainbow

Jenis Ikan Hias Aquascape Air Tawar Termahal Rainbow
reef2rainforest.com

Ikan hias aquascape selanjutnya adalah ikan dari famili melanotaenidae yang memiliki tujuh genus yaitu rainbowfish. Ikan hias yang berasal dari perairan Papua, Madagaskar, Australia dan Asia Tenggara ini dapat bertahan hidup dengan rentang suhu air antara 22-28 derajat celsius. Meskipun Rainbowfish termasuk ikan yang aktif, tetapi ia bukanlah ikan yang agresif.

Untuk cici-ciri pada badannya, sudah pasti memiliki warna yang berkilauan sesuai dengan namanya. Dengan ukuran panjangnya yang dapat mencapai 10 cm, akan sangat cocok jika di pelihara dalam aquascape yang berukuran 120x40x40.

Melanotaenia boesemani atau Rainbowfish dapat dikatan ikan yang cinta damai dan suka hidup dalam berkelompok dengan jumlah 5 individu atau lebih. Namun ketika akan memijah sang jantan akan berubah menjadi ikan yang agresif.

Meskipun cinta damai, rainbowfish memiliki pergerakan yang tergolong cepat. Sehingga akan kurang cocok jika dalam satu aquascape dicampur dengan ikan hias yang cukup besar dan lamban karena akan kesusahan dalam hal bersaing untuk mendapatkan makanan. Untuk pemilihan makanannya, rainbowfish tidak terlalu sulit karena hampir semua jenis makanan yang diberikan akan segera dilahap ketika ia telah lapar.

5. Jenis Ikan Hias Aquascape: Neon Tetra

Jenis Ikan Hias Aquascape Air Tawar Termahal Neon Tetra
akvaryumcity.com

Ikan hias aquascape neon tetra atau dalam bahasa latinnya Paracheirodon innesi adalah ikan hias air tawar dari famili characin (characidae). Berasal dari dari perairan sungai clearwater di Tenggara Kolombia, Brazil Barat dan Peru Timur, neon tetra biasa hidup dalam rentan suhu antara 20 – 26 derajat celsius.

Ditinjau dari jenis makanannya ikan hias neon tetra termasuk dalam golongan hewan omnivora. Selain lahap ketika diberi pelet kecil, neon tetra juga doyan cacing beku. Sehingga kita tidak akan kesusahan mencarikan makanan kalau memelihara neontetra.

6. Jenis Ikan Hias Aquascape: Ember Tetra

Jenis Ikan Hias Aquascape Air Tawar Termahal Ember Tetra
spec-tanks.com

Ikan hias aquascape ember tetra merupakan ikan hias air tawar dari famili characidae. Ember Tetra ditemukan sekitar 15 tahun yang lalu di perairan Sungai Brazil. Spesies ember tetra merupakan memiliki bentuk yang khas dibandingkan dengann tetra yang lain. Karena keseluruhan panjangnya hanya mencapai 2 cm.

Untuk warna yang mendominasi pada tubuh mungilnya ialah warna orange dan kemerahan di deket sirip tembusnya. Dalam pemeliharaanya sebagai ikan aquascape dianjurkan dalam rentan suhu air antara 23-39 derajat celsius.

 7. Jenis Ikan Hias Aquascape: Dwarf Gourami

Jenis Ikan Hias Aquascape Air Tawar Termahal Dwarf Gourami
en,aqua-fish.net

Ikan hias aquascape dwarf gourami atau dalam bahasa latinnya dikenal sebagai Colisa lalia. Ketika mendengar ikan gurami mungkin yang terlintas dalam benak kita adalah ikan gurami yang biasa digunakan sebagai lauk di rumah makan tradisional atau di tempat pemancingan ikan.

Namun siapa sangka ternyata ikan gurami yang biasa kita santap sebagai lauk ketika makan, memilki jenis lain yang justru sangat berbeda. Tidak hanya dari bentuk, warna pada dwarf gourami sangat berbeda dengan ikan gurami pada umumnya.

Pada dwarf gourami memiliki ukuran tubuh sepanjang 5 cm. Sangat berbeda dengan gurami yang kita kenal pada umumnya bukan? Selain itu, warna ikan hias aquascape dwarf gourmi warna-warni cerah. Maka dari itulah dwarf gourami cocok dipelihara sebagai ikan hias aquascape.

 

Loading…