Berbagai jenis ikan hias air tawar dalam akuarium

50 Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah yang Pernah Ada Lengkap dengan Penjelasannya

Ikan Hias Air TawarBentuknya yang kecil menjadikan ia sebagai ikan yang mudah dipelihara. Disamping merupakan ikan terindah, harga jual ikan termahal juga salah satunya dari budidaya ikan hias aquarium atau aquascape.

Biasanya jenis ikan hias akuarium merupakan ikan ramah lingkungan yang hidupnya di air tawar dimana  tujuan dari pemeliharaan ikan ini sebagai hiasan atau memperindah ruang dan bukan untuk di konsumsi.

Dalam pemeliharaannya, ikan hias air tawar biasanya ditempatkan di dalam akuarium.

NB:

Jual Aquarium Mini Terbaru (Unik Banget dengan USB Dekstop)


Namun bagi yang membudidayakan ikan hias ini untuk mendapatkan keuntungan dari hasil budidaya, umumnya dipelihara dalam kolam. Untuk jenis yang dipelihara, bagi yang hobi dengan ikan hias air tawar akan memelihara sesuai dengan kesukannya.

Berbeda dengan yang memeliharanya dengan tujuan untuk jual-beli, mereka akan membudidayakan ikan hias air tawar ini berdasarkan dari permintaan pasar.

Selain ikan hias air tawar, ada juga jenis ikan hias air laut. Namun dalam pemeliharannya di masyarakat, ikan hias air tawar lebih banyak peminatnya. Selain jenisnya ada banyak, dalam merawat dan hal pakan, ikan hias air tawar lebih mudah untuk diusahakan.

Di Indonesia sendiri mempunyai sekurang-kurangnya 363 jenis ikan hias air tawar yang telah di ekspor ke berbagai negara di dunia. Dalam artikel ini kita hanya akan membahas jenis ikan hias yang habitatnya dalam air tawar. Apa saja jenis dari ikan hias air tawar itu? Yuukk langsung saja:

1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Cupang

ikan-hias air-tawar-cupang-warna merah
filckrcom-suherlin.net

Kita sering mendengar nama ikan hias air tawar ini, karena jenis ikan hias cupang memang sudah populer di masyarakat Indonesia. Ikan hias cupang juga banyak kita jumpai di pasar-pasar tradisional.

Jika kita ingin memelihara ikan hias cupang ini jangan sampai 2 ikan atau lebih di letakkan dalam botol karena ikan hias cupang termasuk juga ikan adu.Jika ingin mengetahui perbedaan antara ikan jantan dan betina, dapat di perhatikan pada bagian tubuhnya.

2. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Guppy

ikan hias air tawar aquarium guppy
pinterest.com

Ikan Hias Jenis Guppy merupakan jenis ikan hias yang paling populer di Indonesia setelah ikan cupang. Ikan hias guppy memilki bentuk tubuh seperti wanita yang mengenakan rok. Bentuknya juga menarik karena panjangnya dari kepala sampai ekor kurang dari 2,5 cm.

Berasal dari daerah Amerika Selatan, ikan ini mudah beradaptasi di lingkungannya. Sehingga peredarannya di dunia sangat cepat. Ikan hias guppy mulai di kenal di Indonesia pada tahun 1920-an sebagai ikan hias akuarium.

Ikan hias guppy mempunyai warna dan sirip yang indah. Pada ikan jantannya lebih cenderung menarik di bandinkan dengan betina yang siripnya terlihat agak kusam.

3. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Arwana

Jenis ikan hias air tawar aquarium arwana
duniaq.net

Jenis Arwana merupakan salah satu ikan hias yang masih populer sampai saat ini. Bahkan ada yang mengatakan kalau ikan hias arwana tidak akan pernah menurun peminatnya. Sisiknya yang unik dapat memikat siapa saja yang melihat ikat hias ini. Ikan hias arwana mempunyai ukuran tubuh yang besar, bahkan bisa mencapai hampir 1 meter.

Ukuran telurnya yang besar dan hampir mirip dengan telur puyuh menjadikannya termasuk dalam golongan ikan purba. Ikan hias arwana memiliki banyak sebutan lain seperti arwana super red, silok, ikan payang, kalasa, siluk,naga, khayangan dan nama latin Scleropages sp.

Ikan hias arwana dapat kita jumpai pada perairan tawar di daerah Kalimantan dan Papua. Namun untuk saat ini jenis ikan arwana sudah banyak yang membudidayaknnnya, karena harga dan peminatnya yang tergolong tinggi.

Oh iya ikan hias jenis arwana ini juga mempunyai mitos yang beredar di masyarakat bahwa apabila memelihara ikan hias arwana dapat memberikan kelancaran rezeki. Namun wajib di ingat ya, bahwa sang pemberi rezeki hanya satu, Dialah Allah Tuhan semesta alam.

4. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Louhan

Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium Louhan Merah Muda
jejamo.com

Ikan louhan merupakan jenis hybrid atau ikan hasil persilangan dari jenis cichild buata manusias. Ikan hias louhan merupakan ikan hias yang sempet populer di kalangan masyarakat Indonesia. Bahkan ada banyak orang yang sebelumnya tidak pernah memelihara ikan hias berbondong-bondong memelihara dan menjadi pecinta ikan hias.

Perihal tersebut dikarenakan begitu sangat terkenalnya ikan hias jenis louhan ini. Tidak heran karena louhan memilki warna yang indah dan menarik. Juga pada kombinasi warna dan sisik ikan hias louhan terkadang membentuk sebuah tulisan.

Selain itu jenong yang terdapat di kepalanya mampu membuat daya tarik tersendiri bagi pecinta ikan hias. Bahkan dari jenong itulah harga ikan hias louhan dapat mencapai harga tertingginya.

5. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Maskoki

Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Masskoki Cantik Warna Orange
ikanhiasmaskoki-blogspot.com

Ikan hias jenis maskoki berasal dari China yang dipopulerkan oleh masyarakat Jepang. Pada awalnya ikan hias jenis maskoki memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan ikan mas yang merupakan satu spesies. Kemudian masyarakat Jepang yang mengembangkan ikan hias maskoki banyak variasi warna dan bentuk menjadi lebih cantik dari sebelumnya.

Ikan hias maskoki termasuk jenis ikan hias yang mudah dipelihara dan di budidayakan di rumah. Namun ikan hias ini merupakan ikan ekslusif yang tidak mau di pelihara dengan selain ikan hias jenis maskoki karena membutuhkan banyak oksigen untuk bertahan hidup.

Jenis ikan hias ini sudah familiar di telinga kita karena banyak dari masyarakat kita yang memeliharanya sebagai ikan hias. Ikan maskoki memiliki gerakan tubuh yang lucu disebabkan bentuk badannya yang penuh namun tetap seimbang.

6. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Discus

Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium Disqus Besar
johnmathison2k10-blogspot.com

Ikan hias jenis discus ini mempunyai bentuk tubuh yang cantik karena mirip dengan pipi manusia. Ikan hias jenis discus ini merupakan ikan hias yang high class, karena harganya yang mahal.

Hal ini disebabkan oleh ciri khas yang mirip pipi manusia tersebut. Selain itu warna dan ukuran tubuhnya dapat mempengaruhi harganya.

7. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Koi

Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium Ikan Koi Makan
en.wikipedia.org

Salah satu jenis ikan hias air tawar yang tetap populer dari waktu ke waktu adalah ikan hias jenis koi ini. Pertama kali di kenalkan di Jepang pada tahun 1920-an, ikan hias jenis koi termasuk hasil persilangan beberapa strain ikan mas dengan warna putih dan merah.

Kemudian hasil persilangan dari ikan tersebut dikenal dengan nama ikan koi. Hingga saat ini persilangan ikan terus dilakukan dan hasilnya pun dapat kita jumpai dengan bertambahnya variasi yang begitu menarik.

Ikan hias jenis koi sangat cocok di pelihara dalam kolam yang cukup luas karena saat masih muda ekornya tidak begitu lebar kemudian setelah dewasa ekorna akan semakin melebar dan besar.

Selain itu warna dari ikan koi yang beraneka warna akan nampak lebih indah ketika dilihat dari atas kolam serta kebutuhan ikan akan banyak ruang untuk bergerak.

Serunya lagi ketika kita melihat ikan tersebut pas lagi lapar-laparnya. Saat kita memberikan makan, dalam hitungan detik ikan hias jenis koi ini akan datang dengan berbondong-bondong menyerbu makanan tersebut.

8. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Oscar

Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium Oscar Besar
pinterest.com

Ikan hias jenis oskar merupakan jenis ikan yang banyak digemari oleh pecinta ikan hias dalam maupun luar negeri. Oscar memilki bentuk tubuh lebar layaknya ikan gurame atau nila yang sering kita jadikan sebagai lauk.

Namun ada hal yang membedakan antara kedua ikan tersebut, yakni warna pada ikan hias jenis oscar lebih bervariasi serta kombinasi warna-warnanya terlihat jauh lebih indah dari ikan gurame serta pada sisik ikan oscar terdapat seperti ada batik yang menghiasi tubuhnnya.

Selain itu ada juga ikan hias oscar albino atau putih pucat dengan gariss totol orange ataupun berwarna polos.

9. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Neon Tetra (Paracheirodon Innesi)

Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium neon tetra warna biru merah cantik
youtube.com

Ikan hias neon tetra berwarna biru terang pada bagian punggung dan putih perak pada bagian abdomen membuat semakin menarik. Neon Tetra memiliki beberapa keluarga diantaranya neon tetra albino, black neon neon blue eyes dan noen api. Dari semua keluarganya, neon tetra merupakan yang paling populer dan tingginya harganya.

Bahkan saat noen tetra mengalami kenaikan popularitas para pembudidaya mengaku kewalahan untuk memenuhi permintaan ekspor yang tinggi. Permintaan ekspor untuk neon tetra perbulan bisa mencapai 2 juta ekor. Akan tetapi para pembudidaya hanya mampu mengirim 1 juta ekor.

Ikan hias jenis neon tetra berasal dari Amerika Latin, lebih tepatnya di Sungai Amazon. Sekilas ikan hias ini mempunyai warna merah yang menonjol pada bagian belakang. Pada bagian tubuh atas dan bawah bagian depan, berwarna biru kehijau-hijauan.

Neon Tetra lebih sering di pelihara secara berkelompok karena warna tubuhnya akan semakin nampak jelas dan menarik ketika sedang berkelompok.

10. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Komet

Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium cantik komet warna orange
pinterest.com

Ikan hias komet memiliki nama latin Carrassius Auratus adalah ikan hias yang memiliki banyak penggemar di Indonesia. Tak heran karena komet mempunyai tubuh yang ramping dengan warna putih perak mengkilap dan merah menyala. Juga pada ekor panjangnya yang terus melambai-lambai ketika berenang semakin membuat penggemarnya kepayang.

Ikan hias yang masih satu keluarga dengan ikan mas ini berasal dari Jepang. Sekitar tahun 1970-an ikan hias jenis komet ini baru masuk di Indonesia.

Ikan hias jenis komet ketika masih muda bentuk ekornya tidak terlalu lebar. Seiiring pertumbuhannya, ketika dewasa memilki ekor lebar dan membuat komet telihat gemulai.

Untuk memelihara ikan hias jenis kmoet ini tidak sulit karena komet tidak rewel. Di daerah pedesaan, ikan hias jenis komet hanya di budidaya dalam empang tanpa perlakuan khusus. Makanannya cukup dedak (dari hasil selep padi) yang di taburkan sekali setiap harinya.

11. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Manfish

Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium Ikan indah dan menarik manfish
akuariumhias-dot-blogspot.com

Ikan Manfish termasuk dalam keluarga Chiclidae. Sebutan lain dari manfish ini ialah angle fish karena warna elegan dan betuknya yang menarik. Manfish merupakan ikan yang membuat perlindungan dan melindungi keturunannya.

Untuk menjadikan manfish sebagai induk ikan harus menunggunya setelah berumur 7 bulan dengan panjang kira-kira 7,5 cm. Agar hasil budidaya maksimal, induk harus di pelihara dengan baik.

Caranya dengan memberinya makan jentik nyamuk, cacing tubifex atau chironomous. Tidak hanya itu, lemahnya induk terhadap serangan penyakit membuatnya harus di berikan obat Oxytetracycline dan garam secara periodik.

12. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan  Bala Bala (Hiu Bala)

Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium Ikan Bala-bala-hiu bala
wikimedia.org

Ikan hias jenis bala-bala ini merupakan ikan yang berukuran tubuh kecil namun memilki bentuk layaknya sang predator laut. Bala-bala mempunyai sisik berwarna metalik serta sirip yang kontras dengan warna hitam dan putih.

Ikan hiu bala ialah spesies ikan dari famili cyprinidae yang merupakan salah satu dari spesies genus balantiocheilos. Di khawatirkan populasi dari ikan hisa jenis bala-bala ini akan punah karena populasinya yang kian menurun akibat banyak orang yag telah memperjual-belikannya.

Di Indonesia habitat ikan hiu bala banyak dijumpai di Semenanjung Malaya, Sumatra, Kalimantan. Bala-bala memiliki panjang tubuh maksimal sekitar 35 cm.

13. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Lemon

Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium ikan lemon warna yang indah
spacetouristmarv-deviantart.com

Sesuai dengan namanya, ikan hias jenis lemon ini memilki warna tubuh yang dominan dengan warna seperti buah jeruk lemon masak. Untuk ikan lemon yang sudah dewasa, bagian ujung sirip atas akan terlihat warna hitam.

Di sarankan pemeliharaan ikan hias jenis lemon ini tidak di gabung dengan ikan jenis lainnya karena ikan lemon inni termasuk ikan yang agrseif.

14. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Black Ghost/Black Phantom

Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium Ikan black ghost
fishtanksandponds.co.uk

Ikan hias jenis black ghost ini memilki nama latin yaitu Apterontus Albifrons. Berasal dari Sungai Amazon dan Surinam, Black Phantom mempunyai banyak sebutan. Diantaranya black ghost karena sepintas ika hias ini nampak seperti hantu apalagi bentuk tubunhnya yang bergelambir membuatnya semakin cocok menyandang nama black ghost.

Ada juga nama lainnya yaitu Ikan Penari Balet. Di sebut penari balet karena gerakannya yang maju mundur dan jungkir balik dengan sangat lenturnya.

Hal ini karena dukungan dari bentuk tubuh yang menggelambir dan lentur sehingga dapat melakukan manuver yang tidak dapat dilakukan oleh ikan hias jenis lainnya.

Untuk pemberian pakan dari black phantom cukup 2 kali dalam sehari pada waktu pagi dan petang. Pakannya juga tidak terlalu sulit karena black phantom menukai pakan seperti jentik nyamuk, pelet dan cacing kering.

Untuk aksesoris akuariumnya kita dapat menggunakan warna gelap atau hitam seperti akar bakau batu-batuan yang berwarna hitam.

15. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Gurame Padang

Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium ikan gurame putih
pertanianku.com

Namanya seperti ikan yang biasa kita konsumsi sebagai lauk namun ikan hias jenis gurame padang memilki warna putih dan kepala yang lancip seperti ikan sepat.

Setelah dewasa warna pada gurame padang ini akan berubah menjadi kuning pucat yang membuat tujuan dari memeliharanya tidak lain hanya sebagai ikan hias. Keunikan dari gurame padang adalah pada saat dewasa jidat serta dagu mereka akan menonjol.

16. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Silver Dollar

Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium Ikan indah mirip dollar
fishtanksandponds.-co.uk

Ikan yang nampak dengan piranha kecil ini merupakan jenis ikan hias yang mempunyai nilai jual cukup tinggi. Banyak yang memelihara ikan hias jenis silver dollar sebagai komuditi bisnis.

Sesuai dengan namanya, silver dollar memiliki bentuk tubuh layaknya koin yang berwarna silver dan ukurannya bisa mencapai 15 cm.

Habitat asli silver dollar berasal dari Sungai Amazon. Namun pakan ikan hias ini tergolong mudah karena termasuk dalam ikan herbivora. Sehingga bagi kita pecinta ikan hias hanya perlu menyiapkan dedaunan seperti selada.

Yang paling penting jangan lupa untuk mengatur temperatur air menjadi 26-30 derajat celcius karena temperatur tersebut merupakan tempertaur ideal silver dollar untuk bertahan hidup.

17. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Corydoras

 Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium Rumah Ikan Corydas Lurik
ca.wikipedia.org

Ikan hias corydoras sering disebut ikan tikus karena cara dari ikan corydoras berenang memang terlihat seperti tikus yang sedang berlari. Suhu idela untuk corydoran dapat bertahan hidup adalah pada 24-28 derajat celcius.

Corydoras akan sangat senang apabila akuarium yang atau kolam yang kita gunakan untuk memeliharanya mirip seperti habitat aslinya yaitu Sungai Amazon.

Untuk itu kita dapat membuat desain akuarium kita selayaknya Sungai Amazon agar corydoras senang berada pada tempat barunya. Ketika berada di dalam akuarium corydoras sering berada di dasar apalagi kalau akuarium kita berpasir.

Corydoras akan memakan sisa makanan dan kotoran mereka yang berada di dasar akuarium.

18. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Rainbow

 Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium ikan warna pelangi rainbows
tropical-fish-keeping.com

Ikan hias jenis rainbow mempunyai 53 spesies yang telah tersebar di kawasan Australia, Papua dan Sulawesi. Spesies dari rainbow merupakan ikan endemik di kawasan dan memilki ukuran panjang sekitar 7-9 cm.

Rainbow fish ini termasuk dalam famili Melanotaeniidae karena sering dijumpai berbentuk pipih dan memiliki sirip yang mengkilap.

Namun ada beberapa dari jenisnya lebih pendek dan membulat atau membesar pada bagian perut layaknya Rainbow Ballon yang populer di pasaran.

19. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Mickey Mouse

 Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan lucu mickey mouse
kavil.in

Ikan hias jenis mickey mouse termasuk dalam famili ikan platty. Dari sekian banyak jenis dalam famili ikan platty mickey mouse merupakan yang paling populer. Tidak tau pasti sebabnya disebut dengan mickey mouse, namun ada sebagian orang yang menganggapnya bentuk tubunya mirip dengan mickey mouse.

Ikan hiass jenis mickey mouse termasuk ikan yang agresif. Jadi dalam pemeliharannya di akuarium lebih baik di pisah dengan ikan hias lainnya. Untuk menghindari supaya tidak saling memakan satu sama lain.

20. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Botia

 Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium ikan botia indah botia cantik
seriouslyfish-com

Ikan hias jenis botia merupakan ikan hias yang banyak di senangi oleh pecinta ikan hias di Indonesia maupun mancanegara.Habitat asli dari botia berasal dari sungai yang memilki aliran arus deras.

Sehingga untuk kita yang ingin memeliharanya disarankan untuk membuat arus buatan pada akuarium atau kolam yang kita gunakan. Selain itu kita juga harus memastikan suhu air pada temperatur 24-26 derajat celcius.

Karena pada suhu tersebut merupakan suhu ideal untuk ikan botia bertahan hidup. Ikan hias botia memiliki panjang mencapai 30-40 cm dan mereka lebih menyukai dengan cara hidup yang bekelompok. Sehingga untuk memeliharanya kita harus membeli minimal 4-6 ekor serta menyiapkan akuarium yang berukuran sedang atau lebih besar.

21. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Niassa

 Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium Ikan niassa Indah
okdogi.com

Ikan hias jenis niassa berasal dari salah satu danau yang terletak di Afrika. Niassa merupakan jenis ikan hias karnivora karena mereka memakan daging. Ikan hias karnivora ini dapat bertahan hidup pada temperatur suhu ideal sekitar 25-30 derajat celcius.

Pakan yang di sukai oleh ikan niassa ini seperti cacaing tanah, cacing rambut dan kutu air. Ikan hias niassa akan dapat bertahan hidup lama apabila kita dapat menjaganya dengan membuat temperatur airnya tetap dalam keadaan idela dan melakukan perawatan yang instensif.

22. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Red Phantom Tetra

 Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium Ikan red phantom tetra Ganas
elfchild85-deviantart.com

Ikan hias red phantom tetra merupakan spesies dari tetra yang lingkungan hidupnya di kawasan aliran air Sungai Orinoco Amerika Selatan. Red phantom tetra memiliki titik hitam bundar pada bagian belakang insang dan sinyal hitam pada sirip atas yang berbatasan dengan warna putih halus.

Ikan hias red phantom tetra merupakan jenis hewan karnivora karena menyukai makanan dari hewan seperti cacing, krustasea dan serangga kecil.

Spesies dari red phantom tetra dapat meletakkan sampai 400 telur yang bisa menetas dalam satu hari. Red phantom tetra mempunyai tingkah laku yang mirip dengan hyphesobrycon megalopterus.

23. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Paradise fish

 Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium Ikan paradise indah
keeping.com

Paradise fish memiliki nama latin yaitu Macropodus opercularis merupakan ikan hias jenis air tawar yang berasal dari Cina. Mempunyai bentuk ydan warna yang menarik yakni ada garis warna merah dan biru berselang-seling pada tubuhnya.

Siripnya di punggung panjang dan berwarna biru. Sedangkan sirip yang berada di perut berpangkal biru dan warna merah pada ujungnya. Untuk saat ini, ikan hias memiliki panjang mencapai 7,5 cm ini telah banyak berkembang dengan berbagai warna diantaranya biru, cokelat dan albino.

Ikan Paradise termasuk dalam kategori ikan yang agresif, karena saling menyerang satu sama lain dan berpotensi memakan ikan-ikan kecil. Di habitat liar, paradise fish adalah predator yang makan serangga, ikan kecil dan invertebrata.

Lawan yang sebanding dengan paradise fish ini adalah bala-bala atau hiu bala. Jadi jangan kita memelihara dua predator ikan hias ini dalam satu  akuarium, karena bisa berkibat fatal.

Paradise fish termasuk salah satu dari spesies yang mengubah warnanya saat menghadapi rangsangan (dari terang ke lebih gelap). Sangat di sayangkan popularitasnya sudah banyak yang berkurang dalam beberapa tahun terakhir.

24. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Endlers Livebearer

Jenis ikan-hias air tawar langka -endlers-livebearer
anekatop10.com

Apabila kita mencari ikan hias air tawar jenis Endlers Livebearer di toko-toko ikan hias maupun penangkaran ikan, endlers livebearer termasuk ikan langka. Karena ikan ini biasnya hanya ditemukan pada toko ikan hias khusus penggemar endlers.

Penampilan dari endlers tidak jauh berberda dengan ikan guppy liar. Warna yang menghiasi tubuh mereka ialah neon dengan gradasi warna orange, kuning, hitam, hijau juga baby blue.

Dengan ukuran tubuhnya yang kecil dan kepribadian yang ramah endlers livebearer mudah beradaptasi dengan kondisi akuarium.

25. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Clown Kill Fish

 Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium Ikan clown kill fish Indah
akuariumhias-blogspot.com

Ikan hias jenis clown kill fish dikenal dengan banyak sebutan diantaranya  clown panchax dan rocket killfish serta mempunyai nama latin pula yaitu pseudepiplatys annulatus. Berasal dari daerah liberia dan Guinea atau Afrika Barat. Ikan Hias clown killfish mempunyai warna yang menarik dengan strip kuning dan hitamnya yang vertikal.

Untuk warna pada punggung dan sirip analnya sama dengan warna pada tubuhnya. Bagian yang istemewa adalah pada ekornya yang berwarna biru dengan strip merah seperti api roket.

Ukuran panjang dari clown killfish sekitar 4 cm dengan lingkungan hidup berada pada suhu 23-25 derajat celcius. Clown killfish termasuk dalam golongan omnivora karena terima bermacam makanan seperti daphnia, bloodworm, makanan pellet dan lainnnya.

#26. Ikan Hias Jenis Siamese Algae Eater

ikan hias air tawar siamese algae cantik
aquariumfish.net

Ikan hias SAE (Siamese Algae Eater) merupakan pemakan algae yang cukup efektif. Mereka juga memakan alga benang dan black brush algae (algae sikat) yang banyak diabaikan oleh ikan pemakan algae lain. Selain itu SAE juga memakan planaria atau cacing pipih yang dapat menjadi gangguan dalam ukuarium.

SAE merupakan ikan hias yang mudah dipelihara dan diberi makan namun termasuk ikan yang sangat kuat. Apabila algae sudah habis, dapat diberi makanan ikan lain seperti flake, makanan hidup, pelet dan sayuran.

Berbeda dengan CAE (Chinese Algae Eater), SAE dapat memakan lebih banyak alga daripada CAE. Ketika CAE tumbuh menjadi besar CAE akan berhenti memakan algae.

Dalam membersihkan algae terhadap tanaman, SAE dapat dibilang cukup baik. Ketika kehabisan makanan atau sedang kelaparan SAE akan memakan moss hingga botak untuk dijadikan cemilan. Selai itu SAE juga memiliki kemampuan melompat yang bagus.

#27. Ikan Hias Jenis Red Finned Shark

ikan hias air tawar red-finned-shark predator

aquaticmag.com

Ikan hias jenis Red Finned Shark atau nama latinnya Ephalzaerhynchus frenatus adalah ikan dasar yang memiliki habitat asal di Sungai Mekong, Thailand. Ikan hias yang indah dengan warna cokelat hitam atau putih albino pada tubuhnya ini termasuk pemakan omnivora. Selain itu sirip-sirip merah terangnya membuatnya lebih indah dan menarik.

Red finned shark ini dapat bertahan hidup pada suhu ideal pemeliharaan antara 26-28 derajat celcius. Apabila kita memeliharanya di dalam akuarium, biasanya dinding-dinding akuarium akan bersih dari lumut. Hal ini karena pada habitat aslinya red finned shark suka memakan lumut.

Sifat dari red finned shark ini adalah pemalu dan suka bersembunyi pada siang hari sehingga lebih sering keluar pada malam hari untuk mencari makanan.

#28. Ikan Hias Jenis Flying Fox

Ikan hias air tawar flying fox mantap
Gambar via: thinkfish.co.uk

Ikan hias jenis adalah ikan hias air tawar yang cukup populer di lingkungan pecinta ikan hias. Ikan hias dari famili Cyprinidea ini banyak dijumpai di Asia Tenggara terlebih di daerah Indonesia seperti Kalimantan, Sumatra maupun Jawa. Pada semananjung Malysia dan Thailand bagian selatan juga ada namun tidak sebanyak yang ada di negara kita.

Sampai saat ini flyng fox masih dapat ditemukan bebas pada perairan Kalimantan Selatan lebih tepatnya di Banjarmasin. Selain Banjarmasin terdapat juga di Sungai Barito serta Khajan, Kalimantan Selatan.

Untuk di Sumatra flyng fox dapat dijumpai di Sungai Indagiri, Batanghari serta Musi di kota Palembang. Mereka hidup pada perairan air yang berarus deras dengan dasaran bebatuan serta pasir. Namun bisa juga juga dijumpai pada area yang tergenang air di hutan-hutan ketika musim hujan.

#29. Ikan Hias Jenis Fantail Guppy

ikan hias air tawar jenis fantail-guppy ekor kipas
anekatop10.com

Fantail Guppy merupakan ikan hias air tawar yang harganya relatif murah namun memiliki bentuk yang lucu serta warna yang indah. Pola dan warna dari fantail guppy ini beraneka macam. Ekor daripada fantail guppy yang mirip dengan kipas ini akan terlihat indah dan menarik ketika digunakan untuk berenang. Gerakan ekornya yang khas ini akan membuat siapa saja yang melihat tertarik kepadanya.

Selain itu penampilannya yang anggun juga menjadi  alasan utama para pecinta ikas hias memeliharanya di dalam akuarium.

Spesies dari guppy ini mempunyai kombinasi warna lebih dari 20. Namun dari banyaknya kombinasi warna tersebut, yang paling umum dan sering kita jumpai adalah warna biru, kuning, merah dan ungu.

#30. Ikan Hias Jenis Zebra Danio

ikan hias air tawar zebra_danio indah
thefishdoctor.co.uk

Pada awalnya zebra daino diyakini berasal dari Myanmar bagian timur dan Pakistan bagian barat. Namun seiring berjalannya waktu keyakianan itu berubah dan sekarang spesies zebra daino di yakini berasal dari India dan Bangladesh.

Perubahan dalam distribusi ini disebabkan karena identifikasi pernah dilakukan pada spesies yang sama dan diidentifikasi sebagai danio rerio. Selain itu akibat dari pengurangan wilayah yang di huni juga berpengaruh.

Untuk saat ini, zebra danio sering di kita jumpai pada penangkaran ikan karena zebr danio ini  mudah di pelihara serta harganya yang murah. Hal ini juga pengaruh dari peternakan komersial yang telah menyediakan pasokan cukup besar bahkan tidak terbatas untuk spesies ini.

#31. Ikan Hias Jenis Tinfoil Barb

ikan hias tinfoil barb indah dan cantik
seriouslyfish.com

Dari sekian banyak sekian jenis ikan hais yang telah dipaparkan diatas tinfoil barb memiliki sebutan yang paling banyak. Diantaranya tengadak, kapiat atau lempam sedangkan untuk nama latinnya adalah Barbonymus schwanenfeldii.

Tinfoil barb merupakan ikan hias jenis air tawar yang masuk dalam famili cyprinidae atau masih kerabat dengan ikan mas. Tengadak banyak dijumpai di daratan Asia Tenggara khususnya di daerah Indonesia bagian barat.

Bahkan tinfoil barb disetiap daerah Indonesia memiliki nama-nama lokal sendiri. Seperti di nama tengadak, tengadak merah berasal dari Kalimantan; kepiat, kapiat, kapiek, kepiyek dari Jambi; lampan dari Lampung.

#32. Ikan Hias Jenis Spanner Barb

ikan hias air tawar super spanner-babr
fishtanksandponds-co-uk

Di Indonesia ikan hias jenis spanner barb dikenal dengan sebutan dokun atau kapiu atau yang lebih umum lagi adalah ikan wader atau seluang. Kalau untuk nama latinnya sendiri adalah Barbodes lateristriga.

Spanner barb merupakan semacam ikan kecil warga dari suku cyprinidae masih satu keturunan dari famili cyprininae. Ikan hias ini sering kita jumpai di dataran Indonesia khususnya daerah Sunda dan Jawa.

Pada tahun 1842 ikan hias sanner barb di deskripsikan sebagai Barbus lateristriga oleh Achille Valenciennes kemudian dari beberapa ahli yang lain dipindah menjadi barbodes lateristriga atau systomus lateristriga. Termasuk dalam kategori ikan hias yang sering dipelihara di dalam akuarium.

#33. Ikan Hias Jenis Rosy Barb

ikan hias air tawar lucu rosy_barbs
en.wikipedia.org

Ikan hias jenis rosy barb memiliki warna tubuh yang dominan merah muda dan panjang tubuh mencapai 14 cm. Selama periode masa kawin warna tubuh dari rosy barb akan lebih berani.

Untuk jenis jantan akan memiliki warna merah muda cerah sedangkan untuk jenis betinanya agak sedikit lebih gemuk dari biasanya. Sang betina juga tidak memiliki warna hitam pada sirip layaknya sang jantan.

#34. Ikan Hias Jenis Denison’s Barb

ikan hias air tawar cantik dennisons-barb
bushwarriors-org

Ikan hias jenis denison’s barb atau sahyadria denisonii juga terkenal dengan nama hiu roseline atau garis merah torpedo barb adalah golongan dari spesies cyprinid endemik. Denison’s barb memiliki habitat asal sungai bukit dengan arus deras di wilayah sungai Ghats Barat India.

Karakter fisik dari denison’s barb adalah tanda seperti torpedo dengan garis merah berjalan, sisik perak dan moncong yang mereka miliki. Garis merah ini melalui mata dan kembali ke tengah tubuh.

Ada juga garis hitam yang membentang dari dari ekor sampai moncong mereka. Denison’s memiliki panjang tubuh mencapai 15 cm. Namuan untuk saat ini yang sering di jumpai hanya berkisar antara 9 sampai 11 cm.

#35. Ikan Hias Jenis Gourami

ikan hias konsumsi air tawar gourame
anekatop10.com

Ikan Hias Gourami merupakan ikan gurami yang biasanya kita konsumsi sebagai lauk untuk makan. Siapa sangka ternyata dari ikan gurami ini  mempunyai banyak spesies yang oleh para pengemar ikan hias di masukkan sebagai jenis ikan hias air tawar. Gourami ini mempunyai habitat asal dari Asia, Pakistan, Korea dan India.

Diantaranya beberapa spesies dari gourami ini yang mempunyai banyak warna adalah blue gouramis, red fire dwarf dan banded gouramis. Mereka termasuk golongan ikan hias yang aktif dan mudah untuk dipelihara. Warna umum yang sering kita jumpai untuk spesies ikan hias gourami seperti emas, neon, biru dan jingga.

#36. Ikan Hias Jenis Gold Barb

ikan hias air tawar warna emas neon gold
aquariumtidings.com

#37. Ikan Hias Jenis Red Eye Tetra

ikan hias -red-eye-tetra mata merah
meethepet.com

#38. Ikan Hias Jenis Arulius Barb

ikan hais air tawar arulius barb mirip ikan koi
petfishbreeds.com

#39. Ikan Hias Jenis Peacock Bass

 

ikan hias air tawar besar mantap peacock-bass
youtube.com

Ikan hias jenis Peacock Bass atau biasa disebut Pbas adalah salah satu  dari kelompok ikan hias predator yang banyak memilki penggemar. Ikan hias yang berasal dari wilayah perairan Benua Amerika ini merupakan salah satu anggota yang memiliki tubuh terbesar dari famili chiclidae.

Sebenarnya peacock sendiri mempunyai banyak spesies namun yang biasa ditemui adalah monoculus, occelaris dan orinoco. Meskipun ikan hias pbass terlihat garang, warna hijau keemasan pada tubuhnya tetap membuatnya cantik dan penggemar jatuh hati.

Selain itu, ikan hias pbass juga mampu melakukan gerakan yang sangat cepat untuk menerkan mangsanya. Ikan hias pbass ini juga termasuk ikan yang rakus. Ukuran panjang maskimal dari predator asal Benua Afrika ini ialah 75 cm.

#40. Ikan Hias Jenis Convict Cichlid

ikan hias air tawar convict-cichlid
ratemyfishtank.com

#41. Ikan Hias Jenis Blue Ram

ikan-hias air tawar-german-blue-ram bintik kunig hijau
cartertropicals.com

German Blue Ram merupakan ikan hias genus dari cichlids yang berukuran kecil dengan pembawaan yang tenang serta penuh warna. Warna yang mendominan pada tubuhnya ialah kuning dan hijau. Pada siripnya terdapat bintik-bintik kecil berwarna biru.

Pada tubuh german blue ram terdapat tujuh garis vertikal dengan warna gelap dan sebuah garis yang membentang di kepala melalui mata dengan jelas.

Pada bagian tubuh seperti deket mata, perut,bagian atas dan bawah dari sirip punggung serta ekor terdapat corak warna bercak merah. Untuk warna sirip punggung yang mendominan adalah warna biru sedangkan siripnya sendiri berwarna merah dan biru.

#42. Ikan Hias Jenis Flameback

ikan hias air tawar -flameback-cichlid
keyword-suggestions.com

#43. Ikan Hias Jenis Julie Cichlid

ian hias air tawar julie cichlid
wetwebmedia.com

#44. Ikan Hias Jenis Flagtail Characin

ikan hias air tawar lucu flagtail-characin
tier-fotos.eu

Flagatail memiliki sisik yang lebar dan warna perak pada tubuhnya. Kemudian pada bagian sirip dan ekor berwara orange kemerahan. Namun pada ekor, sirip anal dan sirip punggung terdapat garis-garis horizontal berwarna hitam. Untuk warna pada insan dan kepala adalah merah tersamar.

Ikan hias air tawar Flagtail atau lebih sering dikenal dengan sebutan silver prochilodus banyak dijumpai pada kawasan sedang Sungai Amazon Brazil lebith tepatnya di danau, anak sungai dan sungai rimba hujan.

#45. Ikan Hias Jenis Marbled Headstander

ikan hias air tawar blirik marbled-headstander
calphotos.barkeley.edu

#46. Ikan Hias Jenis Marbled Hatchetfish

ikan hias air tawar mengkilap marbled-hatchetfish
aquariumlife.com.au

Ikan jenis Marbled Hatchetfih atau dalam bahasa ilmiahnya Carnegiella Strigata merupakan salah satu ikan hias air tawar yang tersebar luas di kawasan Sungai Amazon. Persebaran ini juga meliputi Bolivia, Brazil, Kolombia, Peru dan Sungai Rio Orinoco Venezuela. Ada kemungkinan di kawasan Guyana dan Suriname terdapat juga persebarannya.

Dengan ukuran panjangnya yang 3 cm, ketika sedang terancam predator Marbled Hatchetfish mampu melompat keluar air dengan mengandalkan otot sirip pektoralnya. Namun dari hasil penelitian yang ada, Marbled Hatchetfish hanya mampu melompat keluar air satu sampai dua kali. Karena dalam sekali lompat dapat menguras sebagian besar tenaganya.

#47. Ikan Hias Jenis Panaque

ikan hias air tawar panaque
tropical-fish-keeping.com

Para pecinta ikan hias air tawar tentunya sudah tidak asing lagi dengan ikan yang satu ini. Di Indonesia ikan Panaque dikenal dengan istilah ikan sapu-sapu ata pleco. Disebut ikan sapu-sapu karena makanan dari ikan panaque ini berupa algae yang menempel pada kaca akuarium.

Ikan hias yang berasal dari kawasan Amerika tropis ini termasuk dari keluarga lorocariidae. Namun tidak semua keturunan dari loricariidae adalah ikan sapu-sapu.

Dalam perdagangan ikan hias internasional panaque dikenal dengan plecostomus atau nama pendeknya plecs dan plecos. Analogi yang sama juga digunakan oleh penggemar ikan hias di Indonesia hanya saja berbeda alat yaitu sapu. Sedangkan untuk Malaysia menyebutnya dengan ikan bandaranya.

#48. Ikan Hias Jenis Polka Dot Synonym

ikan-hias-air tawar polka-dot-syno
pinterest.com

#49. Ikan Hias Jenis Black Skirt Tetra

ikan hias air tawar black-skirt-tetra
en.aqua-fish.net

Ikan hias jenis Black Skirt Tetra merupakan ikan hias yang  biasa di pelihara dalam akuarium. Ciri khas dari black skirt tetra ini terdapat pada tubuhnya yang berwarna perak (kombinasi warna abu-abu dan silver serta hitam). Disamping itu bentuk tubuhnya mirip dengan jenis discus membuat para penggemar ikan hias menyukainya.

Dengan panjang tubuh yang dapat mencapai 6 cm, black skirt tetra termasuk ikan hias yang memiliki daya tahan tubuh kuat dibanding dengan sesama spesiesnya sehingga bagi pemula ikan hias air tawar dapat mencoba untuk memeliharanya.

Perlu menjadi bahan perhatian juga kalau dalam pemeliharaannya, black skirt tetra jangan dicampur dengan ikan yang lebih kecil darinya karena terkadang ia usil kepada dan bersikap menguasai kawasan. Kalaupun harus mencampur dengan yang lain, usahakan dengan ikan yang seukurang dengan black skirt tetra juga.

#50. Ikan Hias Jenis Striped Raphael Catfish

ikan-hias air tawar-striped-raphael
gobius.deviantart.com

Ikan hias air tawar jenis Striped Raphael Catfish atau sering juga disebut Chocolate Catfish merupakan keturunan dari famili jenis lele. Sebenarnya ada banyak sebutan lain untuk lele, diantaranya chocolate catfish, talking catfish atau chocolate doradid.

Striped Raphael Catfish masuk kategori ikan hias karena mempunyai temperamen yang menyenangkan dan sifat ingin tahu yang lebih. chocolate catfish ini sering berada di kawasan Sungai Amazon, Parnaiba, Tocantins, Orinoco, Sungai Guyana di Perancis, Essequibo di Brazil dan Suriname.

#51. Ikan Hias Jenis Aligator Gar (Spatula) atau Ikan Buaya

ikan buaya spatula
artbox-design-blogspot.com

Sebutan lain untuk ikan buaya yaitu Spatula atau bisa juga Aligator Gar dan nama latinnya adalah Atractosteus. Ikan buaya merupakan salah satu ikan primitif yang keberadaannya masih dapat kita jumpai sampai saat ini. Betuk kepalanya yang mirip dengan buaya menunjukkan bahwa ikan ia termasuk jenis predator.

Yang paling menonjol terdapat pada moncong yang pendek, besar dan kokoh serta rahang atas yang ditumbuhi gigi-gigi besar berbaris ganda. Di samping itu juga warna tubuh aslinya  yang hitam. Namun kalau di pasaran kita akan menjumpai warna tubuhnya kecokelatan (mungkin hasil persilangan).

 

  • Pingback: Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Aquascape | masbidin.net()

  • Info Seputar Ikan

    Wah..ternayat ada yang lebih sempurna dan banyak..makasih gan sharingnya..salam berbagi

    • masbidin

      sama sama Gan,

  • Gung Adit

    Min, Saya mau nanya nih. Saya kan pernah melihara ikan black ghost, Malamnya saya lihat dia kayak tiduran di dasar akuarium terus besok paginya hilang. Ada penjelasan nggak??

    • masbidin

      belum pernah dapet kasus begini mas Adit, untuk ukuran aquariumnya besar atau kecil (kemungkinan ikan lompat) bisa atau engga?