ragam budaya

Manfaat Keberagaman Budaya yang Ada di Indonesia

Manfaat Keberagaman Budaya – Budaya merupakan hasil pemikiran dari sebuah masyarakat yang di implementasikan menjadi suatu kebiasaan, berlangsung lama hingga sukar untuk diubah. Contohnya suku, adat istiadat, bahasa, alat musik, kesenian dan masih banyak lagi.

Sedangkan Keberagaman budaya atau yang biasa disebut sebagai cultural diversity ialah suatu kebiasaan hidup atau budaya yang ada pada  masyarakat dimana  kebiasaan hidup ini berbeda-beda dengan jumlah yang banyak.

Latar Belakang Terjadinya Keberagaman Budaya yang ada di Indonesia

Manfaat Keberagaman Budaya: Luas Wilayah Indonesia
bookofhuman.blogspot.com

Kondisi geografis Indonesia yang terkenal sebagai negara yang luas serta memiliki ribuan pulau merupakan salah satu dasar munculnya ragam budaya yang ada di  negara maritim ini. Kemudian dengan adanya perbedaan tempat tinggal dan kondisi cuaca yang berbeda pula akan sangat berpengaruh terhadap pola pikir masyarakat itu sendiri.

Misalnya saja kebutuhan maupun kebiasaan orang yang hidup di pegunungan pasti berbeda dengan kehidupan masyarakat yang ada di tepi laut. Juga masyarakat yang berada di pedesaan pasti memiliki cara hidup yang berbeda dengan masyarkat perkotaan.

Dari dua contoh perbedaan hidup di atas saja sudah dapat dipastikan hasil budaya atau adat istiadat yang dihasilakan berbeda. Apalagi untuk 200 juta manusia yang hidup di wilayah Indonesia yang sangat luas ini. Sehingga munculnya keberagaman budaya yang ada di Indonesia tidak dapat di elakkan lagi.

Keberagaman Budaya yang Ada di Indonesia

Dari keberagaman budaya yang dimiliki oleh negara kita tercinta ini, disini masbidin.net akan memberikan beberapa contoh budaya yang ada antara lain:

1. Keberagaman Budaya Jawa

Di daerah yang memiliki luas 128,297 km², Pulau Jawa pastinya juga memiliki budaya yang beraneka ragam. Apalagi dengan jumlah penduduknya yang mencapai 141 juta (2012: sumber Wikipedia) memiliki keaneka ragaman budaya sudah menjadi maklum bagi masyarkat Jawa. Contoh kebudayaannya ialah:

a. Kebudayaan yang berasal dari Bromo. Nama kebudayaan yang biasa dilakukan oleh masyarakat Bromo ini adalah Kasada. Ritual ini berlangsung di bulan Kasada pada hari ke 14. Menurut pendapat yang ada, dulu ada sepasang suami  istri yang belum dikaruniai seorang anak pun.

Manfaat Keberagaman Budaya: Budaya di Bromo Kasada
portalwisata.com

Hingga pada suatu saat mereka memutuskan untuk menyendiri atau bersemedi pada Sang Hyang Widhi. Dari tempat bersemedi itu kemudian terdengar suara ghaib yang mengiming-imingi janji akan memberikan anak kepadanya. Namun ada syarat yang harus dipenuhi oleh pasangan tersebut.

Tidak berfikir panjang pasangan tersebut hanya mengiyakan syarat yang diberikan yaitu mengorbankan anak bungsunya ke kawah Gunung Bromo. Bagaimanapun orang tua, meskipun telah di karuniai 25 anak naluri mereka tetap tidak tega mengorbankan anaknya meski hanya anak bungsu.

Hingga Sang Hyang Widhi murka akan penghianatan pasangan tersebut dengan mendatangkan malapetaka. Di tengah terjadinya malapetaka tersebut suara ghaib itu muncul kembali dengan perintahnya untuk memberikan sesajen untuknya di kawah Gunung Bromo pada hari ke 14 bulan Kasada.

Manfaat Keberagaman Budaya: Kebo-keboan Banyuwangi
gaedegambarist.blogspot.com

b.  Budaya Kebo-keboan merupakan sebuah upacara ritual yang menjadi kebudayaan masyarkat Banyuwangi tepatnya di Desa Aliyan dan Alasmalang. Ritual ini dilakukan dengan maksud untuk meminta hujan di tengah musim kemarau. Dilaksanakan pada awal bulan Syura sekitar tanggal 1-10.

Biasanya mereka memilih hari Minggu untuk melangsungkan upacaranya. Dilakukan dengan cara mendandani para pelakunya menjadi mirip layaknya seekor kerbau. Mereka (para pelaku) di ajak untuk membajak sawah seperti halnya kerbau sungguhan.

Namun bagi yang mau nonton harap berhati-hati yaa, karena mereka yang berperan jadi kerbau ini sering juga kesurupan dan bisa saja menyeruduk para penonton.

2. Keberagaman Budaya Sumba, Nusa Tenggara Timur

Manfaat Keberagaman Budaya: Pasola dari Sumba, Nusa Tenggara Timur
travel.kompas.com

Di Nusa Tenggara Timur ini ada sebuah budaya yang oleh masyarakatnya di beri nama Pasola. Artinya Pasola yaitu lembing kayu yang dipakai untuk melempar. Kata “pa” dari Pasola ini merupakan kata tambahan yang menjadikan maknanya melemparkan lembing kayu sambil memacu kuda.

Biasanya adat ini dilakukan setahun sekali pada bulan Februari. Hakikat adat ini seperti permainan perang-perangan sebagai bentuk kesediahan seorang suami atas kehilangan istrinya. Upacaranya dimulai dengan syukuran atas datangnya musim panen dan banyaknya cacing di pinggir pantai atau biasa disebut nyale.

Cacing ini kemudian dijadikan suatu tanda apabila cacing tersebut gemuk dan berwarna-warni maka akan dapat suatu kebaikan begitu juga sebaliknya. Proses Pasola akan dimulai dengan datangnya cacing-cacing tersebut. Beberapa pelaku akan berlaga seperti ksatria  dengan pacuan kudanya.

Kemudian melemparkan tombak yang telah dibawanya. Meskipun tombaknya sudah sengaja dibuat tumpul namun tetap saja sering makan korban. Darah dari korban tersebut dipercaya dapat meyuburkan tanah. Tradisi ini mungkin mirip seperti tradisi oleh Bangsa Romawi.

3.  Keberagaman Budaya Masyarakat Sumatra Barat

Manfaat Keberagaman Budaya: Tabuik Asal Minangkabau Sumatra Barat
flickr.com

Dari dua kebudayaan diatas budaya asal Sumatra Barat ini memiliki keunikan tersendiri. Masyarakat Minangkabau yang biasa menyelenggarakan tradisi ini menyebutnya Tabuik. Kata tabuik berasal dari Bahasa Arab yaitu “tabut” artinya peti kayu. Tujuan dilakukan tradisi ini untuk memperingati Asyura atas gugurnya cucu baginda Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wasalam Iman Husain.

Menurut cerita yang ada, tradisi ini sudah dilakoni dari tahun 1826-1828 berdasarkan muculnya wujud kuda seperti vegasus namun berkepala manusia. Kemudian pada tahun 1910 terjadi kesepakatan untuk menggabungkan Adat Tabuik dengan Adat Istiadat Minangkabau hingga seperti yang dapat kita saksikan saat ini. Tradisi ini dipercaya dapat membawa berkah tersendiri.

tabuik bromo
idfl.me

Tabuik dibuat dengan ukuran raksasa dengan memiliki arti pada setiap bagiannya. Bagian bawah Tabuik merupakan perwujudan urak, urak dan peti disimbolkan burak yang menjemput jenazah sayyidina Hussein bin Ali. Tabuhan gendang yang mengalun pun mempunyai maksut sebagai peristiwa yang menyebabkan sayyidina Hussein bin Ali meninggal.

Manfaat Keberagaman Budaya yang Ada di Indonesia

Manfaat Keberagaman Budaya: Berbagai Macam Kebudayaan yang Ada di Indonesia
dammar-asihan.blogspot.com

Dari penjelasan budaya, keberagaman budaya juga contoh-contoh ragam budaya yang ada di Indonesia, masbidin.net  dapat menyimpulkan beberapa manfaat dari ragam budaya yang ada. Antara lain:

a. Manfaat Keberagaman Budaya: Sebagai Identitas Bangsa kepada Dunia Internasional.

Adanya budaya yang beraneka ragam di Indonesia menjadikan ciri tersediri untuk bangsa. Dimana ragam budaya yang begitu banyak hanya ada di Indonsia. Dimana negara lain boleh juga memiliki budaya, mungkin hanya beberapa. Namun tidak seperti Indonesia yang memilikinya dengan beraneka ragam. Sehingga akan menjadikan ragam budaya ini sebagai ciri khusus di mata internasional.

b. Manfaat Keberagaman Budaya: Sebagai Ikon Pariwisata yang Menarik.

Biasanya kalau mendengar kata wisata, mungkin banyak diantara kita yang berasumsi adalah sebuah tempat yang indah. Dengan melestarikan budaya yang dimiliki setiap daerah di Indonesia akan dapat menjadikan tambahan wisata atau bahkan menjadi  ikon tersendiri sebagai pariwisata yang berbeda dengan negara lain. Sehingga akan mempunyai daya tarik sendiri bagi wisatawan mancanegara maupun lokal.

c. Manfaat Keberagaman Budaya: Sebagai Mata Pencarian Warga Setempat.

Ketika para warga dari setiap wilayah yang memiliki kebudayaan unik melestarikannya maka kebudayaannya akan tetap ada. Adanya kebudayaan yang masih bagus dapat mendatangkan wisatawan asing maupun domestik. Sehingga dapat dijadikan sebagai obyek wisata yang dikelola dengan baik. Dari obyek wisata itulah yang digunakan sebagai mata pencaharian.

d. Manfaat Keberagaman Budaya: Menambah Pendapatan Negara.

Dengan adanya ragam budaya yang dapat mendatangkan banyak wisatawan akan menambah pendapatan negara apabila dikelola dengan baik oleh pemerintah. Sehingga ragam budaya menjadi obyek wisata khusus bagi negara serta dapat menambah jumlah obyek wisata yang ada. Bisa dipastikan bertambahnya obyek wisata yang bagus dapat menambah pula pendapatan bangsa.

e. Manfaat Keberagaman Budaya: Menambah Sikap Toleransi.

Adanya perbedaan kebudayaan ini akan menambahkan sikap toleransi kita kepada sesama. Hal ini dapat kita rasakan sendiri ketika berinteraksi dengan orang yang memiliki perbedaan budaya dengan kita.  Misalnya dari cara mereka berbicara maupun menyampaikan sesuatu.

Ada kebiasaan di masyarakat tertentu yang memiliki nada bicara yang keras atau kasar. Disaat yang sama ada juga masyarakat seglongan masyarakat yang memilki nada bicara rendah atau halus. Nah ketika mereka bertemu dan saling berbicara pasti merasakan sesuatu yang  tidak biasa dan pastinya mereka akan menghargai hal tersebut. Nah disitulah letak sikap toleransi kita terhadap budaya lain akan bertambah.

f. Manfaat Keberagaman Budaya: Menambah Wawasan.

Apabila kita menyadari, dengan adanya keberagaman budaya di Indonesia wawasan kita secara tidak langsung akan bertambah. Hal ini dapat ditunjukkan saat kita pergi-pergi ke luar kota maupun lintas pulau. Kita akan bertemu dengan orang-orang yang memiliki banyak perbedaan dengan kita.

Dari cara berpakaian, bahasa yang digunakan, cara berbicara dan masih banyak lagi. Saat kita berinteraksi dengan mereka tentunya dengan spontan kita akan berusaha  untuk membuata mereka mengerti dengan apa kita maksut dan begitu pun sebaliknya. Nah dengan spontanitas inilah secara tidak langsung akan menambah wawasan kita.

Demikian hasil pengamatan dari masbidin.net yang dapat diuraikan tentang penjelasan, contoh-contoh serta manfaat dari keberagaman budaya yang ada di Indonesia. Semoga dapat bermanfaat, aamiin.

Assalamu ‘alaikum warahmatullah 🙂

Artikel Terkait:

2 thoughts on “Manfaat Keberagaman Budaya yang Ada di Indonesia

Silahkan berkomentar dengan santun