berbagai jenis pakan sapi untuk penggemukan

Jenis Pakan Ternak Sapi dan Cara Pemberiannya Agar Sapi Cepat Gemuk

Pakan Ternak Sapi – Memiliki usaha ternak penggemukan sapi merupakan bisnis yang menggiurkan, karena peternakan memiliki prospek yang bagus apalagi ternak sapi modern atau limosin. Di samping kegiatan yang dilakukan tidak membosankan, keuntungan yang diperoleh bisa di dapat dari penjualan per ekor.

Namun kesuksesan dalam usaha ternak sapi ini dapat dipengaruhi oleh tiga faktor utama. Di antaranya bibit sapi (breeding), pakan (feeding) dan yang ketiga adalah manajemen yang baik. Bibit sapi yang berkualitas akan mampu tumbuh dengan cepat sehingga menghasilkan produk yang maksimal.

Apabila kita membicarkan bibit sapi maka sangat berkaitan dengan tujuan kita memelihara ternak. Sebagai usaha pembibitan sapi, penggemukan sapi atau gabungan dari keduanya.

 

berbagai jenis pakan ternak sapi untuk penggemukan
pixabay.com

Kalau untuk usaha pembibitan sapi, salah satu contoh indukan yang berkualitas bagus seperti sapi Bali betina atau sapi PO betina. Kedua jenis sapi ini mempunyai tingkat fertilitas yang tinggi.

Sedangkan untuk pejantan lebih baik memilih sapi Limousin atau Simmental yang sudah terkenal sebagai sapi dengan kualitas unggulan. Selain dari bibit, optimalisasi produk juga sangat dipengaruhi oleh pakan dan manajemen pemberian pakan secara terpadu.

Tanpa pemberian pakan secara terpadu, meskipun bibit sapi berkualitas unggulan tidak akan memberikan hasil yang maksimal juga. Begitu juga dengan pakan, merupakan salah satu sarana yang sangat  penting dan strategis dalam upaya penggemukan sapi.

Sehingga posisi pakan ini penting untuk diperhatikan, karena pakan mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap pertambahan bobot sapi. Pakan ini dibutuhkan oleh sapi sebagai pokok untuk hidup, pertumbuhan, produksi daging dan reproduksi.

Zat gizi utama yang dibutuhkan sapi potong adalah protein dan energi. (Tilman, 1998)

jenis rumput untuk pakan ternak sapi
pixabay.com

Pakan sapi meliputi semua bahan makanan yang dapat diberikan dan dimakan ternak serta tidak mengganggu kesehatan apabila hewan ternak memakannya. Setiap harinya kebutuhan jumlah pakan terhadap sapi ternak berbeda. Hal ini bergantung pada jenis atau spesies sapi, umur dan tahap pertumbuhan ternak (dewasa, bunting atau menyusui).

Penyediaan pakan harus diusahakan terus-menerus dan sesuai dengan standar gizi yang dibutuhkan hewan ternak.  Pemberian pakan pada ternak yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi hewan ternak dapat menyebabkan defisiensi zat makanan.

Sehingga akan berakibat hewan ternak mudah terserang penyakit. Pakan untuk ternak sapi dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu pakan serat dan konsentrat atau pakan penguat.

Kacang-kacangan atau legum, rumput dan limbah pertanian tanaman pangan termasuk sumber pakan serat bagi sapi. Kualitas pakan tersebut dipengaruhi oleh umur tanaman, apabila hijauan tanaman pakan dipanen ketika umur tua maka kualitas hijauan tanaman rendah.

Jenis Rumput Unggulan Pakan Ternak Penggemukan Sapi

pakan sapi ternak rumput benggala
ardiblog00.blogspot.com

1. Rumput Benggala atau Panicum Maximum. Merupakan rumput kesukaan sapi ternak dan memiliki gizi yang bagus. Tinggi dari rumput benggala dapat mencapai 2 meter.

jenis pakan ternak sapi rumput gajah hawai
ditjennak.pertanian.go.id

2. Rumput Gajah Hawai atau Pennisetum Purperium. Juga termasuk rumput yang disukai sapi ternak serta memiliki daya produksi yang tinggi. Tinggi dari rumput gajah juga dapat setinggi 2 meter.

3. Setaria atau Sphacelata. Selain termasuk rumput kesukaan sapi ternak, juga merupakan rumput yang tahan kering. Rumput setaria dapat tumbuh tinggi mencapai 1,5 meter.

jenis pakan ternak sapi  rumput raja atau king grass
belajaratr.blogspot.com

4. Rumput Raja atau King Grass. Merupakan rumput yang tumbuh dari hasil silangan rumput gajah. Namun memiliki jumpak produksi yang lebih tinggi dibanding rumput gajah. Selain itu rumput raja juga tidak berbunga.

Pakan Ternak Penggemukan Sapi dari Jenis Tanaman Legum (Kacang-kacangan) Sebagai

Pakan ternak sapi dari legum kacang kacangan kaliandra
syekhfanismd.lecture.ub.ac.id

1. Lamtoro atau Leucaena Leucocephala. Merupakan tanaman yang memiliki berbagai fungsi. Selain termasuk pakan kesukaan sapi ternak juga kaya akan sumber protein kebutuhan sapi ternak. Dalam pemberiannnya terhadap sapi, lamtoro digunakan sebagai pakan campuran.

2.  Gamal atau Gliricidea Maculate. Adalah legum pohon yang biasa ditanam sebagai tanaman pagar. Memiliki daun yang sangat bagi pertumbuhan sapi ternak. Sebelum disantap menjadi pakan sapi ternak, daun di layukan terlebih dulu.

3. Desmodium atau Desmodium Rinsonii. Adalah legum pohon yang memiliki daun bulat. Desmodium memiliki kandungan protein kebutuhan sapi ternak yang tinggi serta pakan kesukaan sapi ternak.

4. Kaliandra. adalah legum pohon yang ditanam sebagai campuran pakan rumput ternak serta penambah protein pakan sapi ternak.

5. Centro atau Centrocema Pubescens. adalah legum yang tumbuhnya menjalar menutupi tanah.

Kemudian untuk limbah pertanian tanaman pangan yang dapat digunkan sebagai pakan sapi ternak contohnya adalah jerami jagung, jerami padi, jerami kacang. Akan tetapi kualitas dari limbah pertanian tanaman pakan ini lebih rendah dibanding dengan rumput kecuali limbah kacang-kacangan.

Sedangkan konsentrat atau pakan penguat sapi ternak dibutuhkan dalam jumlah yang lebih sedikit dari pakan serat. Pemberian konsentrat kepada sapi ternak hanya sebagai pelengkap kebutuhan zat gizi. Contoh dari konsentrat tersebut adalah dedak jagung, dedak padi, bungkil kacang tanah, bungkil kelapa, bungkil biji kapok, bungkil kedelai dan ampas tahu.

Cara Pemberian dan Takaran Pakan Ternak Sapi Untuk Mendapatkan Hasil Maksimal

cara pemberian pakan ternak sapi
fwidya24.blogspot.com

Dalam pemberian pakan pada sapi ternak harus sesuai dengan kebutuhan sapi ternak itu sendiri. Pakan sapi ternak yang secara syarat protein sudah memenuhi namun jika diberikan dalam jumlah yang kurang maupun berlebih akan berdampak pada hasil penggemukan yang tidak maksimal. Diantaranya cara pemberian dan takaran tersebut adalah:

1. Rumput yang diberikan sebagai pakan sapi ternak merupakan rumput yang dipanen saat menjelang berbunga. Pada kondisi seperti itu kualitas dan kuantitas zat gizi dalam rumput berada pada posisi maksimal.

2. Hijaun rumput diberikan pada sapi ternak sebanyak 10% dari berat badan.

3. Hijauan legum atau kacang-kacangan diberikan pada sapi ternak sebanyak 1% dari berat badan.

4. Sebelum diberikan pada sapi ternak, pakan hijauan dilayukan terlebih dulu.

5. Rumput atau legum untuk pakan sapi ternak yang dipanen terlalu muda dapat menyebabkan kembung dan mencret.

6. Konsentrat atau pakan penguat diberikan sebanyak 1% dari berat badan.

Waktu Pemberian Pakan Ternak Sapi Jenis Konsentrat

waktu pemebrian pakan ternak sapi jenis konsentrat
mitraternak.wordpress.com

Dalam memberikan pakan pada sapi ternak terdapat urutan-urutannya agar proses pencernaan bisa lancar. Sehingga proterin yang terdapat pada pakan dapat di serap dengan maksimal. Diantara waktu pemberian pakan sapi ternak tersebut yaitu:

  1. Konsentrat atau pakan penguat diberikan pada sapi ternak dua kali  dalam sehari semalam pada pkl 07:00 dan sore pkl 16:00.
  2. Apabila pemberian konsentrat dilakukan tiga kali dalam sehari semalam.yaitu pada pagi pkl 06:30, siang pkl 12:00 dan sore pukul 16:00
Pemberian pakan serat (hijauan) dilakukan dua jam setelah pemberian pakan penguat. Pemberian pakan hijauan ini, sebaiknya di lakukan secara bertahap yakni pagi, siang, sore dan malam. Minimal pemberian pakan hijauan 3-4 kali dalam sehari semalam.

 

Silahkan berkomentar atau request apabila dirasa ada yang masih kurang dan perlu ditambahkan.

Terima Kasih

Artikel Terkait:

Silahkan berkomentar dengan santun