siklus hidup gymnospermae

Tabel Perbedaan Gymnospermae dan Angiospermae + Pengertian & Persamaan

Perbedaan Gymnospermae dan Angiospermae – Sebelum belajar mengenai  perbedaannya, sudahkah kita mengetahui pengertian Gymnospermae dan Angiospermae? Kalau belum, mari kita belajar bersama tentang pengertian, persamaan dan perbedaannya. Selain itu di dalam artikel ini juga akan memberikan beberapa contoh tumbuhan gymnospermae dan angiospermae

Pengertian Angiospermae dan Gymnospermae

A. Pengertian Angiospermae

perbedaan gymnospermae dan angiospermae: siklus kebhidupan angiospermae
biologi-indonesia.blogspot.co.id
Angiospermae adalah golongan tumbuhan yang terdiri dari 300 suku dan mayoritas hidup sampai saat ini. Diantara suku-suku penting yang termasuk angiospermae yaitu  dari golongan rumput-rumputan atau Graminae kurang lebih ada 7500 jenis.

 

Kesuksesan angiopsermae dalam mendominasi lingkungan yaitu: kemampuan untuk bisa tetap hidup dan berkembang biak di hampir semua macam lingkungan; adanya bunga, biji dan buah; banyak yang bermanfaat bagi kehidupan manusia sehingga terus diusahakan untuk dikembang biakkan; dapat diperbanyak dengan cara stek, okulasi, sambung maupun dengan cara vegetatif lainnya.

 

Angiospermae memiliki ciri-ciri antara lain: mengalami proses pembuahan ganda, gametofitnya sederhana dan bakal bijinya tertutup oleh sesuatu yang berasal dari daun buah (karpel). Angiospermae dikelompokkan dalam 2 kelas yaitu monocotyledonae dan dicotyledonae.

 

Angiospermae Monocotyledonae memiliki ciri sebagai berikut:
  • Akar tumbuhan serabut
  • Batang percabangannya tidak ada (kalaupun ada sedikit)
  • Buku-bukunya terlihat jelas
  • Pada Daun bertulang paralel
  • Daunnya Melengkung
  • Jumlah bagian bunga ada 3 atau kelipatannya
  • Embrio memiliki 1 kotiledon
  • Jaringan pengangkut pada batang menyebar
  • Pada umumnya tidak berkambium
Sedangkan pada Angiospermae Dicotyledonae memiliki ciri-ciri:
  • Akar tumbuhan tunggang
  • Batang percabangannya ada banyak
  • Buku-buku tidak terlihat jelas
  • Daun menyirip, menjari
  • Jumlah bagian bunga  ada 4 atau 5 atau kelipatannya
  • Embrio memiliki 2 kotiledon
  • Jaringan pengangkut pada batangnya tersusun dalam lingkaran
  • Pada umumya berkambium

B. Pengertian Gymnospermae

Perbedaan Gymnospermae dan Angiospermae: siklus hidup gymnospermae
biologi-indonesia.blogspot.co.id
Sebutan Gymnospermae ini sebenarnya berasal dari kata Yunani yaitu gymnos yang berarti telanjang dan sperma berarti biji. Gymnospermae adalah tumbuhan yang serbuk sarinya bisa langsung jatuh pada bakal biji (biji yang belum dibuahi dan bukan kepala putik sebagaimana pada tumbuhan bunga) dan juga bijinya telanjang (tidak tertutup oleh buah). Jadi, batasan gymnosperma yaitu semua tumbuhan dengan biji tanpa buah. Contohnya, Gymnosperma termasuk Ginkgo, Conifer, Cycad dan anggota Gnetofit (Ephedradan Gnetum).

 

Gymnosperma diidentikkan dengan tumbuhan yang umumnya membentuk pohon berkayu atau perdu, namun beberapa jenis ada juga yang mirip liana. Sebagian besar gymnospermae tidak memiliki pembuluh pada xilemnya terkecuali pada gnetophyt. Pada anggapan ini, gymnospermae mirip tumbuhan vaskuler angioperma primitif dan tidak berbiji.

 

Mengingat Gymnospermae yang hidup dengan relatif kecil (kurang lebih 720 jenis dalam 65 marga), dalam struktur reproduksi dan tipe daunnya, tumbuhan ini sangat beranekaragam. Strobili mikrosporangianya berkemungkinan tersusun secara longgar dengan ribuan mikrosporangia, tergabung menjadi untaian banyak atau serupa bunga. Tipe daun berkitar dari tunggal, helaian pipih hingga bentu jarum, daun majemuk mirp ental dan sangat tereduksi sebagaimana daun Equisetum.

 

Pada ciri tidak diperlukannya air oleh sperma untuk dapat berenang mencapai sel telur, gymnosperma hampir sama dengan angiosperma . Hanya Cycad dan pohon Ginkgo yang memiliki sperma berflagel, namun tumbuhan ini dan tumbuhan biji lainnya terlebih dulu harus diserbuki melalui angin, hewan ataupun air.

 

Hal ini menunjukkan gerakan gamet jantan dan betina dalam tumbuhan berbiji mengandalkan pada pengangkutan di udara dan bukan pada pengangkutan air sehingga berakibat sebagian besar gymnosperma memproduksi serbuk sari dalam jumlah yang besar. Contohnya, setiap pohon pinus bisa menghasilkan 1-2 juta serbuk sari. Begitu juga hutan Conifer di Swedia yang banayk sekali dan setiap musim semi bisa menghasilkan 75000 ton serbuk sari.

 

Persamaan Gymnospermae dan Angiospermae dalam Bentuk Tabel

persamaan-gymnospermae-dan-angiospermae dalam bentuk tabel
doc-masbidin.net

Perbedaan Gymnospermae dan Angiospermae

Berikut ini merupakan perbedaan antara tumbuhan gymnospermae dan angiospermae apabila ditinjau dari ciri-ciri maupun bagian-bagain tumbuhan. Langsung saja perbedaan tersebut terdapat pada sebagai berikut ini :

1. Perbedaan Gymnospermae dan Angiospermae: Biji

Biji pada tumbuhan gymnospermae terbuka sehingga dapat terlihat dari luar di antara daun-daun. Sedangkan biji pada tumbuhan angiospermae tertutup oleh daun buah sehingga tidak dapat dilihat dari luar.

 2. Perbedaan Gymnospermae dan Angiospermae: Pembuahan

Proses pembuhan pada tumbuhan gymnospermae berupa pembuahan tunggal dimana hanya terjadi satu kali pembuahan antara ovum (n) dan sperma (n). Pada pembuahan tunggal hanya terdapat satu sel sperma yang membuahi satu sel telur sehingga membentuk zigot.

Proses pembuahan pada tumbuhan angiospermae berupa pembuahan ganda. Disebut pembuahan ganda karena terdapat dua inti sperma yang melebur. Pembuahan ganda berlangsung dua kali yaitu yang pertama adalah spermatozoa 1 membuahi ovum menghasilkan zigot (2n) yang berkembang menjadi biji, sedangkan yang kedua adalah spermatozoa 2 membuahi kandung lembaga sekunder menghasilkan endospermae (3n) yang akan menjadi daging buah.

3. Perbedaan Gymnospermae dan Angiospermae: Bentuk Daun

Bentuk daun tumbuhan gymnospermae adalah kaku dan sempit. Pada tumbuhan pakis haji contohnya yang bentuk daunnya menyerupai palem. Daunnya jarang bersifat majemuk dan bentuk tulang daun yang tidak beragam.

Bentuk daun tumbuhan angiospermae pipih dan lebar dengan susunan tulang daun yang bervariasi. Bentuk tulang daun tumbuhan dikotil ada yang menyirip dan menjari. Sedangkan bentuk tulang daun tumbuhan monokotil ada yang sejajar dan melengkung.

4. Perbedaan Gymnospermae dan Angiospermae: Ovarium

Tumbuhan gymnospermae tidak memiliki ovarium. Sedangkan tumbuhan angiospermae memiliki ovarium berupa putik.

5. Perbedaan Gymnospermae dan Angiospermae: Alat Reproduksi

Alat reproduksi pada gymnosperma adalah strobilus. Strobilus adalah kumpulan sporofil yang membentuk struktur berupa kerucut pada ujung tunas fertile (ujung cabang).

Alat reproduksi pada angiosperma adalah bunga yang terdiri dari putik sebagai alat kelamin betina dan benang sari sebagai alat kelamin jantan. Benang sari menghasilkan serbuk sari yang jika masuk ke dalam putik maka akan terjadi fertilisasi (pembuahan).

6. Perbedaan Gymnospermae dan Angiospermae: Batang

Semua batang tumbuhan gymnospermae berkambium. Kambium adalah jaringan tumbuhan yang terletak diantara xilem dan floem. Kambium inilah yang membuat batang tumbuhan menjadi berkayu.

Sedangkan batang tumbuhan angiospermae ada yang berkambium dan ada juga yang tidak berkambium. Tumbuhan dikotil memiliki kambium sedangkan tumbuhan monokotil tidak memiliki kambium.

7. Perbedaan Gymnospermae dan Angiospermae: Akar

Semua tumbuhan gymnospermae berakar tunggang. Sedangkan tumbuhan angiospermae akarnya bervariasi. Tumbuhan dikotil berakar tunggang sedangkan tumbuhan monokotil berakar serabut.

Tabel Perbedaan Gymnospermae dan Angiospermae

perbedaan-gymnospermae-dan-angiospermae dalam bentuk tabel
doc-masbidin.net

Contoh Tumbuhan Gymnospermae dan Angiospermae

A. Contoh Tumbuhan Gymnospermae

Ada banyak contoh tumbuhan gymnospermae, diantaranya yaitu:

  • Cemara (Araucaria cunninghami) atau (Cupressus lusitanica)
  • Pinus (Cupressus lusitanica ) atau ( Pinus merkusii)
  • Pakis haji (Cychas rumphi)
  • Juniper (Juniperus sp)
  • Melinjo (Gnetum gnemon)
  • Damar (Agathis dammara)
  • Pinophyta
  • Tetumbuhan runjung Ginkgophyta
  • Ginkgo Cycadophyta
  • Dan kerabatnya Gnetophyta

B. Contoh Tumbuhan Angiospermae

Pada tumbuhan angiospermae ini contohnya dibedakan menjadi 2 kelas yaitu tumbuhan angiospermae monokotil dan dokoyil. Terdapat banyak contoh tumbuhan angiospermae monokotil maupun dikotil, diantaranya yaitu:

Contoh tumbuhan monokotil yang mengalami pembuahan ganda ini dibagi kedalam beberapa famili diantaranya:

  • Keluarga palem (Famili Palmae): kelapa (Cocos nucifera) dan kurma (Phoenix sp)
  • Famili Liliaceae: lilia (lilium sp), bawang putih (alium sativum), bawang merah (alium ascolonicum), dan bawang besar (alium cepa)
  • Keluarga anggrek (Orchidaceae): Arundina sp, Cattleya sp, Dendrobium sp, Epidendrum sp, vanili (Vanilia planifolia)
  • Keluarga rumput-rumputan (Graminae): padi (Oryza sativa), Jagung (Zea mays), rumput dan bambu

Contoh tumbuhan dikotil yang mengalami pembuahan ganda ini dibagi kedalam beberapa famili diantaranya:

  • Magnoliaceae: cempaka putih (Magnolia grandiflora)
  • Caryophyllaceae: Dianthus chinensis
  • Rosaseae: bunga maqar (Rosa hybrida)
  • Malvaceae: bunga sepatu (Hibiscus rosa-sinensis), kapas (Glossipium obtusifolium)
  • Leguminoceae: lamtoro (Leucena glauca), petai (Parkia specinosa), asam (Tamarindus indica)
  • Umbelliferae: talas (Centella asiatica)
  • Compositae: babandotan (Ageratum sp), tembakau (Nicotiana tabaccum), bunga matahari (Helianthus annus), tomat (Lycopersicum esculentum), cabe (Capsicum sp)
  • Solanaceae: kentang (Solanum tuberosum), kumisal kucing (Orthosiphon grandiflorus)

Satu pemikiran pada “Tabel Perbedaan Gymnospermae dan Angiospermae + Pengertian & Persamaan

Silahkan berkomentar dengan santun