Contoh Teks Eksposisi: Kaidah Jenis Unsur Ciri dan Struktur Kebahasaan

Contoh Teks Eksposisi Singkat   Pengertian teks eksposisi adalah sebuah teks atau paragraf yang di dalamnya berisi sejumlah informasi dan pengetahuan dengan gaya penulisan sigkat, padat dan akurat.

Tujuan Teks Ekposisi adalah sebagai penjelas terkait informasi tertentu agar dapat menambah wawasan pembaca sehingga dengan adanya teks eksposisi ini pembaca akan mendapatkan pengetahuan secara rinci dari suatu hal maupun kejadian.

Ciri-ciri Kebahasaan dalam Teks Eksposisi

ciri-ciri-kebahasaan-teks-ekposisi
doc-masbidin.net

Biasanya penyampaian teks eksposisi memiliki ciri-ciri khusus. Selain untuk membedakan dengan jenis teks lainnya, kita juga dapat mengetahui bahwa teks tersebut merupakan teks eksposisi atau bukan. Lalu apa saja ciri-ciri dari teks eksposisi? Simak penjabaran ciri-ciri teks eksposisi berikut ini:

  • Gaya informasi yang disampaikan mengajak

Meskipun teks eksposisi umumnya berkaitan dengan berita alam penyampaiannya, teks eksposisi tidak bersifat mengajak.

  • Teks Eksposisi ini bersifat objektif dan netral

Memang di dalam teks eksposisi ini terdapat pendapat dari penulis. Namun pendapat tersebut tidak bersifat membela suatu pihak atau menjatuhkan pihak lain. Karena pendapat tersebut adalah bentuk penegasan dari informasi (fakta) yang disampaikan sehingga mempermudah pembaca untuk menerima dan memahami pesan yang disampaikan.

  • Menjelaskan informasi-informasi pengetahuan

Dari informasi yang ada lalu diolah atau ditambahkan pendapat  dari penulis untuk memperjelas infromsi sehingga lebih mudah unntuk dipahami. Misalnya terdapat fakta bahwa Indonesia mendapatkan penghargaan atas kebudayaan yang dimiliki. Berdasarkan  fakta atau kejadian yang tersebut, kemudian dibuatlah teks eksposisi dengan mengemukakan fakta yang ada maupunn pendapat dari penulis.

  • Penyampaian teksnya menggunakan bahasa yang baku dan lugas

Bahasa yanng digunkan dalam membuat teks eksposisi ini haruslah menggunakan bahasa yang baku dan tegas. Karena dengan adanya bahasa yang baku dan tidak bertele-tele akan mempercepat saat dipahami. Hal ini dapat kita lihat contohya pada koran-koran atau pun media cetak lainnya.

  • Tidak memihak atau yang berarti tidak ada paksaan kemauan dari penulis kepada pembacanya

Pendapat yang dikemukakan oleh penulis tidak boleh memaksa pembaca untuk mengikuti pesan yang disampaikan. Adapun bersifat mengajak ini biasanya menjelaskan kelebihan-kelebihan yang ada dari topik yang disampaikan. Sehingga dari pendapat tersebut hanya memberikan pengaruh kepada pembaca.

  • Penjelasan teks eksposisi disertai dengan data-data yang akurat

Dalam menulis teks eksposisi juga terdapat data-data yang benar sesuai dengan fakta yang ada. Misalnya ada teks eksposisi yang bertemakan penghargaan akan kebudayaan Indonesia. Di dalam teks eksposisi tersebut pasti ada waktu kapan penghargaan diberikan, siapa yang memberikan penghargaan, dimana penghargaan tersebut diberikan dan lain sebagainya.

  • Menggunakan fakta sebagai alat konkritasi dan kontribusi

Fungsi dari fakta disini adalah untuk menunjukkan bahwa teks eksposisi yang dibuat itu memang benar adanya. Sehingga apabila di periksa ulang, dengan adanya  fakta yang telah terjadi akan memperkuat kebenaran teks ekposisi tersebut.

Selain beberapa ciri-ciri diatas, ada juga ciri-ciri lain yang diungkapkan oleh ilmuwan ternama. Menurut Sutarni dan Sukardi (2008), beliau menyatakan ciri-ciri dari teks/paragraf eksposisi yaitu sebagai berikut:

  1. Isi dalam paragraf membahas tentang gagasan, uraian pendapat, atau keyakinan penulis tentang suatu topik pada bidang tertentu.
  2. Menggaliinformasi melalui analisi dan sintesis.
  3. Paragraf atau teks diakhiri dengan pendapat penegasan, bukan ajakan ataupun permintaan dukungan.
  4. Uraian yang dijelaskan dalam paragraf bersifat objektif, hanya untuk menambah wawasanpembaca tanpa didasari dengan tujuan tertentu.
  5. Uraian yang dipaparkan dalam paragraf diperjelas dengan fakta yang dilengkapi dengan grafik, angka, peta, gambar, statistik, ataupun bagan sebagai ilustrasi.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksposisi

kaidah-kebahasaan-teks-ekposisi
doc-masbidin.net

Dalam menulis sebuah teks eksposisi ada beberapa kaidah yang harus dipenuhi. Diantara kaidah-kaidah yanng harus terpebuhi tersebut adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan Bahasa yang Baku

Bahasa yang Baku merupakan kaidah bahasa yang diperlukan karena dapat menentukan kualitas teks ekposisi

2. Tema Teks Eksposisi Berdasarkan dan Merupakan Fakta

Di dalam teks eksposisi terdapat fakta-fakta yang berfungsi sebagai penunjang pernyataan pendapat serta penegasan ulang pendapat sebagai penutup teks eksposisi. Teks eksposisi digunakan untuk menjelaskan serta menambah wawasan dengan yain sehingga keberadaan fakta sangat diperlukan

3. Disertai Alasan yang Logis

Alasan yang logis dapat mendukung fakta yang telah ada menjjadi suatu rangkaian paragraf yang jelas dan memudahkan pembaca untuk memahami isi teks tersebut

Paragraf kohesi merupakan kesatuan dari paragraph dimana paragraph tersebut dikendalikan oleh satu gagasan utama. Jadi pada paragraf kohesi ini gagasan utama sebagai acuan gagasan-gagasan pendukung lainnya.

Berdasarkan dari kaidah-kaidah peulisan teks eksposisi yang telah dijelaskan diatas dapat kita simpulkan sebagai berikut: Teks eksposisi memiliki kaidah bahasa berupa bahasa baku, fakta yang digunakan sebagai dasar, adanya penggunaan kalimat efektif, adanya alasan yang jelas untuk mendukung fakta memiliki paragraf kohesi dimana gagasan utama sebagai pengendali gagasan pendukung.

Struktur Kebahasaan dalam Teks Eksposisi

Dalam Penulisan teks eksposisi terdapat tiga struktur penulisan yang harus dipenuhi. Tiga struktur penulisan tersebut adalah sebagai berikut:­

1. Tersis atau Pernyataan Pendapat

Tesis (Pernyataan pendapat) adalah bagian teks yang berisi tentang pernyataan pendapat (tesis) atau gagasan utama dalam permasalahan berdasarkan fakta. Pernyataan ini merupakan pernyataan pendapat yang dibuat oleh penulis berdasarkan fakta yang ada.

2. Argumentasi atau Pendapat

Argumentasi adalah bagian teks yang yang menjelasan secara mendalam terkait  pernyataan pendapat dan pengungkapan fakta yang ditlulis sebagai penjelasan dari pernyataan pendapat (tesis) dari penulis. Untuk isi argumentasi ini dapat berupa gagasan menerima atau memperkuat fakta namun dapat juga menolak.

3. Reiteration atau Penegasan Ulang Pendapat

Reiteration (penegasan ulang pendapat) adalah bagian teks yang berisi penegasan ulang atau teks penguat dari pendapat maupun argument penulis yang ditunjang dengan fakta.

Jenis-jenis Teks Eksposisi dan Pengertiannya

  1. Teks Eksposisi definisi adalah suatu teks eksposisi yang menjelaskan definisi suatu topik tertentu.
  2. Teks Eksposisi ilustrasi merupakan teks yang menjelaskan atau pemaparan informasi tertentu dengan cara memberikan gambaran yang lebih sederhana terkait pembahasan suatu topik dengan topik lainnya. Antara topik yang dibahas tersebut masih terdapat kesamaan sifat ataupun kemiripan dalam hal-hal tertentu.
  3. Teks Eksposisi proses adalah langkah-langkah atau cara-cara untuk melakukan sesuatu dari awal hingga akhir.
  4. Teks Eksposisi laporan adalah teks eksposisi yang memaparkan laporan dari sebuah berita atau penelitian tertentu.
  5. Teks Eksposisi perbandingan merupakan eksposisi yang gagasan utamanya disajikan dengan cara membandingkan dengan gagasan-gagasan yang lain.
  6. Teks Eksposisi Pertentangan adalah eksposisi ini berisi tentang hal pertentangan akan suatu hal dengan hal lainnya.

Unsur-unsur Kebahasaan dalam Teks Eksposisi

Unsur Kebahasaan Teks Eksposisi
doc-masbidin.net

Unsur-unsur kebahasaan dalam teks eksposisi merupakan bagian-bagian teks yang membangun teks eksposisi itu sendiri. Unsur kebahasaan yang ada pada teks eksposisi adalah pronomina, konjungsi dan kata leksikal.

Unsur Kebahasaan Teks Eksposisi: Pronomina

Pronomina merupakan kata ganti orang yang dapat digunakan terutama pada saat pernyataan pendapat pribadi diungkapkan. Pronomina dapat dikelompokkan menjadi dua jenis:

1. Pronomina Persona (kata ganti orang)

Pronomina persona atau kata ganti orang merupakan sebuah kata ganti yang digunakan untuk menggantikan orang dalam sebuah topik. Pronominal ini dapat berfungsi sebagai kata ganti orang dalam posisi subjek atau pun okjek.

Di dalam pronomina persona ini dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu pronomina persona tunggal dan pronomina persona jamak.

Prnomina persona tunggal merupakan kata ganti orang yang digunakan untuk orang sendiri (tunggal). Sebagai contoh pronomina tunggal: Aku, kamu, Ia, Dia, Anda, Saudara, -nya, -ku, -mu, si-.

Sedangkan pronomina persona jamak merupakan kata ganti orang yang berjumlah bayak atau minimal lebih dari sama dengan dua. Contoh pronomina persona jamak seperti : Kami, Kita, Kalian, Mereka, Para, Hadirin.

2. Pronomina Nonpersona (kata ganti bukan orang)

Di dalam pronomina nonpersona ini masih dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu pronomina penunjuk dan pronomina penanya. Pronomina penunjuk adalah kata ganti bukan orang yang digunakan untuk menunjukkan sesuatu.

Sebagai contohnya yaitu: Ini, Itu, San, Sini, Situ. Sedangkan pronomina penanya adalah kata ganti bukan orang yang digunakan untuk  menanyakann sesuatu. Sebagai contoh contohnya: Apa, Kenapa, Mana, Siapa Kapan.

Unsur Kebahasaan Teks Eksposisi: Konjungsi

Konjungsi atau kata penghubung digunakan dalam teks eksposisi untuk memperkuat argumentasi. Dibawah ini merupakan jenis konjungsi yang dapat kita temukan pada sebagian besar teks eksposisi. Diantaranya adalah:

  1. Konjungsi waktu: sesudah, setelah, lalu, selanjutnya, sebelum, setelah itu, kemudian
  2. Konjungsi gabungan: serta, dan, juga, dengan
  3. Konjungsi pembatasan: asal, kecuali, terkecuali, selain
  4. Konjungsi tujuan: untuk, agar, supaya
  5. Konjungsi persyaratan: jika, jikalau, bila, apabila, asalkan, bilamana,
  6. Konjungsi perincian: adalah, ialah, antara lain, yaitu, yakni
  7. Konjungsi sebab-akibat: sehingga, sebab, karena, akibat, akibatnya
  8. Konjungsi pertentangan: namun, melainkan, sedangkan akan tetapi, tetapi, tapi
  9. Konjungsi pilihan: atau, ataupun, maupun
  10. Konjungsi penguatan/penegasan: bahkan, hanya, apalagi, lagi pula, itu pun
  11. Konjungsi penjelasan: bahwa
  12. Konjungsi perbandingan: bagai, bagaikan, bak, seperti, serupa, ibarat
  13. Konjungsi penyimpulan: oleh sebab itu, oleh karena itu, jadi, dengan demikian.

Unsur Kebahasaan Teks Eksposisi: Kata leksikal

  1. Nomina merupakan kata yang mengacu pada benda, baik nyata ataupun abstrak.
  2. Verba merupakan kata yang mengandung makna dasar perbuatan, proses, atau keadaan namun kata bukan sifat.
  3. Adjektiv adalah kata yang digunaka untuk mengungkapkan sifat atau keadaan orang, binatang ataupun benda.
  4. Adverbia adalah kata yang melengkapi atau memberikan informasi berupa keterangan waktu, suasana, tempat, alat, cara dan lain-lain.

Contoh Teks Eksposisi Singkat Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Ekonomi Indonesia
Gambar via: pixabay.com

1. Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Ekonomi Indonesia

Tesis atau Pernyataan Pendapat:

Ekonomi rakyat merupakan “kegiatan ekonomi rakyat banyak” . Apabila dikaitkan dengan kegiatan pertanian, maka maksud dari kegiatan ekonomi rakyat ialah kegiatan ekonomi petani atau petani gurem, atau petani tanpa tanah, peternak, nelayan tanpa perahu,  nelayan kecil dan sejenisnya serta bukan perkebunan ataupun peternak besar atau MNC pertanian, dan yang sejenisnya.

Argumentasi:

Perspektif lain dari ekonomi rakyat ini dapat juga dilihat menggunakan perspektif jargon: “ekonomi dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat”.

“Dari rakyat”, maksudnya kegiatan ekonomi tersebut berhubungan dengan penguasaan rakyat dan aksesibilitas dari rakyat terhadap sumber daya ekonomi. Penguasa dan pemilik hak atas sumber daya untuk membantu kegiatan produktif dan konsumtifnya.

“Oleh rakyat”, maksudnya proses produksi dan konsumsi dilaksanakan dan diputuskan oleh rakyat. Rakyat mempunyai penuh hak atas pengelolaan proses produktif dan konsumtif.

Terkait dengan sumber daya (produktif dan konsumtif), rakyat mempunyai alternatif untuk menyeleksi dan menentukan sistem pemanfaatan, misalnya berapa banyak jumlah yang harus digunakan, siapa yang menggunakannya, bagaimana proses penggunaannnya, bagaimana menjaga kelestarian bagi proses penggunaan berikutnya.

“Untuk rakyat”, maksudnya adalah rakyat yang banyak merupakan ‘beneficiaries pokok dari setiap kegiatan produksi maupun konsumsi. Rakyat menerima manfaat, dan indikator kemanfaatan paling utama ialah kepentingan rakyat.

Penegasan Ulang:

Dalam hal ini perlu juga diungkapkan bahwa ekonomi rakyat dapat berkaitan “dengan siapa saja”, dalam artian kegiatan transaksi bisa dijalankan pula dengan “non-ekonomi-rakyat”.

Tak ada batasan terhadap besaran, permodalan, sifat usaha, jenis produk dan sebagainya. Ekonomi rakyat tidak eksklusif namun inklusif dan terbuka.

Meskipun demikian, sifat fundamental tersebut juga telah menciptakan suatu sistem ekonomi yang terdiri dari mekanisme transaksi, pelaku ekonomi, kesepakatan dan norma (“rule of the game”) khas, yang pada umumnya telah memberikan fasilitas ekonomi rakyat untuk survive dan berkembang searah dengan perkembangan sosial ekonomi masyarakatnya juga.

2. Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Pendidikan

contoh-teks-eksposisi-singkat-tentang-pendidikan-indonesia
Gambar via: pixabay.com

Perubahan Kurikulum Pendidikan di Indonesia

Tesis atau Pernyataan Pendapat:

Akhir-akhir ini sistem pendidikan di Indonesia mengalami suatu perubahan yang begitu signifikan. Perubahan tersebut terkait dengan kurikulum yang dijalankan dalam dunia pendidikan di Indonesia.

Dimana, kurikulum 2006 yang sejak lama digunakan diganti dengan kurikulum 2013. Meskipun tidak semua sekolah menggunakannya, namun kurikulum ini tetap berjalan sebagimana mestinya.

Argumentasi:

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada beberapa kesempatan memaparkan bahwa, kurikulum 2013 diutamakan pada sekolah berstandar Internasional atau sekolah-sekolah yang mempunyai akreditasi A, yang biasa disebut dengan Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI).

Syarat ketercapainya distribusi buku juga menjadi syarat kepada sekolah yang melaksanakan kurikulum 2013. Kemendikbud juga menjelaskan bahwa kurikulum 2013 ini fokus kepada pembangunan sikap, keterampilan, pengetahuan, karakter yang berdasarkan pada pendekatan ilmiah atau scientific approach.

Disamping itu, kurikulum 2013 pula menitikberatkan pada hubungan antara pembelajaran terhadap rasa syukur atas pemberian Tuhan Yang Maha Esa kepada manusia sebagai pengelola alam sekitar.

Khususnya menunjuk pada pembelajaran yang diawal dengan mengamati, menalar, menanya dan mencoba atau mencipta.

Sebagai wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim beranggapan, bahwa Kurikulum 2013 ini lebih menonjolkan praktek diabnding hafalan. Karena selama ini, peserta didik banyak dibebankan hafalan, yang bahkan dirasa kurang meningkatkan kreativitas.

Adanya kurikulum 2013 ini, pemerintah ingin mencetak anak bangsa Indonesia yang kreatif, produktif dan afektif. Pada kurikulum 2013 massing-masing dari peserta didik dibentuk agar mempunyai pengetahuan, sikap, dan keterampilan.

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Meutia Hatta mengungkapkan bahwa kurikulum 2013 bertujuan untuk membentuk karakter generasi berkualitas, cinta terhadap tanah air dan bangsanya.

Disamping itu kurikulum 2013 juga menitikberatkan pada peran aktif siswa dalam proses belajar mengajar, sehingga generasi yang lahir tetap memiliki kualitas dan jati diri sebagai bangsa Indonesia.

Penegasan Ulang:

Akan tetapi, ternyata banyak pula masyarakat yang menolak berlakunya kurikulum 2013. Perubahan pada kurikulum ini dianggap sangat di paksakan dan mendadak.

Malah ada yang menganggap kurikulum ini kurang fokus sebab menggabungkan dua mata pelajaran yang mempunyai substansi pokok berbeda.

Walaupun di buat lebih sederhana mata pelajaran yang akan diajarkan, namun tingkat pemahaman dan pengetahuan yang dimiliki oleh peserta didik akan semakin berkurang karena materi tersebut tidak dipelajari secara utuh, melainkan secara terpisah-pisah sehingga membuat peserta didik menjadi bingung.

3. Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Lingkungan Sekolah

Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Lingkungan Sekolah
Gambar via: megatantiana.blogspot.com

Tesis atau Pernyataan Pendapat:

Kebersihan lingkungan sekolah merupakan salah satu faktor penting untuk membangun kenyamanan dalam proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar). Disamping untuk membangun kenyamanan dalam proses KBM kebersihan dibutuhkan untuk menjaga kesehatan siswa.

Para Siswa akan lebih nyaman belajar dalam suasana yang bersih dan asri. Akan tetapi, masih ada banyak siswa yang kurang bisa menjaga kebersihan sekolah.

Misalnya saja di laci meja kelas sering ditemukan sampah bekas makanan dan minuman. Tingkat kesadaran siswa masih kurang dalam menjaga kebersihan lingkungan. Masih ada banyak yang membuang sampah di sembarang tempat.

Argumentasi:

Salah satu penyebab mereka tidak menjaga kebersihan ialah malas dan kurang paham akan pentingya menjaga kebersihan. Padahal disetiap sudut lingkungan sekolah telah disediakan tempat sampah. Kurangnya kesadaran akan kebersihan dan malas itulah penyakit siswa dan siswi di sekolah pada saat ini.

Akibat dari tidak menjaga kebersihan lingkungan sekolah ialah lingkungan sekolah menjadi kotor, bau dan banyak serangga.

Laci-laci meja ruang kelas yang banyak sampahnya akan menjadi sarang nyamuk dan serangga.Ruangan kelas yang tidak dibersihkan akan kotor dan dapat mengganggu kenyamanan dalam proses belajar mengajar.

Tempat sampah yang tidak dibersihkan maupun sampah yang berserakan dapat menimbulkan bau yang menyengat dan penyakit-penyakit baru.

Faktor lainnya yaitu para siswa berpikiran bahwa, kebersihan sekolah adalah tanggung jawab perawat dan penjaga sekolah sehingga mereka dengan enaknya dapat membuang sampah sembarangan.

Padahal kebersihan lingkungan sekolah merupakan tanggung jawab bersama seluruh warga sekolah.

Penegasan Ulang:

Menjaga kebersihan lingkungan sekolah perlu dilaksanakan. Dengan cara membersihkan setiap ruang kelas dan lingkungan sekolah atupun membuang sampah pada tempatnya. Lingkungan sekolah akan menjadi nyaman untuk ditinggali warganya.

Perlu adanya sanksi yang tegas kepada siswa yang masih membuang sampah sembarangan. Disamping itu, pengadaan kerja bakti bersih-bersih lingkungan sekolah setiap bulan juga dirasa perlu.

Selain untuk membersihan lingkungan sekolah juga untuk melatih kesadaran para siswa-siswa agar memiliki tanggung jawab dan rasa kepemilikan terhadap sekolahnya.

4. Contoh Teks Eksposisi  Singkat Tema Kebersihan Lingkungan dan Kesehatan

Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Kebersihan Lingkungan dan Kesehatan
Gambar via: pixabay.com

Indonesia Darurat Kebakaran Hutan

Sekarang ini negeri kita tengah menghadapi satu permasalahan yang rumit, yakni terbakarnya hutan-hutan di daerah Indonesia yang menyebabkan kabut asap memenuhi mayoritas udara di beberapa kota besar, seperti Jambi, Riau, Palembang dan sebagian kota di Pulau Kalimantan.

Kabut asap tersebut bahkan telah sampai ke negeri tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Penyebab munculnya kabut asap ini ialah hutan-hutan yang terbakar akibat dari musim kemarau yang panjang.

Lebih lagi dengan jenis lahan gambut yang gampang sekali terbakar sehingga api mudah untuk membesar dan sulit untuk dipadamkan walaupun sudah dilakukan berbagai usaha untuk memadamkan api tersebut.

Namun tetap saja titik-titik api masih bermunculan di sekitar hutan. Akibatnya, terdapat ribuan kubik asap yang terus menerus berdatangan dan menyelimuti pemukiman warga.

Terbakarnya hutan ini menimbulkan beraneka macam polemik yang tidak kunjung usai. Ada banyak sekali permasalahan yang timbul karenanya, salah satunya ialah kabut asap.

Kabut asap tebal yang menyelimuti kota tersebut mengganggu lingkungan, baik lingkungan hutan sendiri ataupun masyarakat sekitar. Imbas dari kebakaran hutan ini yaitu hutan menjadi rusak dan banyak hewan kehilangan habitatnya.

Disamping itu kabut asap yang menyelimuti seluruh wilayah kota mengurangi jarak pandang. Sekarang ini jarak pandang yang terjangkau hanya 5 meter saja.

Tak heran jika hal ini sangat membahayakan keselamatan dalam berlalu lintas sehingga banyak warga yang memilih untuk berdiam diri di rumah. Dengan konsekuensi roda ekonomi di kota tersebut menjadi terganggu dan menurun.

Tak hanya mengganggu lingkungan hidup, kabut asap juga dapat membahayakan kesehatan manusia. Zat beracun yang terkandung dalam seperti gas metana dan karbon dioksida (CO2) memenuhi udara dan mau tidak mau zat tersebut terhirup oleh para warga.

Akibatnya banyak sekali penyakit yang bermunculan seperti bronchitis, iritasi bahkan ISPA. Warga yang terus menerus terpapar dengan kabut asap menderita iritasi pada hidung, mata dan tenggorokan mereka.

Belum lagi dalam jangka waktu lama kabut asap juga dapat menyebabkan alergi, peradangan dan infeksi. Tidak hanya menimbulkan iritasi, kabut asap juga menyebabkan penyakit bronchitis pada masyarakat yang menghirup kabut asap.

Organ paru-paru mereka yang selalu diisi dengan asap beracun akan terganggu sistem kerjanya dan menjadi rusak. Akibatnya, mereka mengalami penyakit bronchitis. Bahkan yang paling parah ialah penyakit ISPA yang selalu mengintai mereka.

Penyakit ISPA atau yang  biasa disebut dengan penyakit inspeksi saluran pernapasan akut diakibatkan oleh virus dan bakteri yang menyerang daya tahan tubuh manusia karena lingkungan yang kurang sehat.

5. Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Kesehatan Mata

contoh-paragraf-teks-eksposisi-singkat-tentang-kesehatan-mata
Gambar via: pixabay.com

Manfaat dari Wortel

Tesis atau Pernyataan Pendapat:

Wortel adalah salah satu sayuran yang paling populer di Indonesia bahkan dunia. Wortel sering disertakan dalam berbagai masakan seperti slad atau sup ayam.

Di dalam wortel terkadung sekitar 88% air, 1% protein, 1% serat, 7% gula, 1% abu, dan 0,2% lemak. Wortel juga banyak mengandung mineral, antioksidan dan sejumlah nutrisi lain yang baik bagi kesehatan tubuh.

Argumentasi:

Ternyata sayuran wortel ini juga sangat nikmat apabila dibuat jus. Manfaat dari jus wortel bagi kesehatan tubuh diantaranya dapat menjaga kesehatan mata, mencegah penyakit kanker, mencegah rabun senja, dan menghilangkan racun dalam tubuh.

Selain dijadikan jus, wortel juga berguna sebagai obat tradisional, adapun manfaatnya adalah menghilangkan nyeri haid, menyembuhkan luka bakar dan mengobati demam pada anak.

Penegasan Ulang:

Manfaat yang paling utama jus wortel ialah memberikan asupan vitamin A pada tubuh sehingga kesehatan mata lebih terjaga. Selain itu manfaat lain wortel juga dapat digunakan sebagai obat tradisional.

6. Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Teknologi

contoh-paragraf-teks-eksposisi-singkat-tentang-teknologi-tepat-guna
Gambar via: mitalom.com

Mandiri Pangan dari Pekarangan dan Teknologi Tepat Guna

Tesis atau Penyataan Pendapat:

Dengan Bermacam teknologi intensifikasi sederhana, pekarangan bisa menjadi sumber bahan utama makanan seperti beras, sayur-sayuran dan ikan.

Adanya kegiatan ini, kebutuhan masyarakat akan makanan pokok yang memiliki gizi tinggi diharapkan bisa terpenuhi. Alasan penggunaan pekarangan sebagai sumber bahan makanan pokok sebagai berikut ini.

Argumentasi:

Pertama, aneka tanaman sayur-sayuran, seperi cabai, kangkung darat, kacang panjang dan terong, misalnya bisa ditanam dengan media selain tanah.

Khususnya pada kangkung darat bisa dibudidayakan pada bumbung bambu yang diubah menjadi semacam pot. Tanaman kencur, terong dan jahe juga dapat dibudidayakan dengan media kantong plastik ataupun pot.

Sementara itu, sumber karbohidrat, seperti ketela pohon, ubi jalar dan jagung dapat ditanam juga  di pekarangan. Untuk pemenuhan pupuk, kotoran ternak sapi dan kambing  piaraan dapat dimanfaatkan sebagai pupuk alami yang utama.

Selanjutnya, pada sumber protein lain, pekarangan juga dapat digunakan menjadi kolam ikan yang mudah untuk dipelihara, seperti mujair, kakap dan lele. Selain sebagai makanan sehari-hari, ikan tersebut juga bisa dijual ke masyarakat umum untuk menambah penghasilan.

Melalui bimbingan program teknologi tepat guna, hasil panen tersebut dapat diolah menjadi aneka macam komoditas pangan olahan untuk skala rumah tangga. Singkong, pisang dan ubi misalnya, dapat diolah menjadi keripik atau dapatjuga diolah menjadi beraneka macam produk jajanan lainnya.

Penegasan Ulang:

Dengan demikian, pekarangan yang sedikit disentuh dengan teknologi tepat guna dapat mewujudkan tercapainya kecukupan pangan masyarakat.

 

Demikianlah pembahasan dari Contoh Teks Eksposisi: Kaidah Jenis Unsur Ciri dan Struktur Kebahasaan dari masbidin.net semoga dapat bermanfaat untuk sahabat semua pada umumnya dan kepada masbidin.net sendiri khususnya. Terima Kasih