Perkenalan Saya dengan Photoshop

masbidin.net – Adobe Photoshop adalah salah satu dari sekian banyaknya software pengolah gambar digital. Dimana Photoshop termasuk produk unggulan Adobe yang sudah terkenal bagi banyak kalangan khusus bagi para Designer Grafis.

Awal Mencoba Adobe Photoshop

webdesignerdepot.com
webdesignerdepot.com

Pertama kali mencoba Adobe Photoshop ketika saya kelas 11 SMK. Saat itu seneng banget bisa mengenal software pengolah gambar digital ini. Dimana Adobe Photoshop ialah software pengolah gambar digital yang sangat populer saat itu. Sekarang pun masih sangat populer di kalangan para Designer Grafis khusus.

Meskipun banyak dari anak-anak zaman sekarang lebih senang menggunakan aplikasi pengolah foto yang instant. Terlebih aplikasi tersebut terdapat pada alat canggih yang senantiasa mereka genggam yaitu smartphone. Namun bagi saya pribadi software pengolah foto terbaik tetaplah Adobe Photoshop.

Teman sekelas yang mengenalkan software ini kepada saya. Dengan memperlihatkan beberapa efek warna yang dihasilkan oleh Photoshop ternyata lebih halus. Memang efek warna yang di berikan Adobe Photoshop lebih halus di bandingkan dengan software yang saya gunakan sebelumnya, menurutku.

Sebelum mencoba Adobe Photoshop, ketika kelas 10 saya belajar grafis menggunakan Corel Draw. Kalau untuk membuat gambar vektor (gambar 2D) Corel Draw jagonya di bandingkan dengan Photoshop. Karena Adobe mempunyai software sendiri khusus untuk gambar vektor yaitu Adobe Ilustrator.

Hasil Pertama dengan Photoshop

Padahal baru bisa  memberi efek warna saja saya sudah sangat senang. telah menggunakan software grafis baruPhotoshop. Saat itu memang belum pernah mengenal sama sekali dengan Photoshop. Kurang lebih hasil pewarnaan pertama saya yang membuat saya bangga seperti berikut ini:

masbidin.net
masbidin.net

Harap maklum yah 😀 hehehe

Namanya juga baru pertama mencoba, bisa membuat efek warna seperti di atas sudah bangga yaa mohon untuk di mengerti saja hehehe. Kemudian terus mencoba menggunakan tool-tool  pada Photoshop yang lain.

Magnetic Lasso Tool

Untuk penampakan toolnya seperti berikut ini:

masbidin.net
masbidin.net

Dengan tool ini saya mencoba memotong foto untuk mengganti background gambar. Tool ini sangat memudahkan pengguna untuk menyeleksi objek yang akan di potong. Karena hanya dengan mendekatkan tool mengelilingi objek yang akan di-crop maka objek terseleksi secara otomatis.

Meskipun hasilnya tidak maksimal, tetap saja saya menggunakannya demi mempermudah proses seleksi objek. Mungkin selain dari mempermudah proses seleksi, lebih ke fungsi saya mengedit foto yaitu hanya untuk coba-coba dan belajar.

Berbeda dengan sekarang  setelah mengetahui fungsi dari gambar yang saya edit, misalnya untuk media promosi. Karena hasil gambar yang saya buat ini akan di cetak sehingga untuk memotong gambar tidak bisa main-main lagi.

Ketika hasil potongan gambar tidak rapi akan banyak yang mengklaim. Lihat saja MMT maupun banner yang ada di jalan-jalan ataupun yang ada di mall-mall, ketika ada gambar yang tidak bagus pasti banyak yang memberi komentar.

Memang tujuannya sebagai media promosi sehingga harus di buat dengan sungguh-sungguh agar hasilnya bagus.

Pen Tool

Untuk saat ini apabila saya ingin memotong suatu ojek dalam gambar saya lebih sering menggunakan Pen Toll. Dengan tool ini untuk urusan potong memotong objek bisa lebih rapi sehingga hasilnya lebih bagus, namun tetap harus teliti juga dalam proses seleksi.

Berikut penampakan dari Pen Toll:

masbidin.net
masbidin.net

Hasil Seleksi menggunakan Magnetic Lasso Tool

Hasil Magnetic Lasso Tool
Dokumen – masbidin.net

Hasil Seleksi menggunakan Pen Tool

Hasil Pen Tool
Dokumen – masbidin.net

Dari hasil masing-masing tool yang di gunakan diatas, kalau hasil seleksi dari Magnetic Lasso Tool dan Pen Tool di bandingkan maka akan ada perbedaan. Meskipun tidak begitu signifikan ketika hasil ini di gunakan sebagai media promosi tetap akan menjadi masalah.

Namun kalau hanya untuk mengedit foto-foto yang cuma untuk iseng-iseng tidak terlalu menjadi masalah. Selain itu, kalau untuk resolusi foto yang di edit kecil untuk perbedaan tersebut tidak terlalu menjadi masalah.

Selain menggunakan Magnetic Lasso Tool atau Pen Tool masih ada banyak tool-tool lain yang bisa di gunakan untuk proses seleksi objek pada gambar. Tool tersebut yang sering saya gunakan untuk proses seleksi objek ketika menggunakan Photoshop.

Namun kalau objek yang akan di seleksi berupa hewan-hewan yang banyak bulu halus seperti kucing maupuun yang sejenisnya tooltool tadi tidak dapat memberikan hasil yang maksimal. Karena untuk memotong objek yang berupa bulu-bulu atau rambut yang berurai itu membutuhkan teknik khusus.

Misalnya untuk mengedit foto kucing dibawah ini (meng-crop)

pixbay.com
pixbay.com

Sampai saat ini saya masih belum bisa :D. Dulu pernah melihat mentor saya sewaktu PKL (Praktek Kerja Lapangan) mengedit foto dengan objek yang ada rambut berurai, namun ketika saya tanya cara beliau hanya bilang: “kalau ini menggunakan teknik khusus nang (panggilan orang Jawa/dek) alias ngakal-ngakali sendiri, hehehe”.

Sekian cerita awal mula perkenalan saya dengan Adobe Photoshop semoga bisa bermanfaat.

Assalamu’alaikum warahmatullah