wisata pantai karang jahe rembang

Indahnya Lokasi Wisata Pantai Karang Jahe Rembang Jawa Tengah

Pantai Karang Jahe Rembang – Pantai merupakan salah satu tempat berlibur yang banyak digemari para wisatawan. Baik dari wisatawan lokal maupun asing sering menghabiskan waktu liburannya ke pantai. Ada yang sengaja pergi ke pantai untuk melihat indahnya sunset namun ada juga yang menantikan hangatnya mentari pagi di pinggir laut.

Sebenarnya kalau membahas wisata di kota Rembang Jawa Tengah ada banyak sekali tempat wisata yang berhubungan dengan pantai. Karena letaknya Rembang yang memang daerah pesisir pantai. Diantara tempat wisata di Kota Rembang yaitu pantai caruban, hutan mangrove rembang,  jembatan merah rembang, pantai kartini rembang, pantai dampo awang.

Namun pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pantai karang jahe Kota Rembang. Termasuk juga bagaimana asal-usul Pantai Karang Jahe Rembang mengapa ada pohoon cemara yang berderet rapi sepanjang satu kilommeter.

asal usul wisata pantai karang jahe rembang
Gambar via: idnusantara.com

Wisata pantai seperti karang jahe ini tidak pandang skala umur, karena banyak dari kalangan anak-anak, remaja, sampai dewasa tertarik dengan pemandangan pinggiran laut ini. Apalagi kalau sedang musim liburan akhir tahun seperti ini, para pegunjung akan semakin ramai untuk berdatangan. Biasanya kalau sedang musim libur begini para pengunjung yang berdatangan itu lebih banyak dari kalangan keluarga.

Hal ini bisa dikarenakan mereka ingin mengajak putra putrinya untuk jalan-jalan bersama keluarga atau bisa juga dari orang tua yang mengajak liburan putra-putrinya karena telah mendapat pencapaian akan suatu prestasi di sekolah.

Pesona Keindahan Pantai Karang Jahe Rembang

Kali ini kita akan mengupas sedikit banyak tentang Pantai Karang Jahe Rembang Jawa Tengah.Pantai yang terkenal akan keindahan pasir putihnya ini lokasinya terletak di Desa Punjulharjo Kecamatan Rembang dan tentunya di Kabupaten Rembang Jawa Tengah. Jalan menuju ke pantai pasir putih ini tidak sulit karena letaknya yang berada di jalur pantura Rembang – Lasem.

pesona wisata pantai karang jahe rembang beach
Gambar via: erepublik.com

Di Pantai Karang Jahe mempunyai pesona hamparan pasir putih yang lembut dan panjang. Sehingga ada banyak spot area untuk menikmati keindahan pesona alam di pantai yang berada di kota Rembang ini. Selain hamparan pasir putih yang lembut dan panjang terdapat juga ribuan pohon cemara yang menghiasinya.

Ribuan pohon cemara ini berderet rapi sepanjang 1 KM seolah berbaris menghadap laut, menambah keindahan pantai. Dengan menghamparkan tikar dibawah rindangnya pohon cemara, kita dapat melepaskan penat bersama keluarga maupun sahabat sambil menikmati makanan serta duduk-duduk bersantai.

wisata pantai karang jahe rembang Jawa Tengah
Gambar via: Dokumen -masbidin.net

Di pantai yang indah ini kita tidak perlu mengeluarkan banyak kocek untuk sekedar mengunjungi maupun menikmati pesona alamnya. Karena di pantai ini belum ada banyak retribusi kalayak pantai-pantai pada umumnnya. Bagi pengendara kendaraan pribadi roda dua hanya perlu membayar Rp 3.000,00 untuk parkir sedangkan untuk kendaraan roda empat Rp 10.000,00.

Biaya parkir tersebut sudah termasuk tiket masuk lokasi wisata. Pada hamparan pasir putih Karang Jahe yang masih natural itu kita dapat menggunakannya untuk bermain-main dengan pasirnya yang lembut. Sekedar membuat tulisan dipasir atau bisa juga untuk membuat gunungan pasir bahkan sebuah istana dari pasir.

pengunjung wisata pantai karang jahe rembang
Gambar via: wownegeriku.blogspot.com

Selain itu air lautnya yang masih bersih, sangat nyaman kalau dipakai untuk mandi. Apabila kita ingin mandi disana juga disediakan tempat untuk bilas. Setelah capek bermain pasir dan mandi air laut kita ngga perlu kawatir bersantai sambil menunggu sunset karena warga setempat banyak yang membuka warung makanan ringan maupun minuman untuk menikmati sunset.

Setelah menikmati sunset di Pantai Karang Jahe Rembang jangan tinggalkan sholat Maghrib karena pengen cepet pulang ya. Disana juga disediakan musholla untuk tempat sholat.

Asal-usul Pohon Cemara Pantai Karang Jahe yang Berderet Rapi Sepanjang 1 KM

Asal usul pantai karang jahe rembang dengan satu kilometer pohon cemara
Gambar via: wisataterindah.net

Pada awalnya, penanaman pohon cemara sepanjang 1 KM ini dilakuka oleh PT Jarum Kudus bekerjasama dengan Kodim Rembang dan MKUP serta Forum Komunikasi Umat Beragama dengan tema 1000 pohon cemara.

Kegiatan penanaman pohon cemara ini bertujuan untuk menahan abrasi pantai sehingga dibuat seolah memagari pantai Karang Jahe. Seiring berjalannya waktu wisatawan luar daerah yang datang merasakan eksotisnya pantai dengan bumbu pohon cemara tersebut. Dari wisatawan luar daerah yang berdatangan warga mulai mengetahui bahwa Desa Punjulharjo memiliki potensi wisata bahari yang begitu besar.  Kemudian warga berkerjasama bergotong-royong menjaga dan membersihkan pantai sekaligus melengkapi kebutuhan para wisatawan dengan membuat warung kuliner.

Akses Menuju Lokasi Wisata Pantai Karang Jahe

Alamat Wisata Pantai karang jahe rembang
Gambar via: rembangfokus.blogspot.com

Akses jalan menuju Pantai Karang Jahe Rembang  sangatlah mudah karena kondisi jalan menuju lokasi sudah beraspal baik. Meskipun ada beberapa yang belum diaspal penuh, namun tidak banyak. Lokasinya pun tidak jauh dari pusat kota, hanya sekitar 7,5 KM.

Apabila kita mau kesana dari arah barat (Pati/Kudus) di dekat lokasi wisata sudah ada papan penunjuk ke arah kiri (Utara) sehingga tidak perlu kawatir keblabasan. Juga ada gapura yang bertuliskan  Desa Punjulharjo atau sekolah SMK Umar Fatah.

Namun apabila kita dari arah Surabaya atau Lasem pantai ini terletak di sebelah kanan jalan. Selain ada gapura bertuliskan Desa Punjulharjo di pintu masuk (setelah belok kanan) ada juga reklame Selamat Datang di Obyek Wisata Pantai Karang Jahe.

Sangat mudah bukan jalan akses menuju Pantai Karang Jahe Rembang? Berangkat ngetrip bareng yuukkk hehehe

Kegiatan Asyik dan Seru yang Dapat Dilakukan di Pantai Karang Jahe

Selain bermain dengan pasir pantai,masih ada banyak ada banyak kegiatan menarik lainnya yang cocok dilakukan  pada hamparan pasir putih serta rindangnya pohon cemara Pantai Karang Jahe Rembang. Apa aja kegiatannya? intipin yuk 😀

1.  Kegiatan Outbound di Pantai Karang Jahe Rembang

macam macam kegiatan pantai karang jahe rembang
Gambar via: lareangon.co.id

Outbound memang terasa berbeda kalau dilakukan di pantai. Selain hamparan Pantai Karang Jahe itu udara yang segar akan membuat kegiatan outbound mu semakin seru. Kegiatan outbound ini bisa dilakukan mulai dari anak-anak sampai dewasa hloo (Harus dengan izin warga tentunya)

2. Membuat Pesta Api Unggun di Pantai Karang Jahe Rembang

wisata pantai karang jahe rembang berkumpul bersama teman
Gambar via: jujubandung.files.wordpress.com

Paling seru emang kalau liburan ke pantai kemudian di malam harinya kita mengadakan pesta api unggun. Dimana dengan adanya pesta api unggun ini kita dapat melakukan banyak hal bersama sahabat seperti bernyanyi bersama, menikmati marshmallaow panggang dan have fun sampai pagi. Selain itu kegiatan pesta api unggung ini memang cocok dilakukan di malam hari. (Harus dengan izin warga tentunya)

3. Membuat Istana dari Pasir di Pantai Karang Jahe

Seorang Anak Membuat Istana dari Pasir di Pantai Karang Jahe Rembang
Gambar via: excelqhalif.com

Bermain pasir pantai memang kegiatan yang biasa dilakukan oleh para wisatawan pada umumnya. Namun bermain pasir dengan membangun sebuah istana ini akan melatih pola kreativitas dalam diri kita. Mulai dari desain istana yang sederhana sampai bentuk instana pasir yang rumit. Tentunya ini akan menjadi memori indah  yang tidak akan terlupakan.

4. Bermain Voli Pantai di Karang Jahe Beach

wisata pantai karang jahe rembang olahraga voley
Gambar via: netolahraga.blogspot.com

Jika di malam hari ada kegiatan pesta api unggun, di sore hari maupu pagi kita dapat melakukan kegiatan yang tidak kalah seru. Bermain voli pantai merupakan kegiatan di pinnggir laut yang patut di coba ketika kita berlibur kesana. Dengan bervoli pantai dapat membakar kalori di dalam tubuh kita. Jadi tidak hanya bersenang-senang ketika berlibur di pantai tapi juga kesehatan.

5. Foto-foto Narsis di Pinggir Pantai Karam Jahe Rembang

foto foto di pantai karang jahe rembang
Gambar via: jurnaland.blogspot.com

Ini dia nih kegiatan paling ditunggu-tunggu dan ngga boleh ditinggalkan ketika pergi berlibur. Di jaman sekarang yang hampir kesemuanya kegiatan kita terkadang di abadikan dengan berfoto. Apalagi kegiatan liburan kita di pantai, tempatnya orang bebas melakukan ekspresi. Kita bisa berfoto dengan gaya bebas tanpa harus malu dengan orang lain. Tapi harus tetap sesuai norma yaa jangan terlalu berlebihan karena tidak baik.

Demkianlah pembahasan kali ini terkait Wisata Pantai Karang Jahe Rembang. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua, dan Terima Kasih.

Satu pemikiran pada “Indahnya Lokasi Wisata Pantai Karang Jahe Rembang Jawa Tengah

Silahkan berkomentar dengan santun