cara menggandakan bibit bunga-keiki

Cara Mudah Budidaya Tanaman Anggrek

aneka jenis tanaman indoor
pixabay.com

Cara Mudah Budidaya Tanaman Anggrek – Anggrek merupakan tanaman hias yang banyak diminati  oleh penggemar tanaman hias karena keindahan yang dimilikinya. Keindahan tanaman anggrek ini dapat kita nikmati mulai dari bentuk, untaian, corak maupun warna bunga yang sangat  bervariasi.

Tanaman anggrek termasuk bunga potonng yang berdaya  tahan bagus sehingga keindahan yang ada padanya saat mekar dapat kita nikmati selama beberapa minggu.

Penggandaan Bibit Tanaman Anggrek

penggandaan bibit tanaman budidaya bunga anggrek
matematikacerdas.wordpress.com

Penggandaan dari bibit tanaman anggrek dapat kita lakukan dengan dua cara, diantaranya: penggandaan bibit tanaman anggrek dengan cara generatif dan vegetatif. Penggandaan bibit secara generatif adalah cara penggandaan bibit yang dilakukan melalui proses perkawinan atau penyerbukan dengan menggunakan biji.

Sedangkan penggandaan bibit secara vegetatif adalah cara penggandaan bibit yang dilakukan dengan menggunakan tanaman itu sendiri. Penggandaan bibit secara vegetatif ini dapat dilakukan dengan teknik keiki, stek, kultur jaringan dan pemisahan rumpun.

A. Penggandaan Bibit Tanaman Anggrek Secara Generatif

penyerbukan alami tanaman bunga anggrek
id.wikipedia.org

Untuk mendapatkan biji anggrek terlebih dulu, dapat dilakukan dengan cara perkawinan atau penyerbukan buatan. Pernyebukan buatan ini dilakukan karena kemungkinan berhasil dalam proses perkawinan secara alami sangat kecil.

Disamping harus melakukan penyerbukan, untuk menjadi sebuah bibit tanaman bibit anggrek membutuhkan waktu tumbuh yang relatif lama. Sehingga cara penyerbukan alami sangat jarang dilakukan para pembudidaya tanaman anggrek.

Keberadaan cendawan mikoriza sangat penting bagi biji anggrek, karena sumber nutrisi bagi biji anggrek dari sekresi cendawan mikoriza. Pada umumnya penyemaian biji anggrek dilakukan dengan beberapa media yang terdiri dari monobasicpotasium fosfat 0,25 gram, kalsium nitrat 1 gram, amonium sulfat 0,50 gram, magnesium sulfat 0,25 gram, ferro sulfat 0,025 gram, sukrosa 20 gram, agar-agar 10-20 gram, mangaan sulfat 0,0075 gram dan air kelapa 100-150 cc.

Caranya adalah dengan menebar biji anggrek di atas media tersebut dan pastikan selalu dalam keadaan steril (pH 5,0-5,2). Biasanya setelah berumur tiga minggu dari proses semai biji anggrek akan berkecambah. Bibit anggrek dapat dipindahkan pada media yang lebih besar (pot komunitas) setelah berumur 9-12 bulan setelah semai.

Namun  media penyemaian biji anggrek ini sangat sulit untuk didapatkan sehingga para pembudidaya tanaman anggrek biasanya menggunakan jasa penyedia media seperti jasa laboratorium tanaman anggrek untuk melakukan peyemaian biji anggrek. Bibit anggrek dapat diambil setelah dapat tumbuh di media agar-agar dalam botol.

B. Penggandaan Bibit Tanaman Anggrek Secara Vegetatif

cara menggandakan bibit bunga-keiki
lcnursery.wordpress.com

Pada umumnya penggandaan bibit tanaman anggrek secara vegetatif menghasilkan keturunan yang karakternya sama persis dengan induknya. Apabila terjadi penyimpangan genetik biasanya ada faktor dari luar seperti kondisi lingkungan, pemupukan dan serangan penyakit.

Cara melakukan penggandaan vegatatif ini dengan mengambil bagian tertentu dari tanaman anggrek kemudian ditanam kembali  secara terpisah pada lahan yang sudah disiapkan.

Pemilihan Media Tanam Untuk Tanaman Anggrek

berbagai jenis media tanam pada bunga
pupukorganik.co

Fungsi dari media tanam adalah sebagai sumber kehidupan atau tempat tumbuhnya tanaman anggrek (tempat penyimpan air dan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman anggek untuk proses pertumbuhan). Agar mendapatkan fungsi-fungsi tersebut, maka media tanam harus memenuhi syarat pertumbuhan tanaman anggrek.

Diantaranya syaratnya adalah media tanam harus poros,mempunyai dara aerasi cukup baik, mudah menyimpan air, tidak mudah di hinggapi penyakit tanaman dan mampu memberi nutrisi tanaman serta mudah di dapat.

Agar tanaman anggrek dapat tumbuh dengan maksimal maka media tanam harus memiliki tingkat derajat keasaman ideal (pH) yang berkisar antara 6-6,8. Sehingga pengecekan pH media tanam harus benar-benar diperhatikan dan dilakukan karena sangat berpengaruh dengan proses pertumbuhan maupun hasil tanaman anggrek yang di budidayakan.

berbagai macam media tanam untuk bunga anggek
100gambarbunga.blogspot.com

Untuk mengecek pH media tanam dapat dilakukan pengukuran dengan menggunakan alat pengukur pH tester. Berikut ini beberapa hal yang mengharuskan penggantian pada media tanam:

  • Tanaman anggrek sudah terlalu padat.
  • Jumlah tunas maupun batang dalam satu pot sudah padat.
  • Kondisi media tanam sudah hancur (penyebab media tanam menjadi asam).
  • Setelah selesai berbunga (supaya dapat merangsang tumbunhnya tunass anakan baru).

Di Indonesia media tanam yang umum digunakan oleh pembudidaya tanaman anggrek adalah potongan kayu atau serutan, pecahan batu bata atau genteng, arang kayu, sabut kelapa dan moss kadaka.

Pemupukan Tanaman Anggrek

penyiraman bunga anggrek
bibitbunga.com

Pemupukan adalah proses pemberian nutrisi atau unsur hara yang diberikan pada tanaman. Pemupukan ini dapat dilakukan dengan dua cara yakni melalui akar ataupun daun. Cara pemupukan melalui daun ini adalah dengan menyemprotkan pupuk ke mulut daun.

Penyemprotan pada mulut daun yang efektif yaitu pada permukaan daun agian bawah karena mulut daun lebih banyak pada permukaan daun bagian bawah. Dibandingkan dengan pemupukan melalui akar pemupukan melalui daun lebih efektif karena mulut daun dapat menyerap sebanyak 90% dari pupuk yang diberikan.

Metode Penyiraman Tanaman Anggrek

pemberian air pada bunga anggrek
seputar-tanaman.blogspot.co.id

Seperti tanaman lain, anggrek juga akan bertumbuh dengan baik apabila kebutuhan airnya tercukupi. Tetapi pemberian air juga tidak boleh berlebih karena akan menyebabkan media tanam lembab dan gampang terserang penyakit.

Selain itu akar dan pangkal batang akan mudah busuk dan terserang penyakit. Apabila terjadi pembusukan pada akar, maka penyerapan nutrisi dan unsur hara terhambat dan tanaman akan layu. Namun apabila kebutuhan air kurang juga dapat menyebabkan dehidrasi atau mengerutnya umbi semu.

Sehingga penyiraman air padan tanaman anggrek harus sesuai dengan kebutuhan atau berdasarkan pada jumlah tanaman dalam satu pot serta media tanam yanng digunakan.

Artikel Terkait:

1 thought on “Cara Mudah Budidaya Tanaman Anggrek

Silahkan berkomentar dengan santun