Makanan Khas Blora Jawa Tengah Indonesia sate ayam kuah santen

(Dijamin Ngiler) Makanan Khas Blora Jawa Tengah ini Paling Diburu para Traveller

Makanan Khas Blora Jawa Tengah – Selain mempunyai tempat wisata unggulan, Kota Blora juga memilki makanan, minuman, kue tradisional dan jananan pasar yang menjadi khas kota Blora. Kuliner khas Blora mempunyai cita rasa unik yang akan memanjakan setiap lidah para pecinta kuliner dari daerah manapun.

Kualitas rasa kuliner makanan khas Blora ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Karena ada banyak sekali dari para pecinta kuliner di seluruh nusantara yang telah membuktikannya sendiri. Ketika para traveller datang mengunjungi kota Blora tujuan utama meraka pasti untuk memburu kuliner yang sangat khas tersebut.

Bagi kalian yang sudah tidak sabar dan penasaran tentang apa saja sih  kuliner makanan khas Blora yang menjadi idola para traveller? Yuk kita intip bareng-bareng ulasan tentang  kuliner makanan khas Blora berikut ini:

Sate Ayam Khas Blora Jawa Tengah

Makanan Khas Blora Jawa Tengah Indonesia Sate Ayam
Gambar via: cloudfront.net

Sate Ayam khas Blora memang telah dikenal hampir seluruh nusantara karena karena sate Blora memiliki cita rasa yang lezat,  dan ciri khas tersendiri sehingga berbeda dengan sate pada umumnya. Sate khas Blora ini memiliki bumbu khusus yang menjadikanya berbeda dengan yang lainya.

Bumbu khusus tersebut ialah kuah lodeh atau santan dengan rasa yang unik dan tentunya sangat khas. Dimana untuk kuah pada makanan sate ini tidak akan dijumpai pada sate manapun di seluruh Indonesia bahkan dunia.

Dumbeg, Jajanan Pasar Khas Blora Indonesia

Makanan Khas Blora Jawa Tengah Indonesia Dumbeg jajanan pasar
Gambar via: jendelakuliner.com

Dumbeg adalah jajanan tradisional khas Blora yang sangat berbeda jika dibandingkan dengan jenis jajanan lainnya. Bentuknya yang menyerupai terompet menunjukkan keunikan dengan khas daerah Blora yang tidak ditemui pada daerah lainnya.

Sayangnya jajanan tradisional ini hampir punah dikalangan masyarakat. Seiring dengan perkembangan jaman, dumbeg ini mulai tersingkirkan oleh jajanan modern. Mungkin disebabkan dari pembuat jajanan dumbeg sendiri yang bisa dibilang langka. Selain itu jajanan dumbeg seperti ini biasanya hanya ada di acara tertentu seperti sedekah bumi.

Padahal acara sedekah bumi ini hanya dilakukan dalam setahun sekali dari masing masing kelurahan atau desa. Sehingga tidak heran kalau anak-anak sekarang mulai bergeser ke jananan modern.

Kalau dijaman saya ketika masih sekolah dulu, yang paling dicari di acara sedekah bumi ya jajanan dumbeg ini. Bahkan jajanan dumbeg ini merupakan makanan yang bisa dibilang khas acara sedekah bumi. Karena memang muncul ramainya ketika acara sedekah bumi.

Bicara tentang rasa, jangan salah!! Cita rasa jajanan khas Blora ternyata tidak kalah dengan jajanan modern. Rasanya begitu khas dan yang paling menarik ialah aromanya itu hlooo. Ngga bakal bisa ditemui pada jajanan lain.

Aroma khas ini timbul karena janur yang digunakan untuk membungkus dumbeg ini ikut dipanaskan ketika memasak dumbeg. Sehingga harumnya daun kelapa muda ini meresap dan menimbulkan harum yang khas.

Untuk bahan dasar dari dumbeg ini terbuat dari tepung beras, gula aren ataupun gula pasir, dan garam. Kemudian dimasukkan dalam wadah atau bungkus dari daun kelapa muda yang telah dipisahkan dengan lidinya dan dibentuk kerucut.

Lontong Tahu Khas Blora Jawa Tengah Indonesia

Makanan Khas Blora Jawa Tengah Indonesia Lontong Tahu
Gambar via: usemayjourney.wordpress.com

Makanan khas Blora selanjutnya ialah lontong tahu. Salah satu menu kuliner yang memiliki cita rasa gurih dan pedas serta paling di cari oleh traveler yakni lontong tahu khas Blora. Salah satu yang membuat makanan khas ini berbeda ialah bumbu kecapnya yang tidak akan ditemui di manapun.

Bagaimana tidak, para pedagang lontong tahu ini hanya menggunakan satu merek yang dihasilkan dari home industri. Demi menjaga kualitas rasa lontong tahu yang khas ini pada umumnya mereka tidak mau menggunakan kecap dari pabrik. Sehingga cita rasa yang di hasilkan pun terjaga begitu nikmat dan istimewa tiada tara.

Tidak hanya kecap, sambelnya pun di buat dari kacang tanah yang digoreng secara tradisional. Sehingga sambel yang dihasilkan begitu gurih, sedapnya terasa kuat lengket di lidah. Ditambah lagi lontong di Kota Barongan ini dibungkus dengan menggunakan bahan alami yaitu daun pisang.

Sehingga kalau ditanya tentang rasa ya ngga bakalan kebayang deh nikmatnya itu kayak gimana. Mending cobain aja lansung Gan. (Saran aja sih) hehehe

Minuman Khas Blora Jawa Tengah Indonesia

Minuman Khas Blora Jawa Tengah Indonesia Es Jati
Gambar via: eztya-nguliner.blogspot.co.id

Bicara tentang minuman ada yang unik dari Kabupaten yang memiliki hutan jati dengan kualitas nomor wahid ini. Sesuai dengan nama khasnya sebagai penghasil kayu jati terbaik, Blora juga mempunyai minuman khas yaitu Es Jati Khas Blora.

Jangan berpandangan bahwa kayu jati tersebut dibuat es ya, bakalan salah besar tuh. Es jati khas kota Blora ini terbuat dari daun jati pilihan. Karena tidak semua daun jati dapat digunakan untuk membuat es jati. Daun jati yang digunakan pun hanya bagian pucuknya saja.

Selain memberikan aroma khas daun jati muda, minuman es jati ini juga mengingatkan kita kembali pada kehidupan masyarakat desa yang sangat indah dan punuh kedamaian.

Silahkan berkomentar dengan santun