Contoh Susunan Acara Ulang Tahun Kreatif dan Berkesan Untuk Anak-anak

Susunan Acara Ulang Tahun Anak Bagi orang tua, dapat merayakan hari ulang tahun si kecil tentulah menjadi hal berharga. Karena sebagai bentuk wujud syukur dan bahagia kita telah memiliki seorang malaikat kecil, apalagi bagi kita pasangan muda yang baru mendapat momongan.

Kita pasti menginginkan acara ulang tahun sang buah hati menjadi moment special dan mengesankan. Namun penting dan harus kita ketahui sebagai ilmu dan dasar melakukan acara perayaan ulang tahun, bagaimana pandangan islan terhadap perayaan ualng  tahun.

Bahwa dalam Islam merayakan acara ulang tahun dengan acara pesta seperti tiup lilin, potong tumpeng, ataupun potong kue itu merupakan tradisi yang belum pernah ada dalam sejarah peradaban Islam. Maka dari itu acara seperti ini dihukumi boleh-boleh saja karena Islam tidak mengatur (membatasi) hal-hal duniawi demi kemaslahatan diri kita sendiri.

Susunan Acara Ulang Tahun: Ucapan Selamat Ulang Tahun
india-forums.com

 

Kita diberikan kebebaskan mengatur persoalan duniawi kita, selama tidak bertentangan dengan sayariat agama Islam. Meskipun dalam hal ini terdapat khilafiyah antar ulama ahli fiqih kita juga perlu mengetahui itu agar kita tidak saling menyalahkan antar saudara Islam. Merayakan kelahiran dengan maksud tasyakuran atas nikmat Allah Subhanahu wa Ta’ala merupakan hal yg diperintahkan Allah سبحانه و تعالى:

“KATAKANLAH DENGAN (datangnya) ANUGERAH DARI ALLAH DAN RAHMAT NYA, MAKA DENGAN ITU JUGA HENDAKNYA MEREKA BERGEMBIRA”

Kemudian kita mengadakan acara tasyakuran kelahiran anak kita dengan mengundang sanak saudara dan handai taulan untuk menghadiri  lalu menjamu mereka makan dan menyambut para tamu. Maka ini semua merupakan hal yang Yutsaab alaih (berpahala apabila dilakukan) wa huwa sunnah (sunnah Rasulullah صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم).

Acara seperti ini berarti merayakan dan mensyukuri, maka hal ini tidak ada larangannya (maa jawwazahussyar?) terkecuali apabila melanggar batas yg dibolehkan oleh syari’at. Hukum merayakan ulang tahun ini memang tidak didapat nash yang secara langsung melarang dan juga menganjurkannya. Hal ini dikembalikan kepada tradisi atau budaya masyarakat setempat.

Setelah kita mengetahui ilmu dan dasar kita melakukan sesuatu kali ini dalam hal membuat perayaan ulang tahu anak kita maka kita dapat meniatkan ini sebagai bentuk ibadah kita kepada Allah سبحانه و تعالى sehingga acara yang kita buat mendapat padaha dan berkah.

Nah langsung saja, sekarang saatnya kita membuat susunan acara ulang tahun anak kita supaya dalam merayakan acara tersebut terasa meriah dan berkesan kreatif. Bagaimana membuat susunan acara ulang tahun yang kreatif dan mengesankan untuk sang buah hati tersebut?

Yuk kita simak artikel berikut ini!

Susunan Acara Ulang Tahun Anak Usia 3/5/10 Tahun Kreatif dan Berkesan Meriah:

Susunan Acara Ulang Tahun: Acara Permainan
Liputan6.com

1.  Susunan Acara Ulang Tahun: Membuat Daftar Tamu

Sebelum masuk pada acara ulang tahun, alangkah baiknya kalau kita membuat daftar tamu undangan yang hadir pada acara yang kita buat. Pada saat membuat daftar hadir ini selain untuk mencatat siapa saja yang datang kita dapat memberikan bingkisan kreatif kepada tamu undangan sebagai kenang-kenangan.

2. Susunan Acara Ulang Tahun: Pembukaan

Pada acara pembukaan ini berisi tentang rundown acara atau susunan acara yang akan dibacakan oleh MC. Untuk MC ini kita sarankan dari saudara kita yang sudah remaja atau setidaknya sudah SMA. Karena selain membacakan susunan acara diharapakan MC ini dapat memandu jalannya acara agar dapat berjalan dengan runtut dan lancar.

Kita menyarakan MC bukan dari orang tua sendiri Karena nantinya orang tua anak akan memberikan sambutan dan memandu secara langsung jalannya acara dan membawa (memegang) kue untuk anak ketika masuk acara potong kue. Namun apabila tidak mempunyai saudara untuk dijadikan sebagai MC dapat digantikan langsung oleh orang tua.

3. Susunan Acara Ulang Tahun: Sambutan dari Orang Tua

Acara yang kedua setelah pembukaan yaitu sambutan dari orang tua. Sambutan dari orang tua ini dapat berupa ucapan terima kasih kepada tamu undangan dan dapat juga menceritakan prestasi apa saja yang telah dimiliki sang anak. Sehingga dalam membuat acara ulang seperti ini kita tidak hanya menyiapkan acara namun juga menyiapkan sang anak menjadi seorang yang hebat nantinya.

Sebaiknya dalam sambutan orang tua ini juga ada harapan serta doa kepada anak dan untuk doa ini dipimpin langsung oleh orang tua sendiri. Karena doa terbaik kepada seorang anak adalah doa dari orang tua Insya Allah.

4. Susunan Acara Ulang Tahun: Menampilkan Bakat atau Prestasi dari Anak

Susunan Acara Ulang Tahun: Pencapaian Anak Usia 3 Tahun
daicilikaisyah..wordpress.com

Setelah sambutan dari orang tua, sebaiknya kita tunjukkan prestasi ataupun bakat yang telah dimilki oleh anak. Hal ini sangat penting bagi anak maupun untuk kita sebagai orang tua. Penting bagi anak menunjukkan bakat yang dimiliki ialah untuk melatih mental anak menjadi pemberani. Berani tampil berinterkasi di depan banyak orang dan ini akan sangat bagus untuk masa depan anak.

Karea setelah ia besar dia diharuskan untuk bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang. Sehingga apabila hal ini telah dilatih sejak dini sang anak akan tumbuh dengan lebih baik dan percaya akan kemampuan yang dimilikinya. Penting dari sisi orang tua yaitu sebagai koreksi untuk orang tua.

Sudah sebarapa jauh kemajuan yang dialami oleh anak dari tahun ke tahun. Kemudian apabila dirasa kemampuan yang dimiliki anak belum ada pertumbuhan yang lebih maka orang tua harus memperbaiki cara mendidiknya sang buah hatinya.

sederhana yang dapat kita pantau tentang prestasi pada anak ialah hafalan Al Qur’an. Apakah setiap tahunnya telah bertambah atau belum. Misalnnya dari tahun ke tahun berikutnya masih stagnant maka harus ada perbaikan dari orang tua supaya anak dapat menambah hafalannya setiap tahun.

Sehingga acara ulang tahun ini tidak hanya menjadi moment yang bersenang-senang saja melainkan sebagai momen untuk bermuhasabah diri atau mengoreksi diri maupun moment untuk memperbaiki diri.

5. Susunan Acara Ulang Tahun: Menyanyi Bersama

Untuk menyany bersama ini kita tujukan untuk melatih kebersamaan dan kekompakan atar anak-anak yang dating di acara ulang tahun. Ide bagus untuk lagu yang dinyanyikan ialah sebaiknya tetang lagu anak yang bertemakan kebangsaan untuk menanamkan jiwa nasionalisme pada anak atau bisa juga lagu anak-anak lainnya seperti lagu anak sholeh.

Pada acara bernyanyi bersama ini kita tidak menganjurkan lagu bertemakan ulang tahun Karena lagu tersebut akan digunakan pada acara ini sehingga kita menyanyikan lagu yang beraneka macam supaya acara tidak membosankan.

6. Susunan Acara Ulang Tahun: Permainan Interaktif pada Anak

Susunan Acara Ulang Tahun: Acara Permainan dengan MC
sumberkolase.blogspot.com

Acara selanjutnya adalah permainan dimana pada saat-saat seperti ini para peserta sudah mulai aga bosen sehingga masuknya acara permainan ini dirasa tepat untuk menghilangkan kejenuhan yang dirasakan oleh para tamu undangan. Untuk permainan anak sendiri ada beeraneka macam.

sebaiknya kita memilih permainan yang tidak hanya seru dan menyenangkan melainkan juga permainan mendidik. Sehingga acara permainan ini akan lebih bermanfaat selian itu pastinya para orang tua juga akan merasa lebih senang acara menjadi lebih berkesan.

7. Susunan Acara Ulag Tahun: Acara Inti Ulang Tahun Anak

Setelah para tamu undangan dan juga anak-anak seru-seruan menikmati acara permainan masuklah pada acara inti yaitu moment yang ditunggu-tunggu oleh buah hati kita. Pada acara inti inilah kita menyanyikan nada selamat ulang tahun kepada anak dilanjut dengan potong kue. Untuk potong kue sebaiknya dibawa atau dipegang langsung oleh ibunda.

Sedangakan sang anak yang memotong kuenya. Agar lebih berkesan dan surprise kepada anak, kue tart hanya di keluarkan pada saat masuk acara inti dan sebelumnya anak tidak pernah tau seperti apa bentuk kue tartnya. Sehingga sang anak merasakan seperti ada kejutan lebih dari kita sebagai orang tua.

8. Susunan Acara Ulang Tahun: Istirahat dan Makan-makan

Susunan Acara Ulang Tahun: Acara Makan
kisahkapkeikmu.wordpress.com

Pada acara yang kedelapan ini merupakan acara dimana para tamu undangan untuk beristirahat dengan menikmati hidangan yang telah kita siapkan. Selain itu pada acara ini juga para tamu dipersilahkan untuk mendoakan serta memberi ucapan selamat ulang tahun kepada anak dan juga memberikan kadonya.

9. Susunan Acara Ulang Tahun: Doa dan Penutup

Acara terakhir pada perayaan ulang tahun buah hati kita ini ialah doa sekaligus penutup. Doa disini berbeda dengan doa yang di ucapkan oleh orang tua ketika samabutan. Pada doa ini merupakan doa untuk semuanya termasuk kepada para tamu undangan dan acara yang kita buat agar mendapatkan berkah dan ridho dari Allah سبحانه و تعالى. Untuk pembacaan doa dapat dilakukan oleh MC dan sekaligus menutup acara.

Berbagai Tips Untuk Persiapan dalam Menyusun Acara Ulang Tahun Anak:

Berikut ini merupakan beberapa tips yang baik kita lakukan sebelum mengadakan acara ulang tahun pada anak kita. Apa saja tipsnya? yuk langsung saja simak dibawah ini:

Susunan Acara Ulang Tahun: Merancang Dekorasi Acara Ulang Tahun di Rumah
sigambar.com

1.  Membuat Persiapan Acara Ulang Tahun Anak Semaksimal Mungkin

Meskipun mengadakan acara ulang tahun anak di rumah, bukan berarti tidak terkesan mewah.  Dengan adanya perencanaan dan persiapan acara yang baik serta matang acara ulang tahun anak akan menjadi lebih meriah, berkesan dan yang lebih menguntugkan kita bisa berhemat biaya karena tidak ada biaya sewa gedung.

Persiapan ini dapat kita mulai dari perlengkapan sound sistem. Kita memanfaatkan peralatan yang ada dirumah seperti TV, DVD dan sound sistem. Apabila kita tidak mempunyai sound sistem dan mic kita bisa meminjam saudara ataupun tetangga dekat.

Selain itu, untuk menambah acara agar lebih kreatif dan berkesan dapat dengan cara paket bingkisan pengganti kado. Kita sediakan bingkisan-bingkisan kecil sebagai hadiah kepada para tamu undangan. Bingkisan senilai antara 5 – 10 ribu rupiah dapat berupa jajanzn, makanan ringan, snak atau mainan.

Namun alangkah lebih baiknya kita sediakan mainan Karena dengan mainan ini lebih tahan lama dan dapat diingat oleh penerima kalau mainan tersebut dari acara ulang tahun buah hati kita. Sehingga acara ulang tahun sang buah hati kita terasa berkesan juga kepada para tamu undangan. Kita usahakan untuk mainan ini semua tamu undangan dipastikan untuk mendapatkannya.

2. Membuat Dekorasi Acara Ulang Tahun Anak yang Kreatif dan Berkesan Meriah

Dekorasi ulang tahun anak yang kretif dan berkesan meriah ini dapat berupa balon, pita warna dan juga topi. Dengan adanya dekorasi tersebut dapat menjadikan suasana acara ulang tahun anak di rumah semakin meriah. Banyaknya corak warna warni yang disukai anak-anak akan menambah suasana menjadi lebih ramai dan meriah.

3. Memilih Bentuk Kue Tart yang Kreatif pada Saat Acara Ulang Tahun Anak

Susunan Acara Ulang Tahun: Memilih Kue Tart yang Unik
tokocokelat.blogspot.com

Dalam kebiasaan perayaan ulang tahun rasa coklat atau rasa strawberry ini sering menghiasi acara tersebut. Ada yang kecil, sedang dan besar, bahkan ada juga yang bertingkat. Namun seberapa pentingnya kue itu bagi orang yang berulang tahun?

Setelah kita mengikuti beberapa kali acara ulang tahun, ternyata kue ulang tahun hanya berarti untuk beberapa saat saja. Kue tart ini bukan lagi hal yang luar biasa. Karena setelah selesai perayaan si coklat manis akan berakhir di dalam lemari selama berhari-hari atau bahkan berakhir di tempat sampah.

Padahal harganya lumayan mahal. Jadi alangkah lebih baik apabila budget untuk kue tart tersebut kita gunakan untuk membeli sesuatu yang lebih berguna bagi si buah hati kita.

4. Memutar Lagu Anak-anak Saat Acara Ulang Tahun

Sebelum acara ulang tahun sang anak dimulai untuk lebih menghidupkan acara tersebut dapat kita awali dengan memutar lagu-lagu anak seperti lagu anak yang betemakan ulang tahun, nasionalisme dan bisa juga lagu-lagu anak sholeh.

Selain untuk menghidupkan suasana, dengan adanya lagu ini dapat sebagai penyambut para tamu undangan sehingga para tamu lebih tersuasana.

5. Contoh Games Acara Ulang Tahun Anak 5 Tahun

Demikianlah contoh susunan acara ulang tahun anak dari masbidin.net. Susunan acara ulang tahun diatas ini dapat digunakan untuk membuat acara perayaan ulang tahun anak usia 1, 3, 5, 7, 8 dan 10 tahun. Tidak hanya terpaut pada susunan diatas, untuk para bunda juga bisa mengembangkan lagi supaya acaranya lebih berkesan. Semoga artikel ini dapat menginspirasi dan bermanfaat. Terima Kasih