Ketahui Cara Merawat dan Membersihkan Sepatu Kulit ini, Dijamin Awet dan Selalu Mengkilap

Cara merawat dan membersihkan sepatu kulit – Salah satu aksesoris paling penting agar penamplian terlihat keren dan kekinian bagi seseorang terlebih pria dewasa ialah sepatu. Model sepatu yang digunakan secara tak langsung dapat mencerminkan karakteristik atau pribadi seesorang.

Apabila kamu tipe orang yang fashionable dan sangat menjaga penampilan, sudah pasti kamu tidak asing dengan model sepatu formal seperti oxford ataupun derby. Biasanya sepatu-sepatu tersebut terbuat dari bahan dasar kulit dan bisa didapatkan di tempat grosir sepatu pria.

Memang benar adanya, kalau sepatu kulit ini sangat menarik untuk dikenakan. Secara tak langsung juga dapat menunjukkan kulitas diri seseorang dari sisi luar maupun dalam. Dari sisi luar orang tersebut akan terlihat mapan dengan predikat pekerjaan dan kondisi keuangan yang tercukupi dengan stabil.

Sedangkan jikadari sisi dalam orang tersebut akan terlihat lebih dewasa dan memiliki pandangan yang luas terhadap sesuatu. Kalau kita fikirkan kembali, paradigma seperti ini memanglah sangat lucu. Namun kita juga tidak bisa memungkirinya kalau banyak orang berfikiran seperti itu khususnya para wanita.

Cara merawat sepatu kulit pria
Gambar via: aywan.net

Gaya dan kebiasaan kita dalam menggunakan sepatu menjadi sebuah refleksi dari diri kita sendiri. Secara tidak langsung, hal itu menunjukkan seperti apa kepribadian diri kita sebenarnya.

Dalam hal ketelitian dan kebersihan, biasanya kebanyakan dari kaum laki-laki sedikit menganggap remeh dan melupakannya dengan berbagai macam alasan. Padahal sepatu yang tidak terawat dan kotor dapat menjadi bomerang bagi diri sendiri.

Secara perawatan dan kebersihan, memang sepatu kulit ini tergolong gampang-gampang susah. Kenapa begitu? Karena apabila kita tidak pandai merawatnya, bahan kulit yang terdapat pada sepatu akan mudah retak bahkan pecah.

Belum lagi dengan warnanya yang mudah pudar ketika terlalu sering terkena sengatar sinar matahari. Sehingga membuat sepatu kulit kita tidak menarik lagi.

Tidak sedikit juga orang yang secara sengaja membiarkan sepatunya terlihat kotor dan rebel. Akan tetapi percayalah, sapatu kita yang bersih menunjukkan bahwa kita memilki pribadi yang baik dan beradab.

Maka dari itu, inilah cara-cara merawat dan membuat sepatu kita agar senantiasa terlihat bersih, kinclong dan menarik:

Mengenali Jenis Kulit pada Sepatu

Cara merawat dan membersihkan sepatu kulit jenis kulit sepatu
Gambar via: keepo.me

Langkah pertama untuk merawat sepatu yang berbahan dasar kulit ialah dengan mengetahui jenis kulit apa yang digunakan sebagai bahan sepatu kulit tersebut. Apabila kulit tersebut memiliki kualitas yang baik, maka kita dapat sedikit lebih santai karena akan semakin mudah dalam melakukan perawatannya.

Meskipun hal ini tetap membutuhkan modal yang tidak sedikit. Selain itu, kita juga harus mengetahui sifat kulit pada sepatu tersebut. Apakah kulitnya elastis atau tidak.

Kemudian apakah kulit tersebut tahan dengan perubahan cuaca atau tidak (sering terkena sengatan matahari maupun air hujan). Bahkan mengetahui tingkat kelembaban sepatu juga perlu kita ketahui agar dapat merawatnya dengan maksimal.

Perhatikan Posisi Ketika Menaruh Sepatu Kulit  (Jangan Sampai Tertindih)

Cara merawat sepatu kulit jenis kulit sepatu
Gambar via: sejutaceritasukses.blogspot.com

Langkah berikutnya ialah bagaimana kita menyimpan atau meletakkan sepatu kulit tersebut. Apabila kita meletakkannya di atas rak sepatu, usahakanlah untuk selalu memberi jarak antara sepatu kulit kita dengan sepatu yang lain.

Tujuannya ialah untuk menghindari kemungkinan terjadinya baret pada sepatu akibat dari gesekan dengan sepatu lainnya. Tentunya kita ngga maukan kalau sampai ada scracth pada sepatu kulit kesayangan kita. Apalagi sampai terlihat jelas ketika digunakan. Waduh ngga banget tuh!

Hindari Udara Lembab Agar Sepatu Kulitmu Lebih Awet

Cara merawat dan membersihkan sepatu kulit hindari udara lembab
Gambar via: simpleather.com

Bagaimanapun jenis sepatu kulit kita, menjaganya dari udara lembab sangatlah diperperlukan. Karena udara lembab dapat mengakibatkan sepatu kulit berjamur dan lapuk. Sehingga tidak akan menarik lagi ketika dipakai bahkan malu untuk memakainya.

Apabila kita menaruh sepatu kulit tersebut di dalam kotak, biasakan pula terdapat silica gel yang menemaninya agar terhindar dari jamur dan lembab pada kulit.

Apabila kita tidak memilki silica gel, maka dapat menggantinya dengan menggunakan koran bekas sebagai penyerap bau. Kemudian letakkan kotak sepatu kulit kita di tempat yang kering.

Kuasai Cara Mencuci Dan Mengeringkan Sepatu Kulit Dengan Benar

Cara merawat sepatu kulit mengeringkan dengan hairdryer
Gambar via papasemar.com

Cara mencuci sepatu kulit yang benar juga berpengaruh besar dalam proses merawat sepatu kulit. Usahakan untuk selalu memakai sikat khusus atau yang sejenis dengan sponge ketika sedang membersikannya.

Tentunya sikat khusus untuk membersihkan sepatu kulit berbeda dengan sikat pada umumnya. Pada sikat khusus untuk membersihkan sepatu kulit mempunyai permukaan yang halus. Sehingga tidak akan membuat scratch pada sepatu kita.

Tidak hanya mencuci sepatu kulit dengan baik, cara mengeringkan sepatu kulit juga perlu diperhatikan. Jangan sampai kita mengeringkan sepatu kulit kesayangan di luar rumah ketika panas matahari sedang teriknya. Karena panas matahari yang berlebihan dapat mengakibatkan bahan kulit pada sepatu mudah pecah.

Apabila kita ingin menggunakan hairdryer untuk mengeringkan sepatu kulit kita, terlebih dulu lapisi sepatu kulit dengan koran bekas. Tujuannya ialah untuk menghindari terjadinya panas yang berlebihan dari hairdryer ke kulit sepatu.

Agar Tetap Menarik, Cobalah Untuk Menyemir Sepatu Kulit

Cara merawat dan membersihkan sepatu kulit menyemir sepatu
Gambar via: wxrw123.com

Agar sepatu kulit kita selalu terlihat elegan dan kekinian, cobalah untuk menyemirnya dengan teratur. Tujuannya sanga simpel yaitu supaya warna kulit pada sepatu senantiasa terlihat mengkilap layaknya sepatu baru.

Gunakanlah produk semir sepatu yang terpercaya dalam mempertahankan warna kulit pada sepatu. Supaya warnanya lebih terjaga dan tidak rusak, pilihlah warna semir yang sesuai dengan warna  kulit pada sepatu.

Ketika kita menyemir, biasakanlah untuk menyemirnya dengan cara satu alur atau satu arah supaya tekstur kulit tidak berubah dan terlihat alami.

Apabila terdapat retak-retak tipis pada sepatu kulit kita, cobalah untuk mengatasinya. Caranya ialah dengan melapisi bagian tersebut menggunakan produk-produk khusus pelapis kulit sepatu. Biasanya produk pelapis ini dapat bertahan dari berbagai macam perubahan cuaca seperti terik matahari dan air hujan.

Merawat sepatu kulit memanglah tidak mudah, makanya tidak jarang orang yang tidak sabar dalam menjalankannya. Karena merwat sepatu kulit membutuhkan banyak tenaga, kesabaran dan tentunya harus mengetahui cara-caranya yang benar.

Akan tetapi percayalah, kita tidak sedang membuang waktu sis-sia karena membersihkan dan merawat sepatu kulit. Justru dengan selalu membersihkan dan merawatnya, hal tersebut akan menambah kesan positif terhadap penampilan kita. Ingatlah sepatu kita yang bersih menunjukkan cerminan kepribadian bahwa kita seorang pria yang rapih.

  • grosir sepatu converse

    wah perawatan yang sangat bermanfaat