9 Perlengkapan Wajib bagi Pengusaha Jasa Fotocopy

Apakah kamu berencana membuka jasa fotocopy? Jika iya, maka kamu membutuhkan sejumlah perlengkapan pendukung agar usaha yang kamu rintis tersebut bisa berjalan dengan lancar dan terus berkembang dengan baik.

Sebelum menjalankan bisnis satu ini tentunya kamu juga harus menentukan lokasi yang strategis untuk membuka jasa fotocopy.

Karena lokasi bisa menentukan omset yang akan kamu dapatkan nantinya. Maka dari itu, tentukan terlebih dahulu tempat usaha yang tepat dan strategis. Misalnya saja tempat yang banyak sarana kantor, sekolah dan kampus.

Tentunya ini akan sangat menguntungkan sekali buat usaha kamu. Kalau sudah menentukan tempat yang pas untuk memulai usaha fotocopy, siapkan juga beberapa perlengkapan pendukung berikut ini!

1. Mesin Fotocopy

Usaha Mesin Jasa Fotocopy
Sumber: pinterest[dot]com

Mesin fotocopy menjadi salah satu alat yang wajib dimiliki terlebih dahulu saat akan membuka jasa fotocopy.

Pasalnya, alat satu ini memiliki peran utama untuk mem-fotocopy banyak dokumen. Untuk harga jelas bervariasi,  mulai dari 15 hingga 30 jutaan. Sesuaikan dengan modal yang kamu punya.

Tapi kalau modal kamu tidak mumpuni, kiranya kamu bisa membeli mesin fotocopy bekas yang pastinya dengan kualitas yang masih terjaga dengan baik. Harganya pun lumayan, bisa turun ke harga 6 sampai 9 jutaan.

2. Mesin Laminating

Jasa Fotocopy Mesin Laminating
Sumber: pinterest[dot]com
Biasanya ada para konsumen yang ingin melaminating dokumen seperti ijazah di tempat fotocopy. Jadi kamu juga harus menyediakan jasa laminating di tempat usaha milikmu dan juga memenuhi mesin laminating ini.

Jika berbicara harga, mesin laminating ini memiliki harga antara 1 juta hingga 1.5 juta rupiah.

3. Alat Pemotong Kertas

Jasa Fotocopy Alat Pemotong Kertas
Sumber: pinterest[dot]com
Sediakan juga alat pemotong kertas atau multi paper cutter di tempat usaha fotocopy milikmu. Ini berguna untuk memotong banyak lembar kertas sekaligus.

Cara penggunaannya juga mudah, hanya dengan sekali gerakan maka lembar kertas tersebut dapat terpotong dengan rapi.

Alat satu ini tentunya dibutuhkan demi kerapian dokumen yang telah di fotocopy. Karena biasanya ada beberapa hasil cetakan yang lebih kecil dari ukuran kertas.

4. Printer

Jasa Fotocopy Printer
Sumber: pinterest[dot]com
Perlengkapan satu ini juga tak kalah pentingnya. Karena akan ada banyak orang yang membutuhkan jasa ini untuk memenuhi kebutuhannya dalam mencetak dokumen, foto, undangan dan lain sebagainya.

Jadi usahakan untuk memenuhi perlengkapan ini di tempat usaha fotocopy milikmu. Untuk printer harganya bervariasi semua tergantung dengan merk yang kamu pilih.

Printer HP sepertinya memiliki harga yang relatif murah sekitar 500 ribu sampai 1 jutaan. Sedangkan harga printer Epson kisaran harga diatas Rp 2 jutaan. Tentunya dengan kualitas dan fitur yang jauh lebih baik.

5. Komputer

Jasa Fotocopy Komputer
Sumber: pinterest[dot]com
Untuk memenuhi kebutuhan nge-print tentunya harus ada komputer di tempat usahamu. Pasalnya, printer dapat beroperasi melalui komputer atau laptop.

Umumnya, komputer ini berguna untuk menyeting segala dokumen seperti edit foto dengan background foto yang berwarna, undangan serta setting dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

6. Etalase Kaca

Jasa Fotocopy Etalase Kaca
Sumber: pinterest[dot]com
Agar usaha fotocopy kamu bisa berkembang dengan baik. Kamu juga bisa menjual perlengkapan ATK untuk menambah beragam usaha fotocopy milikmu.

Untuk memajang perlengkapan ATK tentunya kamu membutuhkan etalase kaca untuk menyimpan segala ATK seperti pulpen, penghapus, pensil, tipe X, penggaris, rautan dan lain sebagainya.

7. Cover Jilid

Jasa Fotocopy Cover Jilid
Sumber: baliprintshop[dot]com
Setiap usaha fotocopy umumnya tersedia jasa penjilidan dokumen. Nah, biasanya ada beberapa konsumen yang membutuhkan cover jilid yang spesifik untuk dokumennya seperti hardcase atau softcase.

Untuk itu, sediakan juga beragam cover jilid di tempat usahamu serta melatih diri untuk menjilid dokumen dengan benar.

Karena jika hasilnya rapi para konsumen akan puas dengan jasa fotocopy kamu hingga kembali lagi ke tempat usaha milikmu

8. Meja Kursi

Jasa Fotocopy Meja Kursi
Sumber: pinterest[dot]com
Perlengkapan satu ini sebenarnya hanya sebuah opsional. Dimana meja berguna untuk meletakkan komputer, printer, mesin laminating dan perlengkapan lainnya.

Sedangkan kursi, berfungsi sebagai tempat duduk ketika didepan komputer. Jika usaha kamu ramai pembeli, kamu juga perlu menyediakan kursi untuk konsumen yang antri.

9. Neon Box

Jasa Fotocopy Neon Box
Sumber: pinterest[dot]com
Neon box ini merupakan sebuah papan nama kotak yang bisa menyala. Di setiap usaha fotocopy wajib mempunyai papan nama satu ini. Pilihlah neon box yang sudah tersedia nama merk mesin fotocopy kamu.

Setelah itu pajang di tempat usaha fotocopy milikmu. Sehingga konsumen langsung tahu jika itu adalah tempat usaha fotocopy.

Demikianlah pembahasan tentang perlengkapan-perlengkapan yang dibutuhkan usaha fotocopy. Jadi, perlengkapan apa saja yang belum tersedia di tempat usaha milikmu?

Silahkan berkomentar dengan santun

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.