Hikmah dari 5 Detik Sebuah Pisang

masbidin.net – Salah satu pengalaman yang paling berkesan ketika bekerja di sebuah perusahaan manufakturing ialah menghabiskan sebuah pisang hanya dengan waktu 5 detik. Jadwal istirahat yang begitu ketat sehingga tidak butuh waktu lama untuk melahap sebuah pisang.

keepo.me
keepo.me

Siang itu ketika jam istirahat saya belum sempat menghabiskan pisang di tempat makan yang di sediakan oleh perusahaan. Sehingga saya membawanya ke line (tempat bekerja karyawan dengan konveyor/mesin berjalan) tempat saya bekerja.

Jam Kerja yang Ketat

otomotif.news.viva.co.id
otomotif.news.viva.co.id

Waktu istirahat yang begitu ketat sehingga saya tak dapat menghabiskan pisang di tempat makan. Maklum anak baru takut ketinggalan konveyor. Daripada ngga dimakan mending disimpen dulu  untuk dimakan nanti. Selepas makan bersama kawan-kawan satu line kami naik tangga satu  lantai untuk sholat Dzuhur.

almostadecade.wordpress.com
almostadecade.wordpress.com

Waktu istirahat kami siang kami hanya 40 menit. Mulai  ke kamar mandi untuk cuci tangan kemudian makan di lantai 5 itu pun harus naik tangga karena kalau naik lift antreannya terlalu lama. Di lanjutkan mengantri (terkadang panjang) untuk mengambil makan terus melahap makan itu sendiri dan selanjutnya sholat Dzuhur. Semua itu harus selesai dalam waktu 40 menit tet dan kalau bisa kurang dari itu.

Sehingga saya harus mengencengkan ikat pinggang erat-erat kala itu. Perubahan hidup yang sangat drastis sepanjang umurku. Awal pengalaman hidup yang sangat berharga yaitu mengetahui betapa bernilainya untuk sebuah waktu. Padahal selama ini belum pernah mengatur waktu seketat itu.

5 Detik Untuk Melahap Sebuah Pisang

Bakda sholat Dzuhur saya turun  dari masjid untuk kembali ke tempat kerja dengan menenteng sebuah pisang. Tepat 40 menit, saya menghabiskan waktu istirahat siang. Konveyor pun mulai berjalan, namun tugas memasang baut dan mengencagkan pada unit yang berada di station sudah saya selesaikan sebelum pergi untuk istirahat.

life.idntimes.com
life.idntimes.com

Sehingga ada waktu beberapa detik untuk menunggu unit setelahnya sampai ke station saya. Dengan cekatan saya tidak menyia-nyiakan waktu tersebut. Saya kupas itu pisang kemudian langsung saya kunyah dengan cepat untuk di telan. Hanya butuh 5 detik sebuah  pisang sudah masuk dalam perutku. hehehe

Seketika itu juga teman kerja yang berada di samping saya menjadikan momen ini menjadi bahan candaan. “Ayo Zae ayoo Zae buruan unit keburu sampai”, candanya kepadaku.

Tanpa jeda saya langsung mengerjakan tugas saya karena konveyor yang terus berjalan hingga unit sudah di depan. Sambil tertawa saya melanjutkan pekerjaan saya.

Hikmah yang Dapat Saya Ambil

ceritaanda.viva.co.id
ceritaanda.viva.co.id

Dari sisi saya belajar banyak hal terutama tentang waktu. Dimana saat-saat tertentu ketika kita dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik -baiknya ternyata waktu yang sedikit itu bisa. Melakukan yang di luar kebiasaan.

Atas peristiwa ini juga terkadang di jam-jam tertentu waktu yang sedikit saya gunakan untuk melakukan banyak hal. Lebih tepatnya memperhitungkan suatu pekerjaan dengan seefisien mungkin. Bahkan sampai ke detail pekerjaan beserta durasi waktu yang dibutuhkan sebelum melakukan perkerjaan tersebut.

Alhasil ketika berjalan sesuai dengan rencana seperti ada rasa bangga dan bahagia tersendiri. Karena ternyata waktu yang sedikit itu bukan persoalan utama namun bagaimana kita mengatur waktu tersebut.

pixabay.com
pixabay.com

Pada dasarnya dalam sehari manusia di beri waktu yang sama oleh Tuhan yaitu 24 jam. Banyak dari manusia yang memanfaatkan dengan sungguh-sungguh sehingga ada yang dapat dikatakan berhasil di usia muda. Tidak sedikit juga yang sudah berumur namun belum dapat dibilang sukses.

Ya memang kalau berbicara kuasa Allah, semua terserah kepada Allah. Akan tetapi kita sebagai manusia juga di peringatkan dengan Al Qur’an pada Surah ke 13 (Ar-Ra’d) di ayat 11: “Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri”.

Berdasarkan redaksi diatas dapat diambil pelajaran bahwa kita harus melakukan sesuatu untuk membuat suatu perubahan terutama untuk diri kita sendiri. Jelas ketika kita ingin melakukan sesuatu agar dapat tercapai membuat rencana atau mengatur sedetail mungkin jenis perkerjaan tersebut sangatlah penting.

satujam.com
satujam.com

Sehingga waktu yang kita miliki menjadi efisien karena kita telah memperhitungkan semuanya. Intinya pandai-pandailah untuk mengatur waktu agar suatu hari kita dapat berbangga diri untuk banyak hal yang telah kita kerjakan namun dalam waktu yang singkat.