Pengalaman Pertama Instal Ulang Laptop

masbidin.net – Instalagi laptop atau menginstal laptop ialah kegiatan mengganti Operating System (OS) yang ada pada laptop dengan OS yang baru, bisa dengan OS terbaru (Upgrade) atau dengan OS yang sebelumnya (Downgrade).

instal windows 7 - masbidin.net
bagarsclothing.files.wordpress.com

Penyebab Instalasi Laptop

Instalasi laptop ini biasa dilakukan karena terjadi masalah pada perangkat lunak yang ada di laptop. Untuk masalah yang dialami ada banyak macam. Seringnya setiap masalah yang dihadapi oleh laptop satu dengan yang lainnya berbeda-beda.

windows corrupt - masbidin.net
lifehacker.com.au

Berdasarkan dari pengalaman saya, kebanyakan proses instalasi sendiri dikarenakan terjadi masalah dengan OS-nya seperti ada data yang corrupt. Untuk corrupt ini bisa disebabkan oleh file yang sudah rusak bisa juga tidak cocok dengan hardware bawaan laptop.

Padahal tanpa harus melakukan instalasi masalah yang ada pada laptop bisa diperbaiki dengan mencari penyebabnya. Namun hanya sedikit orang yang mau memperbaiki kesalahan pada laptop dengan cara mencari penyebabnya.

Selain prosesnya yang lebih rumit juga banyak menghabiskan waktu dan belum dipastikan ada hasilnya.
Sehingga banyak yang memilih untuk meng-instal ulang laptop karena prosesnya yang mudah (bagi yang sudah pernah) serta waktu yang tidak terlalu lama. Apalagi untuk OS yang sekarang waktu instalasinya lebih cepat.

partisi hardisk, instalasi windows 7 - masbidin.net
jomphp.com

Namun harus tetap memperhatikan dengan teliti juga sewaktu proses instalasi. Percuma instal ulang kalau file corrupt atau tidak cocok dengan hardware. Masalah instalasi biasanya muncul ketika baru selesai instalasi kemudian muncul jendela menunjukkan pesan seperti ada troubleshoot dengan windows.

Sehingga lebih baik untuk mengganti OS dengan versi yang lain atau kalau mau mengetahui pokok permasalahan bisa saja untuk mencoba cek. Biasanya ada yang tidak support dengan salah satu hardwarenya.

Awal Kali Saya Menginstal Ulang Laptop

Dulu pertama kali instalasi laptop ketika masih kelas 11 SMK. Bersama dengan temen sekelas di rumah guru kami yang tidak jauh dari rumah, kami  belajar instalasi laptop.

copy file - masbidin.net
muharrir1992.blogspot.com

Awalnya saya diajak oleh temen sekelas untuk main ke rumah guru. Kemudian saya ikut, mungkin dia mau meng-copy file atau software saja dari pak guru. Kira-kira bakda isya kami berangkat kerumah guru kami yang jago dalam hal komputer.

Sesampai disana kami langsung to the point aja ada perlu dengan software pada laptop kami. Tak hanya software kebutuhan kami, ternyata beliau malah menawari kami dengan OS yang baru saja beliau dapatkan. “OS ini tak hanya ringan namun juga mempunyai user guide dan security yang bagus “, papar beliau yang sudah mencobanya.

Kemudian temen pun langsung tertarik untuk mencoba di laptopnya. Berbeda denga saya yang tidak begitu tertarik, karena sore tadi laptop saya juga baru selesai di instal ulang. Sambil menunggu temen instalsi laptop guruku menjelaskan kelebihan-kelebihan daripada OS yang dikasihnya itu.

Dari penjelasan belaiu serta melihat sendiri kelebihan OS yang ditawarkan, memang lebih baik dari OS yang baru dipasang pada laptop. Sehingga malam itu saya tertarik untuk mengganti lagi OS yang baru dipasang tadi sore.

Windows 7 Black Edition - masbidin.net
deluxedescargas.com

Sambil belajar, sedikit demi sedikit saya mengetahui cara-cara untuk insalasi laptop. Tak terasa malam pun semakin larut, waktu menunjukkan pukul 00.30 sehingga kami harus pulang. Kami pulang dengan perasaan gembira karena di laptop kami ada OS baru yang kira-kira tanggal rilisnya sekitar satu bulan.

Setelah tahu langkah-langkah  proses instal ulang laptop, sampai di rumah saya langsung melanjutkan menginstal software-software keperluan saya seperti beberapa driver yang belum selesai di instal. Tidak hanya itu, saya juga menginstal beberpa software grafis seperti Adobe Photoshop dan Corel Draw yang tidak boleh ketinggalan dari laptop saya.

Hal-hal yang Perlu di Perhatikan Setelah OS Baru Terpasang

Namun sebelum menginstal software grafis, sebelumnya saya menginstal antivirus terlebih dahulu supaya keamanan laptop dari virus lebih terjaga. Apalagi laptop rampung di instal ulang, jadi lebih baik di instal antivirus terlebih dulu.

ex.ua
ex.ua

Kalau dari saya setelah laptop terpasang OS baru kemudian melajutkan dengan menginstal driver-driver laptop. Meskipun untuk OS sekarang tanpa driver hardware sudah bisa digunakan namun lebih baik tetap di instal drivernya. Agarnya kinerja hardware dapat di maksimalkan.

Setelah driver (software pengelola kinerja hardware) terinstal semuanya, baru saya menginstal antivirus. Kemudian dilanjutkan dengan software-software keperluan lainnya. Setelah antivirus terinstal, bebas memilih instal software office atau grafis maupun player terlebih dulu.

software komputer - instal software komputer - masbidin.net
tempatinstallaptopjogja.wordpress.com

Satu per satu software telah terinstal di laptop. Saking senengnya belajar instal OS beserta software-software pendukung lainnya hingga mata yang sudah berat tetap ditahan. Sampai pertahanan mata pun jatuh di angka 03.30. Akhirnya selamat pagi selamat beristirahat . . ..

Ternyata proses instal ulang laptop begitu caranya (hanya next-next aja) namun tetep memperhatikan perintah/informasi yang muncul pada jendela. okehdeh 😉

Sekian pengalaman pertama saya instal ulang laptop, semoga bermanfaat 🙂

Assalamu alaikum warahmatullah

Loading…