Pendaftaran Saya ke Sintesa

masbidin.net – Sintesa merupakan nama sebuah pesantren modern yang terletak di Dusun Jaranan Desa Ngadirejo Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan Jawa Timur. Pesantren yang berdiri belum ada dua tahun ini memiliki jumlah santri sekitar 60 orang.

facebook.com/sintesa.play/
facebook.com/sintesa.play/

Fokus Pesantren Sintesa

Pesantren Sintesa agak berbeda dengan pesantren pada umumnya karena di pesantren ini  para santrinya tidak hanya dibekali dengan ilmu-ilmu agama saja.  Tetapi juga  dibekali ilmu dunia dalam bidang teknologi informasi. Internet Marketing, itulah ilmu dunia yang diajarkan di pesantren Sintesa. Dimana ilmu ini sangat jarang di dipelajari oleh pesantren manapun.

internet marketing
pittsburghseoservices.com

Bahkan setau saya hanya di Pesantren Sintesa yang para santrinya dibekali ilmu tentang internet marketing. Karena sepengetahuan saya di pesantren itu belajarnya ya ilmu tentang agama. Dari ilmu agama tentang agama saja sudah banyak yang dipelajarinya, seperti belajar Al Qur’an, Hadist, Kitab Kuning, Hafalan Al Qur’an, Kibat Fikih dan masihnya banyak lagi tentunya.

membaca dan menghafal Al quran
wajibbaca.com

Tidak hanya ilmu tentang internet marketing, di pesantren Sintesa juga memfokuskan para santrinya untuk belajar mengahafal Al Qur’an. Dua hal inilah yang membuat saya begitu tertarik untuk belajar di pesantren yang berdiri sejak Januari 2015 silam.

Darimana Saya Mengetahui Sintesa?

Awal mengetahui tentang Sintesa dari beranda Facebook saya dimana ada seorang temen saya membagikan sebuah halaman web. Ketika saya membuka halaman website tersebut ternyata berisi tentang penerimaan santri baru dari pesantren yang fokus pada hafalan Qur’an dan internet marketing ini.

Dari beranda Facebook itu kemudian saya membaca-baca profil dari pesantren modern ini. Setelah mengetahui ilmu-ilmu yang dipelajari, kemudian saya mencoba mengisi form yang ada untuk mendaftar sebagai santri.

gambar beranda facebook
masbidin.net

Kira-kira dua hari sebelum pengumuman santri yang diterima, ada panggilan tak terjawab dihanphone . Karena nomor tidak dikenal, saya hanya membalasnya dengan pesan singkat seperti ini, “siapa ya?”. Ternyata pesan saya tidak dibalas hingga keesokan harinya nomor tersebut memanggil lagi, namun lagi-lagi saya tidak mengangkatnya.

Maklum kalau dirumah saya sering ninggalain handphone, biasalah anak kos lagi pulang dari perantauan agak males bawa-bawa hanphone (kebanyakan interaksi dengan handphone ketika dikos). Padahal waktu ada panggilan saya masih berada di alam mimpi, hehehehe

smartphone apple+case
tokopedia.com

Dua kali ini nomor tersebut tidak saya angkat panggilannya karena bertepatan saya tidak membawa handphone akhirnya membalas pesan kemaren sore dan menyatakan dari Sintesa. Ketika membaca pesan yang menyatakan dari Sintesa, saat itu juga saya langsung girang sangat. Saya langsung yakin kalau bakal diterima di pesantren Sintesa.

Mungkin dari beberapa lamaran yang sudah saya apply tidak ada panggilan juga sangat berpengaruh. Sehingga ketika ada panggilan dari sebuah instansi yang mana saya melampirkan lamaran langsung merasa diterima.

Kemudian singnya saya membalas dengan harapan dapat diterima di pesantren. Tidak lama kemudian nomor tersebut menelfon lagi dan mewancara saya, Alhamdulillah hanya menguji dengan membaca AL Qur’an dan menanyakan ketika mendaftar di Sintesa sudah ada ijin dari orang tua atau belum.

Akhirnya hari yang saya tunggu-tunggu pun tiba, yap hari pengumuman santri yang diterima. Dari pagi saya udah semangat banget untuk melihat hasil pengumumannya. Mulai dari fanspage yang ada di Facebook dan web sintesa.net saya pantau terus, udah ngga sabar untuk tahu hasilnnya.

Persiapan Berangkat ke Sintesa

packing-tips-for-bulky-winter-clothes
sheknows.com

Alhamdulillah bakda Ashar saya cek kembali ke fanspage yang ada di Facebook, nama saya tercantum pada daftar calon santri yang diterima. Alhamdulillah kemudian saya langsung mengatakan kepada orang tua kalau  saya diterima. Orang tua pun mengizinkan untuk saya berangkat ke Pesantren Sintesa.

Selain itu orang tua saya juga mengingatkan untuk segera mengambil barang-barang saya  yang masih ada kosan(Ibukota). Karena sebelumnya masih ngekos disana dan pengennya juga dapat kerja di Jakarta. Namun takdir Tuhan selalu lebih indah dengan memberikan kesempatan kepada saya untuk belajar menambah ilmu lagi .

Sehingga saya memilih Sintesa, daripada saya harus membuat lamaran kerja yang mana saya menilai saya belum mengusai banyak hal dengan ijasah yang saya miliki.

Jum’atnya saya langsung berangkat ke Jakarta karena pengumumannya hari Kamis, untuk menyelesaikan hal-hal yang masih ada sangkutan. Sampai di Ibukota saya hanya mengambil barang-barang dan berpamitan dengan tetangga sekitar kemudian langsung pulang.

naik bus
shutterstock.com

Karena jarak waktu pengumuman dengan keberangkatan di pesantren sangat mepet untuk saya yang masih ada keperluan di Ibukota. Sehingga setelah sampai di rumah selang satu hari saya langsung berangkat lagi ke Pesantren Sintesa. Hari-hari saya yang banyak dalam perjalanan namun tetap menyenangkan, karena perjalanan yang ada tujuan.

Hari selasa berangkatlah saya ke Pesantren Sintesa bersama kaka dan ayah untuk mengantar. Alhamdaulillah dapat sampai di pesantren dengan selamat, meskipun harus bertanya beberapa kali padahal sudah sampai di  deket dengan pesantren.

Seperti itulah kurang lebih cerita pendaftaran ke Pesantren Sintesa, semoga dapat menginspirasi 🙂

Assalamu ‘alaikum warahmatullah