seo, mengenal seo - masbidin.net

Mengenal SEO untuk yang Pertama Kali

seo, mengenal seo - masbidin.net
code95.com

masbidin.net – Pernah mendengar atau mengetahui tentang SEO, hanya saja tidak paham apa itu SEO, untuk apa SEO, bagaimana SEO bekerja. Ketertarikan tentang SEO pun tidak ada sehingga itikad untuk mempelajarinya juga tidak ada.

Hingga setelah masuk Sintesa saya baru mengenal apa itu SEO kemudian bagaimana SEO itu diaplikasikan. SEO (Search Engine Optimization) sendiri  adalah sekumpulan proses terstruktur yang dilakukan oleh para webmaster untuk menambah jumlah pengunjung pada halaman web tertentu melalui mesin pencari.

Belajar SEOku yang Pertama

Tahap awal belajar SEO tidaklah mudah, apalagi untuk saya yang baru pemula pake banget mengenal SEO. Dapat dibilang tidak tau sama sekali sehingga harus ekstra belajar untuk kemudian mempraktekkannya. Alhamdulillah di Sintesa saya di mentori oleh para mastah yang sudah ahli dalam SEO.

jumlah-visitor-puluhan-ribuhistats-masbidin.neta
flippa.com

Hal ini dibutktikan oleh meraka dengan jumlah pengunjung pada webnya sudah mencapai puluhan ribu. Terlebih mereka tidak hanya memiliki satu web saja. Karena itu teori-teori dari mereka apabila diterapkan Insya Allah mujarab. Sehingga saya harus benar-benar memperhatikan untuk kemudian mempraktekkan teori dari beliau-beliau agar dapat muncul di halaman pertama Goolge, terlebih bisa nangkring paling atas. 😀

Meskipun tugas yang diberikan terkadang banyak menyita waktu, namun itu semua akan kembali kepada saya sendiri. Begitu juga yang seharusnya saya lakukan, meninggalkan hal-hal yang dirasa tidak perlu supaya dapat lebih fokus. Sampai tujuan dari belajar SEO dapat berbuah manis.

10000-visitor-website-traffic-masbidin.net
seoclerk.com

Seperti dari tujuan dari para mentor saya yaitu halaman pertama google dan kalau bisa mendapatkan jumlah pengunjung 10.000 visitor. Dimana jumlah tersebut belum bisa saya banyangin bagaimana cara mencapainnya. Tapi rasa yakin itu harus di tanamkan supaya gairah belajar dan menyelesaikan tugas meningkat.

Tugasku Membuat Artikel Pribadi

menulis, membuat artikel - masbidin.net
pixabay.com

Tidak sedikit orang yang dapat membuat sebuah karya tulis, apalagi untuk sebuah pengalaman pribadi. Namun disini kami yang belajar SEO mau tak mau harus bisa membuatnnya. Kenapa saya bilang harus bisa?

Karena disini kami tidak hanya di beri tugas melainkan sebelum tugas diberikan kami telah di belajari bagaimana cara mengerjakan tugas tersebut. Dalam hal ini tugas yang diberikan membuat artikel. Masih ingat kan dengan celoteh pertama masbidin.net?

Struktur_Alur_certita-kerangka-artikel-mabidin.net
wikimedia.org

Itu adalah tugasku pertama membuat artikel. Dari artikel tersebut mulailah saya belajar membuat artikel dengan kriteria yang sudah ditentukan. Istilahnya supaya jari-jari tangan ini terbiasa dengan mengetik dan membuat artikel. Karena tugas berikutnnya masih dan berkaitan dengan artikel.

Bahkan mentor saya pernah bilang “disini itu kamu bakalan nulis terus, jadi siapin ajah yah”. Hari demi hari pun terlewati dengan menumpulkan satu artikel setiap harinya. Sampai pda hari yang ke sepuluh yang artinya sudah ada sepuluh artikel yang saya buat. Kemudian persiapan untuk materi selanjutnya. Apa materi selanjutnya? lihat bawah yaa ^-^

Research Keyword

keyword-planner-research-keyword - masbidin.net
risetdata.com

Setelah beberapa hari berjalan dengan mengumpulkan satu artikel setiap hariya samapailah saya pada tugas berikutnya. Tugas kali ini sudah mulai memasuki tentang SEO, yaa meskipun membuat artikel dengan kriteria yang diberikan juga sudah termasuk.

Namun tugas research lebih menjurus lagi, dimana saya harus membuat penelitian tentang kata kunci yang sesuai dengan kemampuan web yang baru dilahirkan. Tidak mungkan to web yang baru lahir bisa muncul di halaman pertama google?

Nah disini saya mulai melakukan penelitian kata kunci dengan ketentuan yang diberikan yaitu keyword tersebut pencariannya dalam satu bulan di bawah satu bulan adalah 500. Setelah mendapatkan kata kunci tersebut saya juga harus mengecek pada halaman pertama google.

Ada apa dengan halama pertama google? Sesuai dengan target awal yaitu web kami muncul di halaman pertama Goolge. Ketika di halaman pertama Google ada web dengan DA (Domain Autority) tinggi atau minimal ada web dengan nilai DA diatas 20 ada keberadaaanya lebih dari 4 maka saya harus mengganti keyword yang sudah saya cari.

domain-authority- DA- Page-authority - masbidin.net
trickyenough.com

Selain DA saya juga harus memperhatikan PA (Page Autority) yang ketentuannya sama dengan DA. Ketika  beberapa web dengan nilai PA diatas 20 sudah nongkrong di halaman pertama Google  maka saya harus balik kanan untuk mengganti keyword saya.

Ternyata research keyword tidak semudah dalam bayangan. Biasanya mau mengetik apapun di Google tinggal cari aja. Kali ini membuat 30 kata kunci saja kerepotan. Karena mencari yang sesuai kriteria itu tidak mudah, cie sesuai kriteria cie ahahhaha

Begitulah pengalaman pertama saya mengenal dunia SEO, dari belajar membuat artikel yang sesuai kriteria mesin Google kemudian artikel tersebut juga memberi manfaat kepada user atau paling ngga, ya bisa nyaman dibaca user.

Kemudian research keyword, disinilah saya harus benar me-manage waktu yang saya miliki dengan baik. Karena terkadang waktu 24 jam dalam sehari itu dirasa cukup. Hal ini juga diraskan oleh beberapa dari temen saya.

Beberapa temen yang saya perhatikan ketika waktu jam tidur dimana jam tersebut semua harus meninggalkan laptop masing-masing, namun telihat masih enggan seolah masih banyak hal yang harus dan belum selesai untuk di kerjakan.

Sekian dulu ya berbagi pengalaman tentang SEO tahap awal saya semoga bermanfaat 😉

Assalamu ‘alaikum warahmatullah