aneka jenis tanaman indoor

Aneka Jenis Tanaman Hias Indoor Beserta Penjelasannya

Tanaman hias indoor –  Apabila kita dapat memilih tanaman hias indoor yang tepat, terdapat banyak sekali fungsi yang akan kita dapat. Diantaranya ialah sebagai pengusir nyamuk, penyerap polutan, pembersih ruangan, penyejuk rungan mempercantik ruangan dan lain sebagainya.

Menghiasi sudut ruangan dalam rumah dengan tanaman hias indoor merupakan salah satu cara terbaik. Bunga yang  menawarkan keindahan akan membuat ruangan terasa lebih nyaman dan bersih. Selain itu kehadiran tanaman hias indoor yang hidup ini banyak memberikan pengaruh positif bagi pemilik rumah.

Kemampuannya memproduksi oksigen yang dibutuhkan tubuh, tanah yang berada di dalam pot dapat menyerap senyawa-senyawa mikro berbahaya dan mudah menguap di udara sehingga keberadaan tanaman hias juga bisa menjadi pembersih udara alami dalam ruangan.

aneka jenis tanaman indoor
tatakebun.blogspot.com

Hasil dari sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ruangan kerja yang nyaman serta dihiasi dengan tanaman dapat mengurangi resiko kelelahan fisik setelah bekerja. Selain itu juga dapat mengurangi resiko stres. Tidak hanya itu, adanya tanaman hias ini dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara umum.

Mengisi ruangan kerja dengan tanaman hias juga memberikan efek yang sama dengan berlibur di pegunungan. Namun kita juga harus memperhatikan tanaman yang akan kita gunakan untuk menghias ruangan. Karena beberapa tanaman memiliki daerah hidup atau kondisi kecocokan hidup yang berbeda-beda.

3 Kriteria Tanaman Hias dalam Ruangan (Indoor)

Ketika kita hendak menghiasi ruangan kerja maupun ruangan yang ada di rumah ada baiknya kita memperhatikan 3 kondisi ini. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Ruangan yang Mendapat Sinar Matahari

aneka jenis tanaman indoor dan outdoor
popeti.com

Jenis bunganya memang termasuk ke dalam golongan tanaman indoor. Meskipun begitu tanaman dalam ruangan juga membutuhkan cahaya matahari. Oleh karena itu pastikan tanaman kita terkena sinar matahari. Hal ini dapat dilakukan dengan meletakkan tanaman di dekat jendela atau membuat bukaan yang cukup untuk ruangan kita.

2. Suhu Udara Ruangan

aneka jenis tanaman indoor
ideaonline.co.id

Memperhatikan kondisi ruangan termasuk faktor penting ketika kita menempatkan tanaman hias di dalam ruangan. Karena jenis tanaman hias yang beraneka macam sehingga kita harus mengetahui tanaman yang cocok untuk ruangan kita.

Idealnya tanaman hias yang kita letakkan di ruangan tumbuh pada suhu udara yang alami. Namun ada juga beberapa jenis tanaman hias yang cocok untuk menghiasi ruangan kita yang ber-AC. Jenis tanaman hias yang cocok untuk suhu udara dingin dan kering yaitu lidah mertua, beringin bonsai dan sirih gading.

3. Tanaman yang Tahan Terhadap Kekeringan

aneka jenis tanaman indoor
satujam.com

Mengenali tananam yang tahan terhadap kekeringan perlu juga untuk kita ketahui. Dengan sebab ini kita dapat memilih tanaman hias mana yang sesuai dengan kebutuhan. Agar kita juga dapat membuat perkiraan seberapa sering kita harus menyiram tanaman yang yang menghiasi ruangan rumah kita.

Jenis-jenis Tanaman Hias Indoor

Tanaman hias sendiri dapat dikelompokkan ke dalam berbagai jenis. Berikut ini kita akan mengulas beberapa jenis tanaman hias yang dapat dijadikan sebagai referensi sebelum kita memilih tanaman hias untuk diletakkan di sudut ruangan kita.

1. Tanaman Hias Gantung

Sesuai dengan namanya, tanaman hias jenis gantung ini merupakan tanaman yang bentuk pohon atau tubuhnya menjalar panjang. Sehingga tanaman ini akan terlihat lebih indah ketika peletakannya digantung. Berikut ini beberapa contohnya:

a. Tanaman Hias Indoor: Bunga Anggrek
aneka jenis tanaman indoor beserta gambarnya
pixabay.com

Anggrek merupakan jenis tanaman epifit yang keberadaannya sudah sering kita jumpai. Banyak dari pecinta tanaman hias yang mengidolakan anggrek sejak lama. Diantara jenis anggrek yang telah familiar yaitu Anggrek Bulan, Anggrek Vanda, dan Anggrek Dendrobium.

Untuk bunga aggrek ini selain sebagai tanaman gantung ada juga yang cocok ditanam atau diletakkan di lantai. Anggrek Dendrobium dan Phalaenopsis adalah anggrek yang dapat hidup di bebatuan. Sedangkan Anggrek Vanda, Anggrek Rananthera dan Anggrek Arachnis merupakan anggrek yang hidup diatas permukaan tanah.

Sehingga keduanya akan sangat indah ketika ditempatkan secara menggantung dan dirawat secara maksimal.

b. Tanaman Hias Indoor: Tanaman Lantana
berbagai jenis tanaman hias indoor
pixabay.com

Bunga Lantana ini sangat mudah perawatannya karena dapat tumbh dan berkembang dengan sedikit air. Bunganya yang warna-warni memiliki daya tarik tersendiri bagi  yang melihatnya. Tak hanya manusia burung dan kupu-kupu juga sering menghinggapi bunga ini. Sangat indah bukan jika kita memiliki tanaman bunga yang sering di hinggapi oleh kupu-kupu.

c. Tanaman Hias Indoor: Bunga Begonia
aneka jenis tanaman hias indoor pembersih ruangan
pixabay

Jenis bunga yang satu ini berasal dari keluarga Begoniaceae.  Diperkirakan tanaman hias ni memiliki spesies lebih dari 1500 jenis. Untuk jenis Begonia sendiri memiliki 2 spesies diantaranya Begonia Biasa atau Begonia Alam dan Begonia Eksotik.

Jenis bunga ini memiliki aneka warna, corak maupun bentuk. Selain itu bunganya yang bervariasi memiliki keindahan yang tidak kalah dengan jenis lainnya.

2 Tanaman Hias Biasa

Tanaman hias biasa disini maksutnya adalah tanaman hias yang hidupnya di pot kemudian letaknya di taruh dibawah  atau dilantai. Tanaman hias biasa ini juga biasa hidup di pekarangan (outdoor) namun masih dapat gunakan sebagai tanaman hias indoor. Macam-macam tanamannya sebagai berikut:

a. Tanaman Hias Bonsai
aneka jenis tanaman indoor
pixabay.com

Tanaman Bonsai merupakan tanaman yang sudah tidak asing bagi kita karena jenis tanaman ini sudah sangat populer dan digemari oleh banyak orang. Hampir setiap penjual tanaman hias memiliki jenis tanaman yang satu ini, sehingga kita tidak kesulitan mendapatkannya ketika ingin menjadikan Bonsai sebagai tanaman hias di rumah.

b. Tanaman Hias Indoor Palem
aneka jenis tanaman indoor pengusir nyamuk
sewatanaman.ijoasri.com

Untuk jenis tanaman hias yang satu ini memang tidak cocok ketika diletakkan diruangan dalam rumah. Karena bentuknya yang cukup besar sehingga kurang efisien. Namun tanaman Palem ini sering kita jumpai di banyak pekarangan rumah.

3 Tanaman

Artikel Terkait:

1 thought on “Aneka Jenis Tanaman Hias Indoor Beserta Penjelasannya

Silahkan berkomentar dengan santun