Pilih Tempat Duduk Kereta Api yang bebas ruang gerak untuk kaki

Ingin Perjalanan Nyaman, Inilah Enam Tips Memilih Kursi Kereta Api!

Kendati duduk di bangku kereta api ekonomi, bukan berarti sah-sah saja jika perjalanan jadi tidak nyaman.

Tempat Duduk Kereta Api – Apalagi, PT KAI terus melakukan pembenahan fasilitasnya. Kini, melakukan perjalanan dengan kereta api –sekalipun itu ekonomi– sudah jauh lebih nyaman dan menyenangkan. Tidak akan ada penumpang berdiri; pedagang liar (termasuk penjual makanan khas); pengamen; hingga sapi/kambing yang menemani perjalanan Kamu.

Seluruh rangkaian kereta api jarak jauh, kini juga sudah dilengkapi dengan AC dan colokan listrik. Belum lagi, soal jam keberangkatan maupun kedatangan yang teratur dan tepat waktu. Tidak kalah deh dengan Travel Jogja Semarang.

Adapun selain itu semua, pemilihan kursi (tempat duduk) di kereta api menjadi faktor yang cukup penting; dalam perjalanan. Tidak menutup kemungkinan, ada spot kursi incaran yang cenderung cepat habis/penuh daripada yang lainnya. Biasanya, hal itu dikarenakan posisinya yang strategis; atau justru paling nyaman.

Kenyamanan sendiri merupakan hal yang paling dicari semua orang. Nah, bagi Kamu yang ingin nyaman saat duduk di bangku kereta api; berikut adalah enam tipsnya.

Kenali Karakter Sendiri Agar Tempat Dudukmu Sesuai

Pilih Tempat Duduk Kereta Api yang nyaman dan sesuai
Gambar via: Railway Station – Pixabay.com

Ada beragam tipe penumpang kereta api. Karenanya, untuk menentukan kursi mana yang paling sesuai, ada baiknya mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini.

a. Doyan jalan-jalan. Kursi paling strategis bagi Kamu adalah di deretan dekat bordes (I1ABCD, 2ABCD, 12ABCD, dan 13ABCD). Bordes sendiri, merupakan ruangan yang ada di ujung gerbong sebagai tempat untuk naik-turun penumpang; serta sebagai akses penghubung antar gerbong.

Nah, kendati “dekat” ke mana-mana; lokasi ini juga rentan bising, “bau” toilet, dan sering kali rokok, lantaran posisinya yang terlalu dekat dengan bordes. Di sisi lain, guncangan juga akan lebih terasa karena Kamu berada di atas boogie (rangkaian roda kereta). Belum lagi, jika ada beberapa orang maupun kru KA yang lupa menutup pintu..

Lagi Tren  Contoh Susunan Acara Ulang Tahun Kreatif dan Berkesan Untuk Anak-anak

b. Doyan tidur. Untuk hal yang satu ini, Kamu bisa memilih kursi di tengah-tengah gerbong dan persis di samping jendela.

c. Butuh ke toilet. Pilihlah kursi yang berada di pinggir (B dan C) untuk memudahkan Kamu mondar-mandir ke toilet tanpa perlu mengganggu orang di sebelah.

Pilih Tempat Duduk Kereta Api yang Kecil Getaran

Pilih Tempat Duduk Kereta Api yang Kecil Getaran
Gambar via: Old Train – Pixabay.com

Tidak dapat ditampik, besar-kecilnya getaran tentu memengaruhi kenyamanan perjalanan Kamu apalagi ketika menjadikan kereta api sebagai angkutan mudik yang bisa dibeli di Traveloka.

Dengan alasan ini, ada baiknya Kamu memilih kursi di bagian gerbong–sebab pada umumnya, di sana lebih stabil, ketimbang di ujung. Adapun semakin dekat jarak kursi ke bordes, maka akan semakin besar getaran (atau bahkan hentakan) yang akan Kamu rasakan.

Hindari Tempat Duduk Kereta Api dari Suara Bising

tempat duduk kereta api jauh dari suara bising
Gambar via: Stream Train – Pixabay.com

Kamu disarankan untuk memilih gerbong tengah, atau gerbong yang jauh dari gerbong makan (Reska) atau lokomotif. Adapun baik Reska maupun lokomotif, pada umumnya memiliki suara yang bisa mengganggu kenyamanan Kamu.

Oh ya, posisi lokomotif ada di ujung kereta api, sementara gerbong makan ada di tengah rangkaian kereta api. Kamu bisa memilih kursi di gerbong yang “berjarak” dari keduanya; seperti halnya gerbong tiga atau justru gerbong tujuh.

Pilih Tempat Duduk Kereta Api Dekat Jendela atau Koridor?

Pilih Tempat Duduk Kereta Api dekat jendela atau koridor
Gambar via: Window of Train – Pixabay.com

Apa pun yang Kamu pilih, ada baiknya sesuaikan dengan kebutuhan. Kursi di dekat jendela menawarkan “dinding” dan colokan listrik–yang berarti Kamu bisa dengan mudah bersandar ketika tidur, dan mengisi daya baterai ponsel.

Selain itu, Kamu juga dapat lebih menikmati dan terhibur saat perjalanan–karena di kursi itu, Kamu bisa melihat beragam panorama, mulai dari pegunungan, pantai pasir putih, atau area persawahan.

Sementara itu, kursi yang dekat dengan koridor menawarkan “akses” yang lebih mudah untuk ke toilet atau sekadar berjalan-jalan di dalam gerbong tanpa mengganggu (menyenggol) orang lain. Kamu juga bebas selonjoran; melipat; maupun meluruskan kaki ke samping atau lurus.

Sayangnya, pada kursi ini, Kamu tidak bisa bersandar pada dinding dan punya jarak dengan “colokan”. Di sisi lain, posisi Kamu juga berisiko tersenggol oleh orang sebelah yang ingin ke luar; atau justru orang lain yang berlalu lalang di koridor.

Lagi Tren  (Dijamin Ngiler) Makanan Khas Blora Jawa Tengah ini Paling Diburu para Traveller

Pada kereta ekonomi, terdapat rangkaian tiga kursi. Adapun kursi dengan kode B (berada di tengah A dan C), menjadi kursi yang paling dihindari lantaran diapit oleh dua orang berbeda. Hal ini sendiri, tentu bukan menjadi masalah besar–apabila Kamu pergi berkelompok atau rombongan dengan jumlah orang enam orang.

Dengan begitu, Kamu bisa memilih kursi yang berkode A, B, dan C yang saling berhadapan. Untuk pemesanan tiket yang lebih mudah, Kamu dapat melihat denah dan memilih kursi dengan mengunjungi situs Traveloka.

Di Mana Arah Datang Sinar Matahari?

Pilih Tempat Duduk Kereta Api yang tidak kena sinar matahari
Gambar via: Sunshine – Pixabay.com

Tidak dapat ditampik, sinar Matahari –terutama pada perjalanan siang dan sore– bisa memengaruhi suhu dalam ruangan. Dalam hal ini, jendela merupakan penerima sinar Matahari yang paling tinggi; terutama jika dibandingkan dengan bahan lain.

Itu artinya, mereka yang duduk pada posisi dekat jendela, akan merasakan efek radiasi panas dan silau yang lebih tinggi, ketimbang yang tidak.

Biasanya, pada kereta bisnis dan eksekutif, risiko ini sudah diantisipasi dengan keberadaan gorden. Sementara itu, pada kereta ekonomi, lokasi kursi paling aman dari sinar Matahari adalah tempat duduk berkode C. Adapun seluruh cara ini tidak berlaku, jika Kamu melakukan perjalanan di malam hari.

Cari Tempat Duduk Kereta Api yang Ada Ruang Gerak Kaki

Pilih Tempat Duduk Kereta Api yang bebas ruang gerak untuk kaki
Gambar via: Seat – Pixabay.com

Masalah ruang gerak kaki umum ditemukan pada gerbong kereta ekonomi. Biasanya, lutut Kamu kerap beradu dengan lutut penumpang lain yang berhadapan. Satu solusi mudahnya, bisa dengan mencari kursi yang tidak punya “lawan” hadap.

Mengingat setiap orang cenderung membutuhkan “ruang gerak” yang luas; hindari memilih kereta dengan pola 3-3 (tiga kursi); lalu ganti dengan pola 2-3. Memang, sih, harganya bisa jadi lebih sedikit mahal. Namun, bagi Kamu yang lebih memprioritaskan kenyamanan, hal itu setimpal, kok.

Itulah enam tips memilih kursi kereta api. Selamat bersenang-senang!

Artikel Terkait:

Silahkan berkomentar dengan santun