Tips Membeli Helm Motor Secara Online!

Helm menjadi salah satu atribut paling penting yang diperlukan ketika ingin mengendarai sepeda motor. Selain memiliki fungsi untuk keamanan dan keselamatan dalam berkendara, saat ini helm motor juga menjadi bagian penting dari fashion untuk para bikers atau pengendara motor.

Gimana enggak, bahkan mulai dari warna, bentuk, gambar dan merk pun sekarang helm sudah memiliki kualitas dan keunikannya sendiri.

Walaupun kamu banyak menemukan penjual helm di berbagai toko online, akan tetapi kamu tidak boleh membelinya dengan sembarangan atau hanya ingin kepraktisannya saja.

Alih-alih ingin mendapatkan helm yang nyaman dan berkualitas bagus, namun akhirnya  kamu malah mendapatkan helm motor yang tidak sesuai keinginan dan kebutuhan.

Memang sih membeli helm secara online saat ini menjadi pilihan banyak orang, karena selain memiliki model yang keren terkadang helm yang dibeli secara  online juga memiliki harga yang lebih murah.

Nah, buat kamu yang memang ingin membeli helm motor secara online, kamu nggak usah khawatir lagi. Sebab, kali ini kami akan memberikan beberapa tips membeli helm motor secara online agar lebih aman dan praktis.

Apa sajakah itu? Simak yuk, artikelnya berikut ini. Keep on reading, guys!

1. Kunjungi Website atau Aplikasi E-Commerce Ternama

Tips Membeli Helm Online memilih E-commerce Ternama
Sumber : liputan6[dot]com
Oke, hal pertama yang harus kamu lakukan jika ingin membeli helm motor secara online adalah dengan mengunjungi sebuah website atau aplikasi e-commerce ternama yang sudah trusted dan memiliki garansi.

Jangan sampai ketika kamu membeli secara online hanya karena warna dan modelnya saja, helm yang kamu beli malah tidak sesuai dengan harapan.

Untuk itu, kamu bisa memilih toko online atau e-commerce yang telah terjamin dan memiliki pelayanan yang bagus serta mendapatkan review memuaskan dari para pelanggannya.

2. Cermati Detail Produk dengan Teliti

Tips Membeli Helm Online Cermati Detail Produk
Sumber: Male[dot]com
Seperti yang sudah dibahas sebelumnya jika helm memiliki peranan penting untuk melindungi kepala ketika berkendara. Itu sebabnya kamu juga harus lebih memperhatikan detail produk dengan teliti sebelum membelinya, ya!

Pastikan helm yang ingin kamu beli melalui online mempunyai hard shell sehingga mampu melindungi kepalamu dari bahaya benturan jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Kemudian carilah helm yang terbuat dari material berkualitas bagus, karena dengan material yang kuat akan membuat helm motor jadi lebih awet dan tahan lama.

Sebagai informasi tambahan, helm-helm motor yang diproduksi langsung dari dealer sepeda motor telah memiliki kualitas yang memang sudah tidak diragukan lagi, guys!

3. Perhatikan Sertifikasi Helm yang Ingin Kamu Beli

Tips Membeli Helm Online Perhatikan Sertifikasi Helm
Sumber: Shopee.co.id

Step ketiga yang harus kamu lakukan adalah dengan memastikan apakah helm yang ingin kamu beli memiliki sertifikasi standar dan keamanan yang baik atau tidak.

Jangan sampai karena tertarik dengan tampilan luar helm yang bagus, kamu malah sembarangan mengabaikan kualitasnya. Akhirnya, kamu tidak bisa mendapatkan helm motor yang mempunyai perlindungan maksimal untuk kepalamu.

Oleh karena itu, carilah helm yang memiliki kode SNI (Standar Nasional Indonesia) DOT, dan SNELL. Lalu kamu juga harus mencari helm yang memiliki logo standar tersebut dengan cetakan timbul.

4. Pilihlah Helm Motor Sesuai dengan Ukuran Kepalamu

Tips Membeli Helm Online Pilih Helm yang sesuai ukuran kepala
Sumber: Elshinta[dot]com
Agar kamu tidak salah beli dan menyesal membeli helm secara online, sebaiknya pilihlah helm yang sesuai dengan ukuran kepalamu. Ukuran helm motor akan sangat memberikan pengaruh pada kenyamanan saat berkendara.

Karena helm yang baik merupakan helm yang tidak terlalu longgar atau terlalu sempit ketika dipakai. Ukuran helm yang tidak sesuai akan terasa tidak nyaman ketika dipakai.

Selain itu juga dapat mengganggu konsentrasimu dalam berkendara sehingga bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Itu sebabnya, penting sekali jika kamu harus memastikan apakah helm yang akan kamu beli secara online memiliki ukuran yang cocok atau tidak dengan kepalamu.

Sebagai informasi tambahan, helm juga memiliki ukuran seperti baju dan celana yang kita pakai yaitu, S, M, L dan XL.

5. Sebaiknya Gunakan Helm Full Face Agar Lebih Aman

Tips Membeli Helm Online Sebaiknya Memilih Helm Full Face
Sumber : Shopee Indonesia

Umumnya terdapat 2 jenis helm motor yang biasa kita gunakan yaitu, helm full face dan helm half face. Jika helm half face hanya memiliki fungsi untuk melindungi kepala bagian atas dan belakang saja.

Sebaliknya helm full face justru mampu melindungi seluruh bagian kepala sampai wajah secara ekstra sehingga akan membuatmu lebih aman dari berbagai benturan.

Helm full face juga sangat dianjurkan untuk kamu gunakan ketika mengendarai sepeda motor.

Akan tetapi, banyak para pengendara yang lebih memilih helm half face dibanding full face karena helm full face dianggap lebih berat dan membebani kepala.

Untuk itu, sebaiknya pilihlah helm full yang memiliki beban ringan sehingga tidak menyebabkan keluhan fisik seperti leher yang terasa cepat pegal.

6. Kalau Mungkin, Pilihlah Helm yang Memiliki Fitur Anti Maling

Tips Membeli Helm Online Usahakan Memilih Helm Anti Maling
Sumber: Twitter[dot]com
Untuk berjaga-jaga atau menghindari hal yang tidak kita inginkan fitur ini sangatlah perlu. Terlebih helm kita memiliki desain bagus dan mahal. Hal ini yang menjadi nilai plus bagi tangan-tangan jahil.

Biasanya fitur ini ditulis oleh penjual produk pada detail produk. Kalau tidak menemukannya, kamu bisa mengirim pesan pribadi pada penjual untuk menanyakannya.

Itulah berbagai tips membeli helm motor secara online yang harus kamu perhatikan agar kamu lebih cermat dan teliti sehingga kamu tidak merasa tertipu saat helm sudah sampai di rumah.

 

Silahkan berkomentar dengan santun

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.